window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki XL-7 Indonesia yang akan datang dan pendahulunya

Kurnia Soemarno · 9 Jan, 2020 13:47

Suzuki XL7 ini akan menggunakan mesin yang serupa dengan All New Suzuki Ertiga yaitu mesin K15B 1500cc DOHC VVT yang bertenaga 104,7 HP dengan torsi 138Nm. Prediksinya, Suzuki akan mendapat varian mesin diesel dengan transmisi AT.

Berdasarkan sumber, Suzuki XL-7 akan diluncurkan di pasar Indonesia dengan 3 varian. Harga Suzuki XL7 diperkirakan kurang lebih Rp 264 jutaan.

Ikhtisar

Suzuki XL-7 asli dirancang bagi orang-orang yang menyukai memiliki tempat duduk tujuh penumpang dalam sebuah SUV tetapi tidak ingin kerepotan dan pengeluaran memilik mobil dengani utilitas olahraga ukuran penuh.

Eksterior Suzuki XL7

Suzuki XL-7 Indonesia yang akan datang dan pendahulunya 01

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Berevolusi dari Suzuki Concept-X, yang debut pada 2005 North American International Auto Show di Detroit, XL7 yang baru menampilkan desain modern, ramping, dan ekspresif dengan gaya khas Suzuki, seperti lampu belok berbentuk segitiga, kisi-kisi tiga batang yang tebal dengan lengkungan roda "S" berotot, knalpot ganda dengan ujung krom dan rak atap terpadu.

Interior Suzuki XL7

Suzuki XL7 memberikan pengemudi dan penumpang interior yang luas dan fungsional dengan kecanggihan dan penyempurnaan kelas atas. Kursi baris ketiga yang unik memberikan kemampuan tujuh penumpang dan kenyamanan yang nyata.

Dengan footwell sedalam enam inci, platform membentang memberikan tempat duduk baris ketiga yang nyaman, dengan ruang kaki hampir 40 inci dan ruang kepala 38,8 inci.

Suzuki XL-7 Indonesia yang akan datang dan pendahulunya 01

Selain itu, 50/50 kursi lipat baris ketiga dapat dilipat rata ke lantai untuk ruang kargo tambahan, dan kursi penumpang depan lipat memberi ruang untuk barang yang panjang seperti ski, papan selancar atau bahkan kayak kecil.

Selain praktikalitas konsol dan area penyimpanan yang banyak dan kenyamanan empat outlet daya 12-volt, interior Suzuki XL7 menggunakan kayu kelas atas atau appliques nikel satin pada panel instrumen dan pintu, aksen krom menyeluruh dan matte hitam, permukaan rendah kilau. Permukaan tempat duduk kulit dan roda kemudi berbalut kulit juga merupakan bagian dari paket trim tertentu.

Keamanan Suzuki XL7

Fitur keamanan XL7 mulai dengan struktur bodi itu sendiri - kombinasi dari baja berkekuatan tinggi, fase ganda, dan galvanis dengan desain komputer. Struktur bodi dirancang khusus untuk menahan beban - secara efektif mentransfer energi yang diserap selama tabrakan di sekitar kompartemen interior dan penumpang - baik pada tabrakan depan dan belakang.

Selain itu, rollover sensing adalah standar pada mobil XL7 lima dan tujuh penumpang. Teknologi ini menggunakan sensor untuk secara proaktif memprediksi "tip up" kendaraan pada permukaan jalan yang rata dan menerapkan gaya rem ke roda depan dan belakang luar untuk mengurangi gaya lateral pada kendaraan.

Konstruksi unibody adalah struktur baja berkekuatan tinggi, yang menggabungkan rel rangka full-length dan sangkar pengaman di tengahnya menjadi unit tunggal. Juga dirancang dengan zona tabrakan depan dan belakang yang dirancang untuk kolaps secara terkontrol untuk membantu menyerap energi tabrakan sekaligus melindungi integritas sangkar keselamatan penumpang.

Mesin Suzuki XL7

Suzuki XL7 baru berevolusi dari sasis truk roda belakang, menjadi SUV crossover dengan dasar platform GM Theta yang canggih dengan rel bagian bawah bodi mobil full-length untuk menambah kekuatan.

XL7 sekarang menjadi kendaraan roda depan yang memiliki suspensi independen roda empat dan semua roda. Powertrain standar untuk Suzuki XL7 adalah 3,6 liter yang dirancang oleh GM, mesin V6 DOHC dengan estimasi 250 hp dengan torsi 243 lb-ft.

Mesin V6 DOHC 3,6 liter dipasang pada sistem cradle mesin yang isolasi ganda; mesin dipasang pada cradle di empat titik dan cradle dipasang ke rel di empat titik, memberikan isolasi ganda dari bodi.

Sistem cradle dilengkapi dengan dua dudukan bantalan beban samping dan cradle reaksi torsi depan dan belakang. Ada juga snubber gesekan yang dipasang di mesin sisi penumpang untuk membantu mengontrol gerakan mesin yang kadang-kadang terjadi saat pemindahan gigi.

Kemudi Suzuki XL7

Suzuki XL-7 Indonesia yang akan datang dan pendahulunya 02

Sasis yang canggih memberikan pengalaman berkendara yang lincah, dan kenyamanan saat berkendara di jalan tol, jalan-jalan kota atau jalan pedesaan.

Sikap jalan responsif XL7 memberikan rasa percaya diri dan kontrol dalam semua skenario mengemudi, sambil tetap memberikan kinerja Noise, Vibration and Harshness (NVH) yang halus di atau hampir di puncak kategori SUV menengah.

Ikhtisar Sejarah Suzuki XL-7

Dengan mengambil versi extended-wheelbase dari SUV kecilnya dan memasang kursi baris ketiga, Suzuki memelopori sebuah konsep, dan banyak pabrikan lain melakukan hal yang sama dengan SUV kecil mereka. Sayangnya, XL-7 pertama rapi secara teori tetapi cacat dalam eksekusinya.

Kursi baris ketiga terlalu kecil untuk digunakan dan desainnya berdasarkan truk tua, kabin klaustrofobik, dan bagian interior berkualitas buruk menurunkan tingkatnya di antara pesaing menengah yang semakin berkembang.

Untungnya, Suzuki menebus kesalahannya dengan XL7 menengah generasi kedua dengan desain baru (Perhatikan nama XL7; berubah dari XL-7 mulai tahun 2007). Mobil Suzuki terbesar yang pernah ada, model baru ini 10 inci lebih panjang dan 2 inci lebih lebar dari sebelumnya.

Dirancang untuk pasar Amerika Utara, Suzuki XL7 baru didasarkan pada platform crossover SUV partner menengah GM, yang berarti memiliki kemiripan mekanis dengan kendaraan seperti Chevy Equinox.

Dibandingkan dengan model lama, XL7 terlihat dan bekerja jauh lebih baik, dengan peningkatan kemudi dan kelincahan, mesin V6 yang lebih halus, lebih kuat, dan suasana yang lebih luas, akomodasi penumpang yang lebih nyaman. Baris ketiga, bagaimanapun, hanya untuk anak-anak saja, seperti mobil lain di kelas ini.

Generasi pertama Suzuki XL7

Suzuki memperkenalkan XL-7 generasi pertama pada tahun 2001. Pada saat itu, mobil ini adalah SUV pertama di kelasnya yang menawarkan kursi baris ketiga dengan harga di bawah Rp 277.706 juta.

Didasarkan pada Grand Vitara, XL-7 memiliki konstruksi bodi-on-frame seperti truk dan penggerak roda belakang atau penggerak empat roda dengan case transfer dua-speed. Dasar-dasar yang kokoh membuat XL-7 cukup kompeten untuk perjalanan off-road.

Kursi baris ketiga opsional model ini agak meragukan. Ada banyak ruang bagasi dengan melipat kursi belakang, tetapi ketika baris ketiga digunakan, kapasitas kargo sangat terbatas. Dan juga, mekanisme untuk menurunkan tempat duduk baris ketiga sulit dan canggung. Baris ketiga tidak terlipat rata dan menciptakan "ngarai" di mana barang bisa jatuh.

Semua model Suzuki XL-7 dilengkapi dengan mesin 170-hp, 2,7 liter yang cocok dengan transmisi manual lima-speed tau otomatis empat-speed. Dalam ulasan waktu, kami mencatat kami menyukai adanya kursi baris ketiga dan harga yang wajar. Namun, kami merasa ini tidak setara dengan kompetisinya dalam hal penyempurnaan atau kemampuan off-road maksimal.

Perubahan pada Suzuki XL-7 generasi pertama sangat minim. Pada tahun 2002, tenaga dinaikkan menjadi 183 hp dan rem anti penguncian menjadi opsional.

Generasi kedua Suzuki XL7

Suzuki XL-7 Indonesia yang akan datang dan pendahulunya 03

Suzuki XL7 generasi kedua debut pada tahun 2007. Terkhusus, XL7 dijual dengan kursi lima baris otomatis dan opsional pada model tahun 2008. Suzuki XL7 adalah crossover menengah tujuh penumpang yang tersedia dalam tiga level trim: Premium, Luxury dan Limited.

Semua model tersedia dalam penggerak roda depan atau penggerak semua roda. Tenaga diberikan oleh V6 3,6 liter yang dibuat oleh Suzuki yang menghasilkan 252 tenaga kuda dan torsi 243 pound-feet. Standar pada semua model adalah transmisi otomatis enam-speed.

Suzuki XL7 terakhir adalah Suzuki SUV terbesar dan ternyaman yang pernah ada, dengan interior yang luas, fungsional, dan mewah. Kursi baris kedua 60/40 terlipat ke depan untuk memudahkan akses ke baris ketiga, atau terlipat rata sepenuhnya. Kursi baris ketiga lipat 50/50 juga bisa dilipat rata untuk ruang kargo tambahan.

Termasuk di dalamnya adalah daftar panjang fitur standar, termasuk velg, alarm keamanan, kontrol iklim otomatis, kaca privasi, AC belakang dan stereo CD enam speaker. Level trim Luxury yang mewah menambahkan kulit, aksen kayu, dan kursi depan yang dipanaskan.

Untuk ini, Limited menambahkan lampu kabut, spoiler belakang, kursi standar baris ketiga, dan audio radio satelit dengan navigasi dan hiburan DVD. Fitur dan kontrol elektronik bersumber dari General Motors yang saat itu bekerjasama dengan Suzuki.

Sasis unibody XL7 memberikan berkendara seperti mobil dan refleks yang baik di trotoar. Mesinnya kuat, handlingnya aman dan kemampuan manuvernya cukup baik untuk melintasi jalanan ramai untuk tugas akhir pekan.

Kelemahan utama model ini adalah tidak terasa halus dalam kualitas berkendara, presisi kemudi, dan kehalusan mesin seperti beberapa SUV crossover menengah lainnya.

Jika Anda mencari crossover keluarga yang luas dengan harga murah, Suzuki XL7 mungkin merupakan pilihan yang baik setelah resmi diluncurkan di Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki XL7 Hybrid Beta MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil