Suzuki S-Cross 2022 Akan Lahir Tahun Depan, Berbagi Mesin Turbo dengan Swift Sport dan Jimny

Prasetyo · 9 Jul, 2021 10:31

Suzuki SX4 S-Cross 2022

Suzuki sepertinya terus agresif untuk menghadirkan lini produk terbarunya. Jika beberapa waktu belakangan ini gencar berita tentang rencana munculnya Suzuki Jimny 5 pintu, maka yang sekarang baru saja mencuat adalah isu kelahiran Suzuki S-cross 2022.

Sama seperti Jimny yang akan jadi konsumsi publik global, maka All New S-Cross juga bakal mendebut untuk dunia. Eropa jadi target pertama pemasaran crossover berlogo "S" itu. Kemudian disusul India, baru masuk ke kawasan Asia Tenggara.

Suzuki SX4 S-Cross 2022 -1

Akan hadir generasi barunya

Baca juga : Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren!

All New Suzuki S-Cross Diperkirakan Rilis Tahun Depan

DIkutip dari Indianautosblog, Jumat (09/07/2021), Suzuki saat ini sedang mempersiapkan kehadiran S-Cross terbaru. Model ini di Indonesia juga familiar dengan sebutan Suzuki SX4 S-Cross.

Jadwal perilisannya diprediksi tahun depan dan tak akan berselang lama dengan kemunculan Suzuki Vitara generasi terbaru serta Jimny terbaru yang mungkin juga hadir dengan varian 5 pintu.

Suzuki SX4 S-Cross 2022 -3

Belum ada bocoran fitur baru dari mobil ini

Berbagi Mesin dengan Swift Sport dan Jimny Terbaru

Generasi terbaru Suzuki S-cross tentunya akan mengalami sejumlah perubahan. Dari sisi eksterior begitu juga di ruang kabinnya. Sementara memperkirakan mesin yang terpasang, besar kemungkinan S-Cross terbaru akan datang dengan dua pilihan mesin.

Versi pertama menggunakan mesin 1.5-liter K15B 4 silinder. Mesin ini lantas dikombinasikan dengan transmisi manual 5 percepatan atau 4-speed otomatis dengan torque converter. Hasilnya, tenaga puncak mencapai 103 PS dengan torsi 138 Nm.

Suzuki SX-4 S-Cross 2022 -2

Pakai mesin dari Swift Sport

Sedangkan varian mesin kedua akan menggunakan mesin bensin 1.4-liter Boosterjet. Ini merupakan teknologi turbo dari Suzuki yang sebelumnya juga sudah dipasang pada Swift Sport terbaru. Disandingkan transmisi otomatis enam percepatan, mesin turbo ini mampu mengembangkan tenaga 128 hp dengan torsi puncak 235 Nm.

Baca juga : Suzuki Jimny 5 Pintu Dapatkan Mesin Turbo dan Mulai Dijual Tahun Depan

Suzuki SX4 S-Cross di Indonesia

Suzuki S-Cross di Indonesia dikenal dengan nama SX4 S-Cross. Mungkin ini untuk tetap membawa "darah" Suzuki SX4 yang pernah berjaya di segmen crossover compact Tanah Air. Nama S-Cross pertama kali diperkenalkan di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Suzuki SX4 S-Cross 2022 -4

SX4 S-Cross sebelum facelift

Unit yang beredar disini diimpor utuh dari dari India dan menggunakan mesin 1.5-liter N/A. Lantas di Novemer 2017, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menampilkan New SX4 S-Cross. Perubahannya minor, cuma di bagian lampu depan menggunakan LED, sedikit perubahan bentuk gril, serta desain velg. Sementara mesin dan kabinnya tetap dipertahankan.

Dengan usia hampir 5 tahun, memang sepertinya Suzuki SX4 S-Cross sudah memasuki waktu peremajaan bahkan berganti generasi. Berkaca dari pemunculan S-cross di Indonesia yang berselang hampir setahun dibanding debutnya di India, maka boleh jadi mobil ini baru tiba di dalam negeri pada kuartal kedua 2023.

Bagaimana Suzuki?

Baca juga : Perbandingan Kia Rio 2021 vs Suzuki Baleno, Kuda Hitam di Segmen Hatchback

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki SX4 S-Cross MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru