window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki Karimun Wagon R Berubah Jadi Mobil Listrik, Rilis Tahun Depan

Prasetyo · 23 Jun, 2021 12:06

Suzuki Karimun Wagon R

Sebagai pabrikan yang laris manis di India, Maruti Suzuki terus agresif melakukan pengembangan produk-produk baru. Kali ini yang tengah dipersiapkan adalah Suzuki Karimun Wagon R generasi berikutnya.

Kabar jika mobil kecil bernama lain Maruti Suzuki Wagon R itu sudah ada generasi terbarunya memang bukan info anyar. Namun yang belum ini berkembang adalah mengenai rencana Maruti Suzuki menjadikan Wagon R sebagai EV (Electric Vehicle) alias mobil listrik.

Suzuki Karimun Wagon R 2021

Wagon R jadi salah satu model Maruti yang sukses di India

Kabar ini mencuat setelah sejumlah foto yang beredar di dunia maya memperlihatkan sosok Suzuki Wagon R EV yang tengah melakukan uji coba di jalanan. Sejumlah pihak yakin jika ini adalah bagian dari proses pengembangan Maruti Suzuki untuk mobil kecil tersebut yang sudah sampai tahap final.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Suzuki Karimun Wagon R 2021 akan Mendapatkan Sentuhan ala Crossover

Suzuki Wagon R EV Punya Tampilan Berbeda dibanding Karimun Wagon R Bensin

Niat Maruti Suzuki untuk mengembangkan Wagon R EV memang sudah tercium sejak lama. Menggunakan basis Suzuki Karimun Wagon R bersistem ICE (Internal Conbustion Engine), city car elektrik itu mengalami sedikit revisi desain dan teknologi.

Suzuki Karimun Wagon R EV

Penampakan Wagon R EV di jalan raya

Antara lain di bagian depan menggunakan lampu utama yang berbeda dibanding Wagon R. Kemudian front grille yang terpasang juga lain, dengan model yang lebih ramping dan menghubungkan antar kedua headlamp.

Bemper depan juga dibentuk baru dengan tambahan air intake. Di bagian ini juga ada dua lampu dimana untuk lampu bagian bawah berfungsi sebagai foglight. Bemper belakang juga terlihat berbeda dibanding kepunyaan Wagon R bermesin bensin.

Baca juga : Suzuki Luncurkan ‘SUPER car’ Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition

Suzuki Karimun Wagon R EV

Uji jalan final sebelum resmi diluncurkan

Diluncurkan Tahun Depan

Di bagian interior, memang belum ada foto-foto yang menunjukkan kabin Suzuki karimun wagon R versi listrik ini. Namun dikutip dari Gaadiwaadi, Rabu (23/06/2021), bentuk dasbor dan jok diyakini sama dengan versi mesin bensin.

Hanya saja model tombol AC sudah pakai digital. Kemudian instrument cluster juga sudah full digital, serta tuas transmisi juga akan sedikit berbeda dibanding varian ICE.

Suzuki Karimun Wagon R

Belum ada informasi terkait mesinnya

Sayang sekali, informasi mengenai motor listrik atau baterai yang dipakai pada Suzuki Wagon R EV ini masih dirahasiakan. Namun banyak yang memprediksi jika baterainya sanggup dipakai melaju sejauh 150-200 km sebelum diisi ulang lagi. Dan untuk pengisian daya listriknya juga sudah support sistem fast charging.

Suzuki Karimun Wagon R berwujud mobil listrik ini pun akan melantai di showroom Maruti tahun depan. Tentunya diharapkan harga yang dipatok Suzuki bisa terjangkau agar mobil ini sama larisnya dengan Wagon R ICE.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Suzuki Karimun Wagon R,Pesaing kuat LCGC

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2020 Suzuki Karimun Wagon R MPV 7-Seater

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil