Suzuki Recall Ertiga, XL7, SX4 S-Cross, dan Ciaz, Pemilik Dilarang Terjang Genangan Air

Prasetyo · 6 Sep, 2021 13:07

Recall Suzuki Ertiga

Maruti Suzuki di India baru saja mengumumkan recall Suzuki Ertiga, Vitara Brezza, XL6, S-Cross, dan Ciaz. Penyebabnya ada pada potensi kerusakan Motor Generator Unit (MGU).

"Sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dengan memperhatikan keselamatan pelanggan, perusahaan telah mengumumkan penarikan (recall) untuk Ciaz, Ertiga, Vitara Brezza, S-Cross, dan XL6 bermesin bensin," tulis keterangan resmi Maruti Suzuki India Limited (MSIL).

Recall Suzuki Ertiga 2021-1

Hanya Vitara Brezza yang belum dipasarkan di Indonesia

Selain di India, Suzuki Ertiga, S-Cross, dan Ciaz juga dipasarkan di negara lain termasuk Indonesia. Sementara untuk XL6 berganti nama jadi Suzuki XL7. Lalu bagaimana nasib Suzuki Ertiga, Suzuki XL7 dan Suzuki SX4 S-Cross di dalam negeri?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga : Suzuki Siapkan Mobil Baru di Semester Dua, Apakah Suzuki Vitara Brezza 2021 Akan Lawan Daihatsu Rocky?

Ada 181 Ribu Unit Suzuki Ertiga dan XL7 yang Direcall

Dalam keterangan resminya, perusahaan menyebutkan jika recall Suzuki Ertiga dan XL7 ini terdampak pada 181.754 unit. Adapun catat komponen ditemukan pada model yang diproduksi antara 4 Mei 2018 hingga 27 Oktober 2020 yang semuanya menggunakan mesin bensin.

Recall Suzuki Ertiga 2021 -2

Ertiga ada yang pakai teknologi SHVS

"Demi kepentingan pelanggan, Maruti Suzuki memutuskan akan menarik kembali kendaraan yang terkena dampak untuk dilakukan pemeriksaan," lanjut keterangan perusahaan. Nantinya saat dilakukan pemeriksaan, pihak dealer resmi akan mengganti komponen MGU tersebut tanpa biaya apapun.

Sebaiknya Jangan Menerjang Genangan Air

Pihak pabrikan juga mengumumkan bakal memberi informasi resmi kepada seluruh pelanggannya untuk melakukan pengecekan. Caranya dengan memasukkan nomor sasis dan nomor rangka untuk mengetahui apakah mobil mereka masuk dalam daftar recall atau tidak.

Recall Suzuki Ertiga 2021 -3

SX4 S-Cross juga kena recall

Proses penggantian komponen itu pun akan dilakukan mulai November 2021. Selama menunggu panggilan untuk penggantian komponen MGU, para pelanggan diminta untuk menghindari jalanan yang tergenang air. Selain itu perhatikan pula cara mencuci mobil. Janagn sampai ada air yang disemprot langsung ke area mesin atau mengenai kelistrikan pada kendaraan mereka.

Baca juga : Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren!

Bagaimana dengan Suzuki Ertiga dan XL7 di Indonesia?

Ertiga, XL7, dan SX4 S-Cross adalah model Suzuki yang juga dipasarkan di Indonesia. Lalu apakah recall Suzuki Ertiga, XL7 beserta S-Cross ini berdampak juga ke Tanah Air? Sepertinya tidak.

Recall Suzuki Ertiga 2021 -3

Cuma terdampak pada model hybrid

Sebab komponen MGU yang ditemukan kerusakan itu hanya ditemukan pada model berteknologi Suzuki Hybrid Vehicle System (SHVS). Komponen ini bertugas mengisi ulang baterai lithium-ion pada saat terjadi deselerasi akibat pengereman. Selain itu MGU juga akan memberi torsi tambahan ke mesin saat pengemudi melakukan akselerasi.

Bukan Recall Suzuki Ertiga Pertama

Sebagai catatan, recall yang berimbas pada model Suzuki yang menggunakan teknologi SHVS ini bukan kali pertama. Pada Desember 2019, Maruti Suzuki juga melakukan penarikan untuk model Ertiga, XL6, dan Ciaz berteknologi yang serupa.

Recall Suzuki Ertiga 2021 -4

Recall kedua untuk model hybrid Suzuki

Alasannya pun sama, yaitu terjadi kerusakan pada komponen MGU. Padahal komponen ini dapat menekan konsumsi bahan bakar dari mesin bensin yang terpasang alat tersebut. Contohnya pada unit Ciaz SHVS bermesin bensin yang mampu mencatatakan konsumsi BBM hingga 28,09 km/liter.

Selanjutnya di November 2013, MSIL juga pernah mengumumkan recall untuk Ertiga akrena masalah steer column. Namun recall ini tidak berdampak ke Indonesia karena diklaim Suzuki Ertiga di Tanah Air pakai komponen dari pemasok yang berbeda.

Baca juga : Cari Mobil Bekas Value For Money, Mazda VX-1 Lebih Oke Dari Suzuki Ertiga

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Suzuki Ertiga GA MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru