Suzuki Swift Baru Segera Meluncur, Apakah Juga Akan Hadir Kembali Di Indonesia Pada 2022?

Dhoni · 23 Feb 2021 16:00

Suzuki Swift 2022 facelift

Suzuki Swift 2022 facelift dipastikan akan segera diperkenalkan di India dalam waktu dekat. Dengan mendapatkan sentuhan perubahan, apakah facelift dari Suzuki Swift 2022 akan hadir untuk menggantikan posisi Suzuki Baleno hatchback di Indonesia?

Suzuki Swift  masuk dalam segmen sedan hatchback B bersama Suzuki Baleno hatchback hingga Toyota Yaris dan Honda Jazz. Suzuki Swift 2022 facelift akan mengalami perubahan sangat besar baik tampilan maupun pada bagian mesin. Pada Suzuki Swift 2022 facelift telah menggunakan mesin K12N Dualjet sehingga tidak lagi mengandalkan mesin K12M.

Kemampuan dari mesin K12N Dualjet yang juga digunakan pada Maruti Dzire dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 90 PS dengan torsi mencapai 113 Nm. Selain itu, Suzuki Swift 2022 facelift telah mengadopsi sistem start/stop sebagai standarnya. Tentu saja mesin ini tidak mendapatkan sistem hybrid ringan seperti halnya Suzuki Baleno.

Suzuki Swift 2022 facelift

Sedang untuk transmisi yang bertugas mengirimkan tenaga dari mesin K12N Dualjet pada roda depan, Suzuki Swift 2022 facelift masih akan tetap tersedia dalam versi transmisi manual 5 percepatan dan otomatis AMT 5 percepatan.

Ubahan tampilan Suzuki Swift 2022, Simple dan Modern

Sesuai teaser yang beredar, Suzuki Swift 2022 facelift menggunakan gril model hexagonal yang terbagi dengan bilah berwarna krom di bagian tengahnya. Untuk roda, Suzuki Swift 2022 facelift masih tetap menggunakan velg berukuran 15 inci tetapi dengan model terbaru. Untuk sistem pencahayaan, seluruh lampu pada Suzuki Swift 2022 facelift telah menggunakan LED (headlamp,DRL dan taillights).

Interior Suzuki Swift 2022, Minim Ubahan

Bagian eksterior lainnya dari Suzuki Swift 2022 facelift, secara desain tidak mengalami perubahan besar. Sedangkan pada bagian interior, Suzuki Swift 2022 facelift sepertinya masih mempertahankan warna hitam dengan bahan pelapsi yang berbeda.

Untuk infotaiment, Suzuki Swift 2022 facelift menggunakan layar sentuh 7 inci dengan Smartplay studio infotainment system yang dapat terhubung pada Android Auto dan Apple Carplay. Dan juga MID multi colour, kemudi model flat bottom dengan tombol pengaturan cruise control.

Kemudi pada Suzuki Swift 2022 facelift

Suzuki Swift terbaru juga telah dipastikan mengadopsi fitur cruise control, tetapi hanya untuk tipe tertingginya. Fitur lainnya pada Swift 2022 adalah reverse parking camera, automatic headlamps dan lain sebagainya.

Untuk harga Suzuki Swift 2022 facelift memang masih menunggu setelah peluncurannya. Namun untuk versi sebelumnya yang beredar di India, Suzuki Swift dibanderol mulai dari harga Rp106 jutaan hingga Rp156 jutaan, Tentunya harga tersebut tergolong lebih murah di banding di Indonesia yang hadir dalam model CBU.

Hadirnya Suzuki Swift 2022 facelift dengan berubahan besar pada sektor mesin hingga fitur berteknologi, tentu sangat mungkin membuat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mendatangkan Suzuki Swift pada tahun 2022.

Bisa saja kehadirannya untuk menggantikan Suzuki Baleno hatchback atau justru ikut bersaing untuk merebut pasar di segmen sedan hatchback bersama Honda Baleno Hatchback maupun Toyota Yaris.

Hal yang pasti, Suzuki Swift tidak dihadirkan pada tahun 2021 karena hingga saat ini pihak PT SIS belum mendaftarkan NJKB –Samsat DKI Jakarta. Jadi, masih ada kemungkinan baru hadir tahun 2022.

Kalau Anda lebih memilih Suzuki Baleno Hatchback atau justru menantikan kehadiran Suzuki Swift 2022 facelift?

 

Komentar