Suzuki Jimny vs Toyota Fortuner VRZ Saling Seruduk, Bodi Depan Hancur Akibat Crumple Zone

Ilham · 5 Jan, 2022 10:09

Suzuki Jimny vs Toyota Fortuner VRZ Saling Seruduk, Bodi Depan Hancur Akibat Crumple Zone 01

Tabrakan Suzuki Jimny vs Toyota Fortuner
  • Terjadi tabrakan antara Suzuki Jimny vs Toyota Fortuner di Tangerang
  • Kondisi kedua mobil terlihat rusak parah di bagian depan
  • Crumple Zone kedua mobil punya peran besar menyelamatkan penumpang

Kecelakaan yang melibatkan mobil mewah atau langka di Indonesia kerap berujung viral. Satu diantaranyanya kecelakaan yang melibatkan tiga mobil pada Selasa (4/1/2022) pagi di Tangerang, Banten.

Dari video dr.Marshell T.H., Sp.KKLP yang disebar via akun Instagram, @Offroad_Viral disebutkan jika insiden tersebut melibatkan mobil Suzuki Jimny, Toyota Fortuner VRZ dan sebuah taksi.

Meski belum ada kronologi pastinya, tapi lokasi kejadian bisa disebut cukup berbahaya. Karena dikabarkan lokasi kejadian merupakan tikungan menuju Tol Tangerang yang terbilang lebar dan beraspal mulus.

Namun terdapat putaran balik di bagian depannya. Sehingga insiden mungkin terjadi jika pengemudi tidak fokus saat berkendara.

Baca Juga: Viral Pengendara Motor Mabuk Tabrak Ferrari, Duh! Ongkos Reparasinya Setara Daihatsu Ayla Baru

Kondisi Suzuki Jimny dan Toyota Fortuner Memprihatinkan

Suzuki Jimny vs Toyota Fortuner VRZ Saling Seruduk, Bodi Depan Hancur Akibat Crumple Zone 01

Kondisi pilar A dan B Toyota Fortuner ringsek

Kembali ke insiden ini, kondisi hancur dan cukup parah terjadi pada Toyota Fortuner VRZ yang mengalami kerusakan frontal pada bagian bumper depan, kap mesin hingga pilar-pilar termasuk pintu penumpang belakang pun ringsek akibat hantaman.

Sedangkan bagian belakangnya relatif cukup utuh. Bisa dilihat dari bagian bumper, lampu dan kacanya yang tidak terlihat rusak seperti bagian depannya.

Di bagian kanan Toyota Fortuner terdapat taksi yang kemungkinan berjenis sedan. Namun tidak diketahui kondisi kendaraan tersebut.

Satu lagi yang membuat miris adalah kondisi Suzuki Jimny yang hancur total pada bagian depannya. Bumper, kap mesin bahkan termasuk fender dan ruang roda hancur total.

Kaca depan pun remuk akibat hantaman kap mesin yang terlipat ke bagian dalam. Bisa dibilang bagian ini kondisinya lebih miris dari Toyota Fortuner. Meski demikian, kondisi kabin penumpang Suzuki Jimny terlihat jauh lebih baik. Karena tak ada pilar mobil yang patah seperti di Toyota Fortuner.

Selain itu, kaca-kaca mobil di sisi kanan pun tampak utuh. Walau pun sisi pintu pengemudi di bagian kanan mobil sudah terlihat 'mangap' karena efek insiden tersebut.

Hancur Karena Crumple Zone

Suzuki Jimny vs Toyota Fortuner VRZ Saling Seruduk, Bodi Depan Hancur Akibat Crumple Zone 02

Crumple Zone akan remuk untuk melindungi bagian kabin

Bukan tanpa sebab kecelakaan kedua SUV tersebut berujung kondisi mengenaskan. Pasalnya mobil-mobil baru seperti Suzuki Jimny dan Toyota Fortuner VRZ sudah dibekali dengan fitur keselamatan berjuluk Crumple Zone. Hal ini membuat bagian depan mobil terlihat ringkih.

Bukan karena kualitasnya ala kaleng kerupuk seperti yang dituduhkan. Tapi fitur Crumple Zone memang akan menyerap energi kinetik dari benturan yang terjadi khususnya di bagian depan. Efeknya membuat kabin penumpang lebih aman karena kekuatan hantaman sudah terjadi di bagian depan.

Baca Juga: Spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 Bocor Jelang Peluncuran, Hanya Bermodalkan Mesin Besar Tapi Fiturnya Pelit

Nilai Keamanan Suzuki Jimny Dan Toyota Fortuner

Suzuki Jimny vs Toyota Fortuner VRZ Saling Seruduk, Bodi Depan Hancur Akibat Crumple Zone 03

Crash test Toyota Fortuner

Meski berbeda segmen, namun kejadian ini mau tak mau membuat fitur keselamatan dan keamanan Suzuki Jimny juga Toyota Fortuner turut dikomparasi. Apalagi secara harga, kedua mobil tersebut tak berbeda jauh.

Di mana Suzuki Jimny dibanderol antara Rp 395,5-411 juta. Namun indennya terbilang lama. Sedangkan Toyota Fortuner VRZ pada versi barunya dijual Rp 570 juta.

Dalam laporan crash test lembaga keselamatan berkendara Australia (ANCAP) disebutkan jika Toyota Fortuner sukses mencatatkan tingkat keselamatan bintang lima, atau paling baik. Angka tersebut didapat dari hasil proteksi sebanyak 95 persen bagi orang dewasa. Serta 84 persen bagi penumpang anak-anak.

Suzuki Jimny vs Toyota Fortuner VRZ Saling Seruduk, Bodi Depan Hancur Akibat Crumple Zone 04

Crash test Suzuki Jimny

Hal yang sedikit berbeda diberikan oleh Suzuki Jimny. Hasil crash test dari lembaga Euro NCAP menunjukan jika SUV mungil tersebut hanya sanggup mengantongi tiga bintang saja. Kondisi itu didapat dari hasil perlindungan yang buruk pada bagian penumpang.

Apalagi Suzuki Jimny versi Indonesia ini hanya dibekali dua buah airbag. Jumlah ini jauh lebih sedikit dari milik Toyota Fortuner yang mencapai enam titik.

Baca juga : Perbandingan Spesifikasi: Toyota Fortuner 2.8 Cuma Menang Tenaga, Mitsubishi Pajero Sport Fiturnya Lebih Jumawa

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru