Suzuki Karimun Wagon R Sudah Waktunya Bersolek Biar Bisa Lawan Mobil LCGC Lain

Prasetyo · 14 Jul, 2021 15:37

Suzuki Karimun Wagon R 2021

Segmen LCGC (Low Cost Green Car) alias mobil murah ramah lingkungan memang cukup gemuk di Indonesia. Sejak kebijakan terkait mobil LCGC ini diketuk oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia (RI) pada 2013, model-model yang masuk kategori LCGC pun dibanjiri peminat.

Adapun yang masuk kategori mobil LCGC di Indonesia antara lain Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Brio Satya, Suzuki Karimun Wagon R, Datsun GO, Datsun GO+ Panca, Daihatsu Sigra, dan Toyota Calya. Namun kini Datsun tak ada lagi dalam daftar penjualan wholesales yang dirilis GAIKINDO.

Honda Brio Satya Mobil LCGC

Brio Satya jadi mobil LCGC terlaris saat ini

Selain itu, ada lagi hal menarik lainnya dari segmen mobil LCGC ini. Ternyata catatan penjualan dari Suzuki Karimun Wagon R jauh di bawah rival-rivalnya. Ada apa?

Baca juga : Mobil Terlaris di Indonesia Juni 2021 : Brio Kembali Rebut Mahkota, Xpander Terlempar dari 10 Besar

Penjualan Suzuki Karimun Wagon R di Semester 1 2021 Sangat Rendah

Data GAIKINDO Penjualan Mobil LCGC Januari-Juni 2021
Honda Brio Satya 18.723 unit
Daihatsu Sigra 17.455 unit
Toyota Calya 17.359 unit
Daihatsu Ayla 10.001 unit
Toyota Agya 9.041 unit
Suzuki Karimun Wagon R 1.030 unit

Dari data GAIKINDO yang didapat oleh tim Autofun Indonesia, terlihat jika penjualan Suzuki Karimun Wagon R periode Januari - Juni 2021 hanya 1.030 unit. Sementara total penjualan segmen mobil LCGC di periode tersebut 73.609 unit. Itu artinya Karimun Wagon R hanya mengisi sekitar 1% dari keseluruhan penjualan LCGC semester pertama tahun ini.

Suzuki Karimun Wagon R 2021 -1

Penjualannya cenderung stagnan

Bahkan yang lebih menyedihkan, total wholesales Karimun Wagon R yang dilakukan Suzuki di bulan Juni 2021, cuma tercatat 185 unit. Demikian pula di bulan sebelumnya cuma mampu tercatatkan 188 unit. Sementara penjualan Honda Brio Satya, Daihatsu Agya, dan Toyota Ayla sanggup di atas 1.000 unit untuk periode Juni lalu.

Baca juga : Suzuki Karimun Wagon R Berubah Jadi Mobil Listrik, Rilis Tahun Depan

Suzuki Karimun Wagon R Butuh Dirombak

Apa yang terjadi pada Suzuki Karimun Wagon R ini, kami prediksi lantaran ia belum mengalami pembaruan dalam waktu cukup lama. Jika sedikit kilas balik ke belakang, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pertama kali memperkenalkan mobil ini di tahun 2013. Tepatnya saat gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta.

Suzuki Karimun Wagon R 2021 -4

Sejak 2013 tak banyak berubah

Tentunya Karimun Wagon R dihadirkan untuk masuk dalam program mobil LCGC dari pemerintah RI. Nama resmi mobil ini sebenarnya adalah Suzuki Indomobil Karimun Wagon R. Dimana emblem bagian depan berbentuk burung Garuda bukan logo "S" layaknya mobil Suzuki lain.

Awal muncul, mobil ini hanya menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Namun di tahun 2015 SIS memperkenalkan versi transmisi AMT yang disebut Auto Gear Shift (AGS). Dan selama beredar di Indonesia, Suzuki baru sekali melakukan peremajaan pada Karimun Wagon R yakni di tahun 2017.

Suzuki Karimun Wagon R 2021 -5

Wagon R 2022 di India

Artinya usia Suzuki Karimun Wagon R di Indonesia kini sudah 8 tahun. Jadi sudah waktunya bagi SIS untuk menghadirkan generasi Karimun Wagon R berikutnya. Ini agar Suzuki bisa bersaing di segmen mobil LCGC.

Baca juga : Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R, LCGC Rasa Kei Car

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2020 Suzuki Karimun Wagon R MPV 7-Seater

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru