window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tak Banyak yang Tahu, Ada Versi Sporty dan Elegan Toyota Kijang Innova. Ini Bedanya!

Bent Aulia · 21 Des, 2020 10:00

Toyota Kijang Innova 2020

Toyota Kijang Innova sebagai varian MPV keluarga ini memiliki berbagai tipe. Namun bagi penggemar di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) menawarkan berbagai varian. Selain tipe G dan V, ada Kijang Innova Venturer dan TRD Sportivo dengan gaya lebih sporty. Apa saja perbedaan ketiga varian Kijang Innova terbaru ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

Toyota Kijang Innova 2021

MPV Toyota Kijang menjadi salah satu MPV pilihan konsumen Tanah Air. Mendapatkan facelift menawarkan penyegaran pada desain dan teknologi yang ditawarkan. Edisi ini merupakan versi standar dengan dua pilihan tipe, Kijang Innova tipe G dan V.

Toyota Kijang Innova 2020 bagian depan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Astra Motor memang tak lagi memasarkan Kijang Innova tipe Q sebagai varian tertinggi. Meski Toyota mampu mengembangkan kedua tipe ini menjadi 12 varian yang siap dipasarkan, mulai dari perbedaan transmisi serta mesin yang digunakan.

Toyota Kijang Innova 2021 Eksterior dan interior

Setelah lima tahun tanpa perubahan, New Kijang Innova mendapatkan perubahan wajah yang lebih segar pada Oktober 2020 lalu. Perbedaan yang paling baru terlihat pada grille berbentuk trapesium yang mirip dengan Toyota Hilux terbaru.

lampu Toyota Kijang Innova 2020

Kesan maskulin dan rasa mewah memperlihatkan tampilan yang lebih baru. Bumper New Kijang Innova membawa model baru, terlihat pada rumah lampu kabut yang berbeda dibandingkan model sebelumnya yang menyatu dengan lampu sein.

velg Toyota Kijang Innova 2020

Di samping, ada perubahan model velg baru yang digunakan pada Toyota Kijang Innova 2020. Di belakang, sejumlah penyegaran ditawarkan, meski tak terlalu jauh banyak berubah dibandingkan edisi Toyota Kijang Innova Reborn.

bagian belakang Toyota Kijang Innova 2020

Selain bagian luar, Toyota juga menghadirkan beberapa peningkatan tampilan di dalam kabin. Ubahan baru pada bagian interior mendapatkan warna jok baru dan door trim yang digunakan.

head unit Toyota Kijang Innova 2020

Toyota mendapatkan kelir berwarna merah coklat gelap yang menggantikan kelir merah bata. Ada material soft touch yang lebih banyak, menjadikan ruang kabin lebih nyaman bagi penumpang.

Toyota Kijang Innova 2021 Mesin

Dengan status facelift, perubahan paling besar yang diberikan pada New Kijang Innova adalah pada kosmetik dan fitur yang digunakan, Sedangkan dalam hal mesin digunakan praktis tanpa perubahan. Masih mengandalkan mesin berkode 1TR-FE bertenaga maksimal hingga 139 PS serta 183 Nm torsi maksimal.

mesin Toyota Kijang Innova 2020

Sedangkan mesin 2GD-FTV 4-silinder bertenaga 149 PS dan torsi puncak 360 Nm. Tenaga disalurkan ke roda belakang untuk rasa nyaman ketika mendaki melalui transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan.

Toyota Kijang Innova 2021 Fitur

Dibandingkan edisi terdahulu, beberapa fitur baru di dalam kabin maupun teknologi berkendara mendapatkan beberapa peningkatan. Salah satunya adalah Integrated Air Purifier untuk meningkatkan kualitas udara di dalam kabin secara otomatis.

sistem ABS Toyota Kijang Innova 2020

Untuk mendapatkan rasa aman selama berkendara, New Kijang Innova sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang canggih, seperti kamera belakang, Vehicle Stability Control (VSC) serta Hill Start Assist (HSA).

Dengan segala perubahan dan peningkatan fitur yang ditawarkan, Kijang Innova mendapatkan harga yang lebih tinggi dibandingkan edisi sebelumnya. Bahkan ada 12 pilihan varian dan tipe yang diperkenalkan pada versi facelift ini, mulai dari Kijang Innova tipe G, G Luxury, V, dan V Luxury yang sudah dilengkapi rear seat entertainment.

rear seat entertainment

Harga Toyota Kijang Innova 2020 untuk varian entry level dimulai pada Rp337 jutaan bertransmisi manual dan berbahan bakar bensin. Sedangkan Toyota Kijang Innova tipe G Luxury dibanderol dengan harga mulai dari Rp343 jutaan.

Innova bermesin diesel mulai dari Rp386 jutaan dengan tenaga yang lebih tinggi dibandingkan model bensin. Harga Toyota Kijang Innova 2020 tertinggi disematkan pada model 2.4 V Diesel bertransmisi otomatis dengan harga Rp440 jutaan.

Toyota Kijang Innova Venturer

Edisi Kijang satu ini memang masih satu keluarga dengan tampilan yang tak terlalu berbeda dibandingkan edisi lainnya. Namun beberapa fitur dan aksen baru pada mobil ini menghadirkan kesan mewah dan elegan.

Toyota Kijang Innova Venturer

Toyota Kijang Innova Venturer Eksterior dan interior

Sebagaimana terlihat pada laman resmi Toyota Indonesia, Innova Venturer mendapatkan grille depan yang khas dengan paket spoiler bumper yang baru. Menghadirkan kesan tangguh dan elegan dalam desain grille depan berbentuk trapesium dengan detail dark chrome.

velg Toyota Kijang Innova Venturer

Sama seperti Innova tipe V, Venturer juga mendapatkan Illuminating LED Fog Lamp guna meningkatkan visibilitas berkendara di malam hari. Di samping ada velg alloy 17 inci two tone, memadukan tampilan chrome dan hitam dalam tampilan yang garang.

bagian belakang Toyota Kijang Innova Venturer

Beralih ke belakang, tampilan yang sangar terlihat dari spoiler belakang yang sudah dilengkapi high mount stop lamp serta wiper pada kaca belakang. Toyota menyebutkan Innova Venturer menghadirkan tampilan yang aerodinamis untuk mobilitas yang lebih baik.

Kesan elegan turut dipasang pada bagian dalam kabin dengan material soft touch dan panel kayu yang dibuat lebih gelap. Dashboard menawarkan pengaturan ergonomis dengan tata letak tombol yang mudah dijangkau. Tak banyak berbeda dibandingkan model lainnya.

kursi Toyota Kijang Innova Venturer

Kursi yang digunakan berlapis kulit dan sudah dilengkapi dengan captain seat untuk memberikan kenyamanan kelas VIP. Ada fitur electric seat 8 arah yang akan memudahkan pengemudi mendapatkan posisi berkendara terbaik.

Bagi penumpang yang ingin mendapatkan hiburan selama berkendara, ada rear seat entertainment yang bisa digunakan untuk memutar video. Ada arm rest untuk penyangga tangan serta meja di depan bangku baris kedua yang mampu menahan beban seberat 10 kilogram.

layar belakang Toyota Kijang Innova Venturer

Pengaturan bagasi tetap sama baiknya dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova 2020. Innova Venturer memiliki baris ketiga dengan pelipatan 50:50 untuk memberikan bagasi yang lebih lega di dalam kabin.

Toyota Kijang Innova Venturer Mesin

Dilihat dari sektor dapur pacu, tidak ada yang berubah dari model Kijang Innova 2020. Yang pertama yaitu mesin bensin 1TR-FE 4-silinder DOHC dengan Dual VVT-i yang mampu mengantarkan daya hingga 139 PS serta torsi maksimal 183 Nm.

mesin Toyota Kijang Innova Venturer

Yang lainnya yaitu model bermesin diesel 2GD-FTV 4-silinder DOHC dengan VNT Intercooler dalam daya maksimum 149 PS dipadukan dengan torsi maksimal 360 Nm. Keduanya sama-sama menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan ECT.

Toyota Kijang Innova Venturer Fitur

Dengan kelengkapan teknologi yang diberikan, memang pantas menasbihkan Kijang Innova Venturer sebagai model paling mewah dari keluarga Kijang. Pasalnya beberapa fitur hanya ditemukan pada model paling mahal dari Toyota Kijang Innova ini.

head unit Toyota Kijang Innova Venturer

Selain head unit 9 inci dengan konektivitas Bluetooth dan mirroring, Innova Venturer terbaru juga mendapatkan salah satu fitur unggulan lainnya, yaitu Near-field Communication (NFC). Fitur yang juga ditemukan pada Toyota Corolla Cross yang baru.

Fitur ini merupakan teknologi baru yang bisa menghubungkan dua alat elektronik dalam jarak kurang dari 4 cm. Dengan fitur ini, pengguna Innova Venturer bisa membaca berapa uang yang tersisa pada kartu e-money hanya dengan menempelkannya pada head unit.

sistem layar Toyota Kijang Innova Venturer

Fitur keselamatan juga hampir sama dengan Toyota Innova tipe tertinggi. Seperti Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, dan sistem pengereman ABS+EBD+BA. Termasuk 7 airbag yang tersebar untuk baris pertama, lutut, serta sisi samping penumpang.

Dari segi harga, ada beberapa perbedaan yang didapatkan. Pasalnya hanya ada dua tipe yang dipasarkan oleh Toyota saat ini. harga Toyota Kijang Innova Venturer berbahan bakar bensin dipasarkan mulai dari Rp435 jutaan. Sedang harga Toyota Kijang Innova Venturer 2020 edisi diesel mulai dari Rp474 jutaan.

Toyota Kijang Innova TRD Sportivo

Bagi yang belum mengetahui, ternyata Kijang Innova juga mendapatkan model TRD Sportivo yang lebih sporty dibandingkan edisi standarnya. Peluncuran model limited edition ini dilakukan pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 pada Agustus 2020 lalu.

Toyota Kijang Innova TRD Sportivo

Nama TRD Sportivo merupakan model yang memberikan tampilan yang lebih sporty pada varian Toyota yang dipasarkan. Pertama kali muncul pada tahun 2008 dalam bentuk Toyota Yaris TRD Sportivo, hingga akhirnya 10 model lainnya mengikuti, termasuk Kijang Innova.

Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Eksterior dan Interior

Mengingat Innova TRD Sportivo diperkenalkan pertama kali pada bulan Agustus, tampilannya masih menggunakan desain generasi terakhir sebelum facelift. Namun ada beberapa penambahan aero kit pada mobil ini memberikan kesan sporty yang lebih maskulin.

Toyota Kijang Innova TRD Sportivo bagian depan

Perubahan pertama yang diberikan pada edisi sporty dari Kijang Innova TRD Sportivo ini adalah bumper depan dengan sentuhan spoiler baru untuk pemanis. Ada pula akses ventilasi udara pada sisi samping lip spoiler.

velg Toyota Kijang Innova TRD Sportivo

Beralih ke sisi samping, sebenarnya tak ada perbedaan yang mencolok pada tampilan yang diberikan selain emblem TRD Sportivo pada bagian bawah pintu samping. Hanya saja versi ini masih menggunakan velg 17 inci Black Painted Alloy Wheel yang terlihat maskulin dan gagah.

Bagian belakang juga menawarkan tampilan senada dengan edisi Kijang Innova standar, dengan spoiler belakang dan bumper berwarna hitam. Sebagai pembeda, ada label ‘TRD Sportivo’ yang terpasang pada bagian belakang.

dashboard Toyota Kijang Innova TRD Sportivo

Masuk ke dalam kabin, ada 3 warna kontras yang menyambut pengemudi dan penumpang. Mulai dari kelir hitam, silver, serta motif panel kayu yang dulu digunakan pada dashboard dan door trim.

head unit Toyota Kijang Innova TRD Sportivo

Bagasi yang luas masih tetap menjadi keunggulan tersendiri bagi Innova. Kursi baris ketiga mendapatkan pengaturan 50:50 dengan pelipatan ke samping untuk mempermudah kepraktisan membawa barang di ruang belakang.

Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Mesin

Walaupun Innova TRD Sportivo menawarkan tampilan yang sporty, hanya saja tak ada perubahan pada sistem dan tenaga mesin yang ditawarkan. Pasalnya hanya ada satu pilihan mesin yang digunakan pada edisi terbatas ini.

mesin Toyota Kijang Innova TRD Sportivo

Mengusung mesin diesel 4-silinder 2.4L dengan kode 2GD-FTV yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 149 PS dan torsi puncak 360 Nm. Namun ada tiga mode berkendara yang diberikan, yaitu Normal, ECO, dan Power.

Tenaga disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan dan transmisi manual 5-percepatan serta sistem suspensi yang nyaman untuk berkendara di jalanan perkotaan.

Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Fitur

Perbedaan paling mencolok pada edisi terbatas dengan model standarnya yaitu fitur yang ditawarkan. Meski teknologi yang digunakan tak terlalu jauh berbeda dibandingkan model tipe V.

Rasa berkendara semakin menyenangkan dengan kehadiran 4 buah speaker dan 2 tweeter di dalam kabin. Layaknya model Innova tipe V dan Q, Innova TRD Sportivo mendapatkan rear seat infotainment yang bisa memutar video.

Air Purifier Toyota Kijang Innova TRD Sportivo

Ada pula AC Dual blower dengan pembersih udara atau Integrated Air Purifier (Car Ionizer) untuk membersihkan udara di dalam kabin. Fitur ini mengontrol kualitas udara intelijen yang terintegrasi pada register A/C dan mampu bekerja secara otomatis maupun manual.

Ada berbagai fitur keselamatan yang diberikan, seperti sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist, serta Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist.

airbag Toyota Kijang Innova TRD Sportivo

Sedangkan dalam hal harga, edisi khusus ini tak mendapatkan perbedaan yang signifikan. Harga Toyota Kijang Innova TRD Sportivo dimulai dari Rp359 jutaan untuk varian G bertransmisi manual. Sedang edisi terbatas Innova ini dihargai Rp431 jutaan sebagai varian tertinggi tipe G bertransmisi otomatis.

Kesimpulan

Salah satu MPV legendaris Tanah Air hadir dengan berbagai pilihan. Selain model standar, ada Toyota Kijang Innova Venturer dengan tampilan yang lebih elegan serta fitur yang lebih lengkap dengan Toyota Kijang Innova TRD Sportivo membawa tampilan sporty untuk keluarga. Tak ada perbedaan dalam hal pengendaraan, serta harga yang ditawarkan pun tak jauh berbeda.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil