window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki S Presso Kembali Lakoni Uji Tabrak Global NCAP, Hasilnya Bikin Sedih

Prasetyo · 13 Des, 2022 09:01

Suzuki S Presso Kembali Lakoni Uji Tabrak Global NCAP, Hasilnya Bikin Sedih 01

Suzuki S Presso kembali menjalani uji tabrakan (crash test) oleh pihak Global NCAP (New Car Assessment Programme). Dalam tes tersebut, S Presso hanya mendapat rating 1 bintang untuk perlindungan penumpang dewasa, dan 0 bintang untuk perlindungan penumpang anak-anak.

Sebenarnya ini bukan uji tabrak S Presso pertama yang dilakukan Global NCAP. Sebab di November 2020 dan Juni 2022, city car berwujud SUV itu juga sudah melakoni pengetesan yang sama. Tapi semua hasilnya jauh dari kata memuaskan.

Baca juga: Sudah Ada Dual Airbags, Suzuki S-Presso Hanya Dapat 3 Bintang Saat Uji Tabrakan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hasil Uji Tabrak Suzuki S Presso untuk Penumpang Dewasa

Suzuki S Presso Kembali Lakoni Uji Tabrak Global NCAP, Hasilnya Bikin Sedih 01

Uji tabrakan terbaru oleh Global NCAP

Dikutip dari Autocar India, Selasa (13/12/2022), dalam uji tabrak Global NCAP terbaru ini S Presso hanya menerima nilai 1 bintang. Total skor yang didapat cuma 20,03 poin dari maksimal 34 poin. Kalau dirinci, untuk tabrakan dari dapan, S Presso mendpaat nilai 11,9 poin, sementara tubrukan dari samping nilainya 17.

Dalam pengujian tabrakan frontal, perlindungan terhadap benturan kepala pengemudi dan penumpang depan dinilai cukup baik. Tapi bagian dada pengemudi mendapat efek benturan yang sangat buruk. Begitu pula dengan efek benturan ke bagian dada penumpang depan yang marjinal.

Suzuki S Presso Kembali Lakoni Uji Tabrak Global NCAP, Hasilnya Bikin Sedih 02

Kabin tidak memiliki perlindungan maksimal untuk penumpang

Sedangkan saat diuji benturan samping, perlindungan yang tidak terlalu baik juga tercatat pada efek di bagian kepala dan dada pengemudi. Tetapi perlindungan untuk bagian perut dan panggul masih lebih baik.

Mobil ini juga dinilai tidak memiliki perlindungan saat ada benturan kepala dibagian samping. Selain itu, S Presso juga tidak lulus uji perlindungan pejalan kaki.

Baca juga: Dites Tabrak Depan dan Samping, Honda HR-V serta BR-V Dapat Poin Terbaik

Hasil Tabrak Suzuki S Presso untuk Penumpang Anak-anak

Suzuki S Presso Kembali Lakoni Uji Tabrak Global NCAP, Hasilnya Bikin Sedih 03

Efek benturan samping juga cukup parah

Kalau perlindungan untuk penumpang depan lebih baik, maka tidak untuk penumpang anak-anak di bagian belakang. Karena skornya cuma 3,52 poin dari maksimal 49 poin. Skor buruk ini karena S Presso tidak punya fitur ISOFIX.

@autofun.indonesia Mobil Sekarang Canggih-canggih Ya#fiturmobil #mobilbaru #parkir #reviewmobil ♬ original sound - AutoFun Indonesia

Kemudian saat diuji dengan boneka anak-anak berusia tiga tahun yang menggunakan child seat, maka kursi khusus anak-anak itu hanya dapat dipasang dengan sabuk keselamatan orang dewasa. Dan ketika benturan terjadi maka penumpang kecil ini mengalami benturan di bagian kepala.

Baca juga: Toyota bZ4X Sudah Uji Tabrak Euro NCAP dari Berbagai Sisi, Apa Hasilnya?

Bukan Uji Tabrak Pertama

Suzuki S Presso Kembali Lakoni Uji Tabrak Global NCAP, Hasilnya Bikin Sedih 04

S-Presso yang dijual di Indonesia impor dari India

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, S Presso bukan kali pertama diuji oleh Global NCAP. Pada November 2020, mobil ini juga cuma mendapat 0 bintang untuk perlindungan penumpang dewasa, dan 2 bintang untuk perlindungan penumpang anak.

Kemudian di Juni 2022, Global NCAP juga menguji unit S presso yang dijual di Afrika Selatan. Hasilnya ia memperoleh tiga bintang untuk perlindungan penumpang dewasa. Angka ini lebih baik dibandingkan S-Presso yang diuji untuk pasar India.

Nah perlu diketahui pula, S Presso yang dijual di Suzuki Indonesia saat ini masih impor dari India.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki S-Presso MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil