Suzuki Siapkan Mobil Baru di Semester Dua, Apakah Suzuki Vitara Brezza 2021 Akan Lawan Daihatsu Rocky?

Yongki Sanjaya · 4 Mar, 2021 16:30

Suzuki Siapkan Mobil Baru di Semester Dua, Apakah Suzuki Vitara Brezza 2021 Akan Lawan Daihatsu Rocky? 01

Suzuki sebagai merek kawakan tentu tidak tinggal diam melihat para kompetitornya mempersiapkan model baru. Pabrikan berlogo huruf S ini telah menyiapkan banyak mobil baru untuk tahun 2021. Menurut rencana, peluncuran untuk segmen passenger car akan dilakukan pada semester kedua mendatang.

Di 2021 ini kami melakukan strategi berbeda, kami kini fokus menyegarkan komersial kami dan kemudian di semester 2 produk passenger kami. Ada beberapa produk yang kami persiapkan," ujar ujar Dony Saputra, 4w Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Bila melihat jadwal yang dipersiapkan, Suzuki sedang melihat pergerakan para kompetitornya sebelum merilis model terbaru. Donny menyebut bila Suzuki juga mengikuti tren yang ada di jagat otomotif global saat ini dengan model crossover dan luxury. 

Baca juga:

Dapat Relakasasi PPnBM dan Diskon Dealer, Berapa Harga Suzuki Ertiga 2021 dan Suzuki XL7 2021?

Mengenal Lebih Dekat Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, LMPV Irit Seharga Daihatsu Sigra 2020

Komparasi Suzuki XL7 2021 vs Mitsubishi Xpander Cross 2021, Mana Paling Value for Money Untuk SUV Rasa MPV?

Artinya, akan ada lawan sepadan yang sedang dipersiapkan untuk segmen tersebut. Sayangnya, Donny tidak menyebut secara gamblang mobil apa yang dipersiapkan. Bukan tidak mungkin, PT SIS akan membawa Suzuki Vitara Brezza untuk menghadapi Daihatsu Rocky. 

"Kalau kita lihat tren di dunia otomotif arahnya ke luxury atau crossover. Kami di Suzuki sudah menyiapkan beberapa model untuk pasar Indonesia. Kami sudah siapkan segmen-segmen lain kedepannya," jelas Donny. 

Facelift Suzuki Ertiga dan XL7 Akan Launching di Semester Kedua? 

Suzuki Siapkan Mobil Baru di Semester Dua, Apakah Suzuki Vitara Brezza 2021 Akan Lawan Daihatsu Rocky? 02

Dalam pemaparannya saat virtual gathering Suzuki, Donny menyebut pihaknya tahun ini akan lebih fokus dengan produk yang diproduksi di dalam negeri. Sebab, kontribusi mobil Suzuki yang diproduksi lokal sangat besar. 

"Tahun 2021 ini kami akan berencana menyegarkan produk-produk yang diproduksi di Indonesia. Strategi di roda empat, kami fokus dengan produk yang kami produksi di Indonesia karena memiliki kontribusi 91 persen. Kami juga akan terus melakukan penyegaran, minor changes dan launching new model," bebernya. 

Sebagai informasi, kontribusi terbesar penjualan Suzuki di tahun 2020 didominasi produk yang dirakit secara lokal dan mencapai hingga 91% dari total penjualan nasional Suzuki. 

Kontributor terbesar yaitu New Carry Pick Up dengan total wholesales sebanyak 37.109 unit dan retail sales sebanyak 40.697 unit. Angka ini berhasil membawa New Carry Pick Up menguasai 59,5% pangsa pasar wholesales Low Pick Up dan 61% pangsa pasar retail sales Low Pick Up.

Suzuki Siapkan Mobil Baru di Semester Dua, Apakah Suzuki Vitara Brezza 2021 Akan Lawan Daihatsu Rocky? 03

Kontribusi penjualan Suzuki tahun lalu juga disumbang dari produk andalan lainnya, yaitu XL7 dan All New Ertiga. XL7 menyumbang 12 persen terhadap penjualan nasional Suzuki dengan 9.827 unit wholesales dan 8.575 unit retail sales. Dalam segmen ini, XL7 menguasai 12,1 persen pangsa pasar wholesales MSUV dan 9,6 persen pangsa pasar retail sales MSUV.

Disusul kemudian oleh All New Ertiga yang berkontribusi 13,3 persen dengan capaian 7.516 unit wholesales dan 9.663 unit retail sales. Di segmen LMPV, All New Ertiga menguasai 9 persen pangsa pasar wholesales dan 10,6 persen pangsa pasar retail sales. 

Artinya, baik Suzuki Ertiga maupun XL7 punya peluang yang sama untuk mendapat facelift di paruh kedua tahun 2021 ini menyusul Suzuki Carry yang sudah launching. Kapan waktu peluncurannya? Tunggu saja! 

Komentar