Suzuki XL7 2022 Akan Disuntik Mesin Diesel 1.500 Cc Terbaru, Masuk Indonesia Juga?

Prasetyo · 29 Jun, 2021 08:03

Suzuki XL7 2022

Suzuki pernah menggunakan mesin diesel pada Ertiga beberapa waktu silam. Model ini awalnya diperkenalkan untuk pasar India, namun kemudian masuk pula ke Indonesia. Saat itu di Indonesia diperkenalkan dengan nama Ertiga Diesel Hybrid yang diluncurkan Februari 2017 silam.

Sayangnya beda dengan India yang menuai sukses, populasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid mati suri di Tanah Air. Bahkan usianya tak sampai dua tahun ketika PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memutuskan menghentikan impor Ertiga diesel ini di April 2018.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Ertiga Diesel Hybrid hanya bertahan sesaat di Indonesia

Lama tak terdengar kabarnya, kini Suzuki akan kembali menawarkan mesin diesel. Kabarnya ini merupakan mesin terbaru yang dikembangkan Suzuki dalam setahun terakhir. Adapun model yang akan disuntik mesin diesel ini adalah Suzuki XL7 2022 yang punya nama lain Xl6 di India.

Baca juga : Siapkan MPV Baru, Toyota Hanya Nebeng Emblem di Suzuki Ertiga

Diracik untuk Hasilkan Standar Emisi Gas Buang yang Lebih baik

Dikutip dari Motorbeam, Selasa (28/06/2021), mesin diesel ini sudah diracik oleh Maruti Suzuki selama lebih dari setahun. Hal tersebut untuk membuatnya sesuai dengan standar BS6. Dan rencananya, mesin diesel itu akan dipasang di Suzuki XL7 2022.

Suzuki XL7 2020 diesel

Mesin diesel baru 1.500 cc

Mesin ini akan diproduksi di Pabrik Manesar, India. Dan Maruti Suzuki juga sudah mengumumkan jika mesin itu cocok dipakai ke beberapa model. Antara lain Vitara Brezza, All New Ertiga, dan Ciaz. Namun apakah S-Cross juga akan mendapat tawaran mesin diesel masih belum dikonfirmasi oleh pihak Maruti Suzuki.

Akan Dipakai Juga oleh Toyota

Sebelumnya Maruti juga sudah pernah tertangkap kamera sedang menguji Ertiga dengan mesin DDiS baru. Namun mereka mengklaim jika itu bukan mesin diesel terbarunya.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Mesin diesel 1.3 DDiS di Ertiga diesel hybrid

Selain disesuaikan dengan standar emisi gas buang, mesin diesel baru Suzuki ini juga diharapkan bisa lebih kuat dari mesin versi sebelumnya. Diprediksi mesin itu mampu menghasilan tenaga 95 Hp dengan torsi 225 Nm. Sebab mesin tersebut berkapsitas 1.5-liter bukan mesin D13A DDiS seperti yang dipakai pada Ertiga Diesel terdahulu.

Dan karena perjanjian kerjasama antara Maruti Suzuki dengan Toyota di India, maka mesin diesel ini juga akan dinikmati oleh Toyota. Antara lain di Toyota Urban Cruiser yang menggunakan model Vitara Brezza.

Baca juga : 6 Model Terbaru, Termasuk Suzuki Ertiga Diesel Akan Dihadirkan Suzuki Pada 2021

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Diperkenalkan di Indonesia tahun 2017

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid di Indonesia Jadi Barang Langka

Karena peredarannya yang memang cuma seumur jagung, maka populasi Suzuki Ertiga Diesel Hyrbid yang sempat juga tiba ke Indonesia tidak terlalu masif. Kala itu SIS berkilah jika Ertiga Hybrid tidak dilanjutkan menyusul adanya model All New Ertiga.

Padahal sistem hybrid yang dikombinasikan mesin diesel pada Ertiga cukup unik dan mampu menghasilka efisiensi bahan bakar lebih baik. Mobil ini menggunakan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Jadi mobil ini tidak menggunakan baterai lithium-ion seperti halnya mobil hybrid lain, melainkan aki berkapasitas 70 Ah.

Dengan teknologi Integrated Starter Generator (ISG), saat mobil melakukan deselerasi maka akan mengisi daya ke aki. Namun ketika hendak melakukan akseelrasi, tenaga mobil akan ditambah daya dari aki.

Kemudian mobil ini juga punya ftur idling stop system yang memungkinkan mesin dieselnya berhenti bekerja saat pengemudi berhenti dan menginjak pedal rem beberapa saat, misalnya ketika di lampu merah. Sementara kinerja AC dan elektrikal lain bersumber dari daya aki.

Lalu apakah Suzuki XL7 2022 diesel juga akan masuk ke Indonesia, SIS?

Baca juga : Ketahui 3 Kelemahan di Suzuki XL7 2021 Sebelum Membeli, Low SUV Berbasis Ertiga

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki XL7 1.5L AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru