Tak Banyak Yang Tahu, Ini Keunggulan Fitur Suzuki Baleno 2021

Anissa · 12 Feb 2021 18:00

Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki Baleno? Mobil yang satu ini memang sudah cukup lama berkiprah di dunia otomotif Tanah Air. Suzuki Baleno sendiri diketahui pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995 silam dengan mengusung konfigurasi mobil sedan.

Di Indonesia sendiri, Suzuki Baleno dengan konfigurasi mobil sedan sudah tidak lagi diproduksi. Saat ini, Suzuki Baleno yang beredar di pasaran merupakan Suzuki Baleno 2021 generasi terbaru yang mengadopsi konfigurasi mobil hatchback.

Suzuki Baleno 2021 Hatchback ini memiliki desain baru yang lebih sporty dan elegan sehingga cukup populer di kalangan konsumen muda di Tanah Air. Modelnya sebagai mobil hatchback juga banyak diminati karena dianggap cocok untuk digunakan sebagai kendaraan harian di daerah perkotaan.

Saat ini, Suzuki Baleno 2021 Hatchback dipasarkan dalam dua varian berbeda, yakni Suzuki Baleno M/T dan Suzuki Baleno A/T. Mobil hatchback dengan konfigurasi 5 kursi ini dibanderol dengan harga yang cukup bersaing. Varian Suzuki Baleno M/T dipasarkan dengan harga Rp235 jutaan, sedangkan Suzuki Baleno A/T menjadi varian tertinggi dan dipasarkan dengan harga Rp247,5 jutaan.

Suzuki Baleno 2021 hatchback sebenarnya dihadirkan untuk menggantikan keberadaan Suzuki Swift yang sudah tidak lagi dipasarkan di Indonesia. Mobil ini hadir dengan menawarkan beragam keunggulan, dan salah satunya adalah fiturnya. Apa saja fitur yang dimiliki oleh Suzuki Baleno hatchback ini?

Sejarah Singkat Suzuki Baleno di Indonesia

Suzuki Baleno pada awalnya hadir di Indonesia dengan mengusung model mobil sedan. Mobil ini pertama kali hadir pada tahun 1995 dan langsung mendominasi sebagai mobil pilihan para konsumen muda ketika itu.

Suzuki Baleno sedan ini menawarkan mesin 4 silinder dengan kapasitas 1,6 liter. Bersaing dalam segmen yang sama dengan Honda Civic Ferio dan Toyota Corolla, Suzuki Baleno unggul dalam hal bahan bakar. Ketika itu, efisiensi bahan bakar yang dimiliki Suzuki Baleno sedan bisa dibilang cukup baik.

Pada tahun 2000, Suzuki Baleno mendapatkan facelift pertamanya. Facelift pertama Suzuki Baleno ini disebut dengan nama Suzuki Baleno Millenium. Tampilannya mengalami perubahan, sehingga desainnya terkesan lebih bulat. Head lamp alias lampu utama yang tadinya berbentuk kotak kini menjadi bulat. Selain itu, grille depannya juga lebih besar dan lebar.

Soal jantung mekanisnya, Suzuki Baleno Millenium ini justru mengandalkan mesin yang kubikasinya lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya. Jika sebelumnya mobil ini memiliki mesin berkapasitas 1,6 liter, maka pada versi facelift-nya ini mesinnya hanya memiliki kapasitas 1,5 liter.

Kendati demikian, keluaran tenaga yang dihasilkan mesin baru Suzuki Baleno Millenium ini justru lebih besar. Tenaga dan torsi yang dihasilkan adalah sebesar 103 PS dan 127 Nm, tetapi efisiensi bahan bakarnya masih cukup baik. Ketika itu, Suzuki Baleno Millenium ini bersaing dengan Honda City Type Z dan Toyota Soluna.

Kemudian pada tahun 2003, Suzuki kembali menghadirkan generasi terbaru dari Suzuki Baleno. Generasi terbaru ini disebut dengan nama Suzuki Baleno Next-G. Berbeda dengan generasi sebelumnya, Suzuki Baleno Next-G ini menggunakan sasis dari Suzuki Aerio.

Ketika itu, mobil-mobil MPV memang cukup populer, sehingga untuk tetap menarik perhatian pasar, Suzuki juga berusaha mengadopsi nuansa MPV pada mobil sedannya ini. Model sedan dengan nuansa MPV inilah yang kemudian menjadi calon-calon hatchback atau city car di masa depan.

Suzuki Baleno kembali mengalami perubahan pada tahun 2007. Suzuki Baleno Next-G kini bertransformasi menjadi model mobil crossover SUV yang kita kenal dengan nama Suzuki SX4. Mobil ini memiliki basis yang sama dengan Suzuki Swift, tetapi desainnya lebih gagah dan ground clearance-nya pun lebih tinggi.

Barulah pada tahun 2008, Suzuki kembali melahirkan model mobil Baleno dengan nama Suzuki Neo Baleno. Sayangnya mobil ini kurang sukses dan hanya bertahan selama dua tahun. Pada tahun 2010, Suzuki memutuskan untuk menghentikan penjualan Suzuki Neo Baleno.

Sejak diberhentikan pada tahun 2010, nama Suzuki Baleno memang seakan hilang dari jagat otomotif Indonesia. Hingga akhirnya pada tahun 2017, Suzuki Baleno kembali diperkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Suzuki Baleno yang diperkenalkan dalam ajang tersebut sudah berubah menjadi model mobil hatchback. Model Suzuki Baleno hatchback ini sendiri sebenarnya sudah pernah diperkenalkan dengan nama iK-2 sebagai mobil konsep dalam ajang Geneva Motor Show 2015.

Kehadiran Suzuki Baleno Hatchback di tahun 2017 ternyata menjadi sebuah gebrakan tersendiri dari Suzuki. Mobil ini hadir sebagai salah satu model terpopuler dalam segmen city car di Indonesia. Desain yang sporty dan banderol harga yang relatif lebih murah dibandingkan para pesaing dalam segmen yang sama membuat Suzuki Baleno Hatchback ini diminati banyak konsumen di Tanah Air.

Suzuki Baleno Hatchback generasi terbaru ini hadir dengan mesin 4 silinder berkode K14B. Mesin ini memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan pendahulunya, yakni hanya 1.373 cc atau sekitar 1,4 Liter.

Mesin ini dipadukan dengan dua pilihan transmisi, yakni transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Karena kubikasinya menurun, mesin Suzuki Baleno Hatchback ini hanya bisa menghasilkan tenaga sebesar 92 PS pada putaran mesin 6.000 rpm, serta torsi sebesar 130 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Fitur Suzuki Baleno 2021

Sekarang mari kita bicara soal fitur apa saja yang ditawarkan oleh Suzuki Baleno 2021. Sebagai fitur hiburannya, Suzuki Baleno mengandalkan head unit touch screen dengan AM/FM Radio, MP3, yang juga dilengkapi fitur konektivitas seperti USB Port dan Bluetooth Connection.

Kemudian, untuk menunjang kenyamanan penumpangnya, Suzuki Baleno 2021 ini juga memiliki beberapa fitur kenyamanan. AC-nya sudah menggunakan Auto Climate AC with heater. Sementara itu, setirnya sendiri sudah dilengkapi dengan berbagai tombol multifungsi yang bisa digunakan untuk melakukan pengaturan audio yang terdapat pada head unit. Kemudian, setirnya ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Power Steering yang mempermudah proses handling dan Tilt & Telescopic sehingga posisi setir bisa disesuaikan dengan postur tubuh pengemudi.

Suzuki Baleno 2021 Hatchback ini memiliki fitur keselamatan yang cukup baik. Untuk fitur keselamatan aktifnya, Suzuki Baleno Hatchback dibekali dengan fitur pengereman Anti lock Braking System dan Electronic Brake Distribution. Dan untuk mempermudah pengemudi memarkir kendaraan, mobil ini juga dilengkapi dengan sensor parkir dan rearview camera.

Bukan hanya fitur keselamatan aktif, tetapi Suzuki Baleno 2021 hatchback ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan pasif yang cukup mumpuni. Mobil ini dilengkapi dengan sabuk pengaman dan Dual SRS Airbag. Selain itu, untuk menunjang keamanan penumpang anak-anak, mobil ini juga dilengkapi dengan Child Safety Locks dan pengaturan kursi ISOFIX. Dan sebagai fitur keamanan tambahannya, mobil ini dibekali dengan alarm system dan engine immobilizer.

Di tahun 2021 ini sendiri belum ada kabar mengenai pembaruan untuk Suzuki Baleno Hatchback ini dari pihak Suzuki. Tetapi melihat banyaknya mobil-mobil yang mendapatkan pembaruan di tahun 2021 ini, bukan tidak mungkin Suzuki juga akan melakukan hal yang sama pada mobil-mobil pabrikannya.

Komentar