Suzuki Vitara Brezza Adu Irit Biaya Servis Dengan Honda WR-V

Anissa · 18 Okt 2020 11:00

Suzuki Vitara Brezza merupakan salah satu model compact SUV dari Suzuki yang dikabarkan akan masuk ke Indonesia. Meskipun belum diketahui kapan tepatnya mobil ini akan meluncur di Tanah Air, tetapi sudah banyak pecinta otomotif yang menantikan mobil ini. Desainnya yang modern serta harganya yang terjangkau menjadi salah satu daya tarik utama dari mobil ini.

Kendati merupakan mobil pabrikan Jepang, mobil ini didesain di India. Dan di negara tersebut, mobil ini seringkali dibandingkan dengan salah satu mobil produkan Jepang lainnya, yakni Honda WR-V. Sama seperti Suzuki Vitara Brezza, Honda WR-V juga dikabarkan akan masuk ke pasar otomotif Indonesia meskipun belum bisa ditentukan kapan.

Kedua mobil ini memiliki dimensi yang mirip, kapasitas mesin yang hampir sama, dan performa yang tidak jauh berbeda. Tidak heran jika keduanya kemudian sering dibandingkan. Tetapi ada satu hal yang tentu sangat penting bagi para konsumen di Indonesia selain hal-hal di atas. Hal tersebut adalah biaya servis berkala.

Kebanyakan konsumen di Indonesia memang sangat mementingkan biaya servis berkala yang harus disiapkan sebelum membeli sebuah mobil. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang biaya servis berkala dari Suzuki Vitara Brezza dan Honda WR-V untuk mengetahui mobil mana yang memiliki biaya servis yang lebih murah. 

Perbandingan Biaya Servis Suzuki Vitara Brezza dan Honda WR-V

Masalah biaya servis memang menjadi salah satu hal yang cukup diperhatikan konsumen di Indonesia sebelum membeli mobil. Meskipun baik Suzuki Vitara Brezza maupun Honda WR-V belum ada yang dipastikan kapan masuk ke Indonesia, tetapi tidak ada salahnya kita cari tahu dulu berapa biaya servis berkalanya.

Biaya servis Suzuki Vitara Brezza akan diambil berdasarkan biaya servis dan suku cadang yang ada di India. Sedangkan untuk Honda WR-V, diambil berdasarkan harga suku cadang dan jasa standar mobil-mobil Honda pada umumnya. Dan kali ini, kita akan membandingkan biaya servis Suzuki Vitara Brezza dengan Honda WR-V untuk servis tahap 10.000 km hingga 50.000 km.

Suzuki Vitara Brezza hanya membutuhkan penggantian oli mesin pada servis tahap pertama dan kedua. Biaya yang dibutuhkan untuk masing-masing tahap tersebut adalah sekitar Rp413.000. Sementara itu, pada Honda WR-V, komponen yang perlu diganti pada tahap pertama ialah oli mesin dan ring tab, hampir sama dengan produk Honda lainnya, dan biaya yang dibutuhkan ialah sekitar Rp300.000.

Lalu pada tahap servis kedua, Honda WR-V membutuhkan tambahan komponen yang diganti. Ada oli mesin, ring tab, dan filter oli sehingga biaya servis yang dibutuhkan ialah sekitar Rp382.000.

Di servis tahap ketiga, Suzuki Vitara Brezza membutuhkan total biaya servis yang mencapai sekitar Rp674.000 untuk mengganti Oli mesin, Filter Oli, Coolant, Fuel Filter, dan Filter AC. Sementara itu, pada tahap ini, Honda WR-V membutuhkan biaya sekitar Rp960.000.

Seperti servis berkala pada umumnya, pada servis tahap keempat biasanya terjadi kenaikan biaya yang cukup signifikan. Suzuki Vitara Brezza membutuhkan biaya servis sekitar Rp1.261.000 pada tahap ini, karena ada semakin banyak komponen mesin yang perlu diganti, antara lain Oli mesin, Filter Oli, Air Filter, Coolant, Fuel Filter, Brake & Clutch Oil, dan Spark Plug.

Honda WR-V pun tidak terkecuali. Pada tahap keempat ini, komponen yang harus diganti pada Honda HR-V pun semakin banyak. Adapun komponen yang perlu diganti adalah oli mesin, ring tab oil, filter oil, busi, filter AC dan oli transmisi, sehingga biaya servisnya mencapai sekitar Rp1.900.000.

Ketika kendaraan telah mencapai jarak 50.000 km, kendaraan akan masuk pada tahap servis kelima. Di tahap yang satu ini, biaya servis yang dibutuhkan masih mahal, tetapi tidak sebesar yang diperlukan pada servis tahap keempat. Dibutuhkan biaya sekitar Rp941.000 untuk Suzuki Vitara Brezza pada tahap ini, karena komponen yang perlu diganti ialah Oli mesin, Filter Oli, Air Filter, Coolant, dan Filter AC.

Pada tahap ini, Honda WR-V pun mengalami sedikit penurunan, tetapi masih bisa dibilang cukup mahal. Untuk tahap kelima, Honda WR-V membutuhkan biaya servis sekitar Rp1.000.000.

Kesimpulan

Menyimpulkan dari pembahasan di atas, bisa kita katakan bahwa secara keseluruhan biaya servis Suzuki Vitara Brezza memang lebih murah dibandingkan dengan biaya servis Honda WR-V.

Untuk biaya servis tahap pertama dan kedua, Honda WR-V memang menghabiskan biaya yang lebih sedikit, tetapi kemudian biaya servis ketiga hingga kelima mengalami kenaikan yang signifikan.

Keterangan Suzuki Vitara Brezza Honda WR-V
10.000 km Rp413.000 Rp300.000
20.000 km Rp413.000 Rp382.000
30.000 km Rp674.000 Rp960.000
40.000 km Rp1.261.000 Rp1.900.000
50.000 km Rp941.000 Rp1.000.000
TOTAL 3.702.000 Rp4.542.000

 

Komentar

Mobil Terbaru