window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki Pede Ertiga Tetap Mempertahankan Karakter MPV, Tak Seperti Toyota Avanza 2022 dan New Mitsubishi Xpander

Adit · 16 Nov, 2021 15:00

Suzuki Pede Ertiga Tetap Mempertahankan Karakter MPV, Tak Seperti Toyota Avanza 2022 dan New Mitsubishi Xpander 01

Di saat Toyota Avanza 2022, Toyota Veloz 2022 dan New Mitsubishi Xpander terbaru tampil lebih SUV dengan ground clearance tinggi, Suzuki Ertiga justru tetap pada marwahnya sebagai Low MPV andalan keluarga Indonesia. Selama 3 tahun terakhir, generasi kedua Ertiga tetap bertahan dengan desainnya yang sekarang. 

Biar makin menguatkan eksistensinya pada pameran GIIAS 2021, pabrikan S besar meluncurkan Suzuki Ertiga dengan sentuhan baru. Penampilannya dibuat lebih sporty lagi supaya kompetitif, dengan sebutan Ertiga Suzuki Sport FF.

Suzuki Pede Ertiga Tetap Mempertahankan Karakter MPV, Tak Seperti Toyota Avanza 2022 dan New Mitsubishi Xpander 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca Juga: Cuma Disediakan 125 Unit, Apa Beda Suzuki Ertiga Limited Edition 2021 dan Ertiga Sport?

Untuk model yang pakai transmisi manual harga Suzuki Ertiga Sport FF Rp 258,350 juta dan versi otomatis 4AT-nya Rp 268,150 juta. Lebih mahal sekitar Rp13 jutaan dibandingkan tipe reguler. 

Head of Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Julius Purwantoro menjelaskan, ide pengambangannya sebagai acuan modifikasi dan membuatnya eksklusif, karena tersedia hanya warna putih dan dilabur warna hitam pada bagian atapnya. 

"Bahwa kita bicara eksklusivitas, selama ini untuk Ertiga tidak ada two tone color, kan ada di Suzuki XL7. Nah khusus GIIAS ini kami kasih warna spesial di line up Ertiga. Hanya diproduksi terbatas 125 unit," terangnya dalam konferensi pers, Jumat (12/11).   

Suzuki Pede Ertiga Tetap Mempertahankan Karakter MPV, Tak Seperti Toyota Avanza 2022 dan New Mitsubishi Xpander 01

Dasarnya menggunakan varian Suzuki Ertiga Sport yang telah lengkap dipasangkan body kit. Biar beda, selain warna dual tone, ada juga beberapa polesan lain pada eksteriornya untuk menandakan tipe spesial yang meliputi:

  1. Cover spion hitam dan decal merah
  2. Grille hitam
  3. Diffuser depan dengan aksen merah
  4. Spoiler depan hitam
  5. Side skirt decal hitam
  6. Spoiler belakang hitam
  7. Decal hitam pada bumper belakang
  8. Diffuser hitam dengan decal merah
  9. Side under spoiler hitam
  10. Garnish pintu bagasi
  11. Emblem Limited

Kemudian dari dalam, kalau Suzuki Ertiga Sport biasa pakai jok fabric biasa, maka pada tipe speial nan terbatas ini sudah dilapisi kulit sintetis berjahitan merah. Selebihnya untuk dashboard dan segala fiturnya masih sama semua. 

Suzuki Pede Ertiga Tetap Mempertahankan Karakter MPV, Tak Seperti Toyota Avanza 2022 dan New Mitsubishi Xpander 02

Tapi yang bikin istimewa ada penyematan fitur baru, berupa E-Mirror yang sebelumnya telah tersematkan di Suzuki XL7. Fungsinya selain dapat menampilkan visibilitas belakang lebih luas, juga mampu berguna sebagai dashcam.

Baca Juga: Ini Alasan Suzuki Hadirkan All New Ertiga Suzuki Sport FF Jadi Edisi Terbatas, Siap Ganggu Avanza Baru

Suzuki Pede Ertiga Tetap Mempertahankan Karakter MPV, Tak Seperti Toyota Avanza 2022 dan New Mitsubishi Xpander 03

Rahasia Suzuki Ertiga Tetap Bertahan Sporty Ketimbang Crossover Seperti Veloz

Lalu mengapa Suzuki tetap mempertahankan penampilan sporty pada Ertiga? Padahal kompetitor lainnya sudah bergerak ke arah SUV, dan membawa tema baru yang disebut Low MPV yang di-crossover-kan. Ini juga sebagai upaya menangkap tren dunia yang sekarang lebih menyukai SUV. 

Menanggapi ini Direktur Pemasaran 4W PT SIS Donny Saputra mengatakan, mobil dengan format tersebut dapat diakomodasi oleh Suzuki XL7. Sementara Ertiga tetap dipertahankan berkarakter sporty, karena menurut risetnya banyak penggunanya menginginkan wujud Ertiga yang lebih menarik perhatian. 

Suzuki Pede Ertiga Tetap Mempertahankan Karakter MPV, Tak Seperti Toyota Avanza 2022 dan New Mitsubishi Xpander 04

"Ertiga ini salah satu produk unggulan kami baik domestik maupun ekspor. Jadi penting bagi kami untuk menjaga level competitiveness Ertiga. Menurut kami Ertiga masih relevan terhadap kebutuhan pasar Indonesia dengan fitur dan berbagai tawaran produk yang sudah kami hadirkan," katanya. 

Bisa Dipasang di Suzuki Ertiga Sport Lama

Walaupun diproduksi terbatas, Suzuki juga menjual part aksesori pada Ertiga Sport FF terpisah. Bila dibeli borongan maka siapkan dana sekitar Rp15 jutaan.  

Suzuki Pede Ertiga Tetap Mempertahankan Karakter MPV, Tak Seperti Toyota Avanza 2022 dan New Mitsubishi Xpander 05

Memang jadinya malah tidak eksklusif. Tapi Donny punya alasan sendiri, supaya konsumen dapat mengkreasikan mobil Suzuki Ertiga Sport miliknya biar tampil beda dari yang lain. "Kami ingin produk ini bisa eksklusif, harapannya jadi acuan konsumen kami melakukan modifikasi mobil," katanya.  

Baca Juga: 5 Low MPV Terbaik di Indonesia Kompak Berias Diri, Mana yang Paling Menarik Perhatian?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil