Suzuki Jimny MK3 Dirombak Jadi Pikap 4x4, Dijual Untuk Petani di Inggris

Ilham · 20 Nov, 2021 15:00

Suzuki Jimny MK3 Dirombak Jadi Pikap 4x4, Dijual Untuk Petani di Inggris 01

Yomper 4x4 masih mempertahankan tampang Jimny MK3

Di Indonesia Suzuki Jimny MK3 yang beredar secara global pada 1998 hingga 2018 masuk dalam jumlah terbatas. Tepatnya pada tahun 2017, ada 88 unit Suzuki Jimny yang langsung ludes terjual di Indonesia. Tapi cerita berbeda hadir dari Inggris pekan ini.  

Melalui perusahaan start up, Yomper 4x4 yang merupakan anak perusahaan Samson Engineering asal Yorkshire, Suzuki Jimny MK3 yang sejatinya sebuah mobil SUV dirombak menjadi pikap pekerja. Sehingga selain tampangnya nyentrik, tapi juga fungsional dengan bak di bagian buritannya.
 
Dilansir Carscoops, mobil tersebut bukan hanya sebatas modifikasi semata. Lebih jauh, Yomper 4x4 juga menjualnya secara umum.

Baca Juga: Bukan Buat Offroad, Suzuki Jimny 2021 Ini Malah Diubah Jadi Warung Kopi Keliling

Terinspirasi Subaru MV Brat Pick Up

Banyak yang menyebut jika Yomper 4x4 melakukan rombakan Suzuki Jimny MK3 dari SUV menjadi pikap karena inspirasi dari model-model sebelumnya. Seperti Jimny Caribian atau Holden Drover Cab Chasis. Atau justru dari model konsep Jimny Sierra Pickup Style yang dibangun tahun 2019 silam.

Suzuki Jimny MK3 Dirombak Jadi Pikap 4x4, Dijual Untuk Petani di Inggris 01

Ada dua versi

Meski demikian, Giles Walker, CEO Yomper 4×4 menyanggah hal tersebut. Dirinya menyatakan jika inspirasinya justru datang dari Subaru MV Brat Pick Up yang hadir di era 80-an. Saat ini, Yomper 4x4 menawarkan dua varian pada pikap ini.

Keduanya adalah tipe Bergan dan Commercial, yang dibedakan dari bentuk bak dan panjang wheelbasenya. Pada tipe Bergan menampilkan versi pikap dari Jimny tanpa mengubah garis bodi dan masih terintegrasi dengan kabin. Sehingga versi ini terlihat lebih rapih dan seolah hanya membuang bagian atap dan jok belakangnya saja. Di model Bergan, panjang wheelbase bertambah 225 cm.

Beralih ke tipe Commercial. Seperti namanya, versi ini menampilkan bak belakang model flat deck yang terpisah dari bagian kabin yang cocok untuk kebutuhan niaga. Versi Commercial punya tambahan panjang sumbu roda hingga 275 cm. Dengan perubahan pada sektor rangkanya, mobil ini diklaim sanggup mengangkut barang hingga 500 kg.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Jimny

Alasan Pembuatan Pikap Berbasis Jimny MK3

Yomper 4x4 punya alasan tersendiri untuk membangun serta menjual pikap berbasis Suzuki Jimny MK3. Giles Walker menambahkan jika dirinya melihat peluang di segmen small utility dari pengamatannya di lapangan.

Suzuki Jimny MK3 Dirombak Jadi Pikap 4x4, Dijual Untuk Petani di Inggris 02

Versi Commercial punya bak flat deck

"Saya sering mendengar dari para petani mengenai sedikitnya mobil di segmen small utility. Saya memutuskan jika ini akan jadi peluang bagus untuk membuatnya," papar Giles.

Gunakan Versi Mesin 1.3 Liter

Dalam membangun mobil ini, Yomper 4x4 memilih versi 1.3 liter dengan 16 katup bensin dan transmisi manual 5-percepatan. Sadar mobil yang digunakan bukanlah produk anyar dari pabrik, Yomper 4x4 melakukan overhaul dan membangun ulang mesin tersebut agar mampu dijadikan 'kuda pekerja' bagi penggunanya.

Suzuki Jimny MK3 Dirombak Jadi Pikap 4x4, Dijual Untuk Petani di Inggris 03

Punya wheelbase lebih panjang dari Jimny MK3 standar

"Kami selalu bekerja dengan lingkungan yang menerapkan prinsip teknik canggih untuk memenuhi tuntutan pekerjaan yang spesifik," urainya.

Konversi Bodi Sesuai Komponen Standar Suzuki Jimny

Hadir sebagai kendaraan yang sudah dilakukan modifikasi, Yomper 4x4 menyatakan jika konversi bodi dari SUV ke pikap yang dilakukannya tidak sampai mengganggu kinerja komponen bawaan Jimny. Sehingga mulai dari bodi bagian depan hingga ke mesin dan sistem penggerak AWD bawaannya tidak dirombak.

Baca Juga: Suzuki Jimny Jadi Lebih Imut, Masih Rela Kotor-Kotoran Diajak Off Road?

Harga Jual Jimny MK3 Pikap

Urusan harga, Yomper 4x4 membanderol kendaraan tersebut sekitar 20.000 Pounds atau setara Rp 383 juta di Inggris. Paket penjualan sudah termasuk garansi 12 bulan yang diberikan pada konsumen mobil unik ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Jimny MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru