Tak Cuma di Indonesia, India Juga Stop Produksi Honda Jazz Mulai Tahun Depan

Dito · 28 Apr, 2022 13:05

Tak Cuma di Indonesia, India Juga Stop Produksi Honda Jazz Mulai Tahun Depan 01

  • India mengumumkan tak lagi menjual Honda Jazz.
  • Honda Jazz juga sudah discontinue di Indonesia sejak 2021.
  • Malaysia juga tak lagi menjual Honda Jazz digantikan City Hatchback.

Akhir tahun lalu PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi mengumumkan Honda Jazz tidak lagi diproduksi di Indonesia. Tahun ini, giliran India yang memastikan Honda Jazz stop produksi pada tahun depan.

Penjualan hatchback di seluruh dunia terus mengalami penurunan. Hal ini membuat beberapa pabrikan menghentikan produksi di beberapa negara. Meskipun ada pengganti seperti Honda City hatchback yang menjadi penerus Jazz.

Baca juga : Setelah Indonesia Akhirnya Karir Honda Jazz Juga Tamat di Malaysia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Tak Cuma di Indonesia, India Juga Stop Produksi Honda Jazz Mulai Tahun Depan 01

Honda Jazz sempat merajai pasar hatchback di India

Tidak hanya Honda Jazz, Nissan India juga secara resmi menghentikan penjualan merek Datsun. Belum lagi Volkswagen (VW) yang menarik penjualan Polo dari India.

Penjualan Menurun Drastis, Jauh Tertinggal dari Pesaing

Belum lama ini laporan dari Economic Times memastikan bahwa Honda Jazz akan stop produksi pada tahun depan. Di India, Honda Jazz mendapat persaingan ketat dari Maruti (Suzuki) Baleno, Hyundai i20, Toyota Glanza dan Tata Altroz.

Tak Cuma di Indonesia, India Juga Stop Produksi Honda Jazz Mulai Tahun Depan 02

Penjualan Honda Jazz di India

Dalam setahun terakhir, Honda Jazz hanya terjual rata-rata 493 unit per-bulan. Berbeda jauh dengan Suzuki Baleno yang mampu menjual 15.000 unit per-bulan. Sedangkan Hyundai i20 dan Tata Altroz, masing-masing sekitar 5.000 per-bulan.

Di India, Honda Jazz ditawarkan dalam tiga varian. Ada varian V, VX dan ZX yang dibanderol mulai dari Rp 150 jutaan hingga Rp 207 jutaan.

Baca juga : Meski Sudah Discontinue Honda Jazz Masih Bisa Dipesan?

Performa Khas Mobil Perkotaan

Tak Cuma di Indonesia, India Juga Stop Produksi Honda Jazz Mulai Tahun Depan 03

Disukai karena cocok untuk perkotaan

Mesin yang digunakan Honda Jazz di India memang mempunyai performa yang cukup. Berkapasitas 1.200 cc dengan tenaga maksimum 89 PS dan torsi puncak 110 Nm.

Performa yang cukup untuk perkotaan tersebut disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan atau CVT. Padahal fitur yang disajikan cukup mewah.

Baca juga : 20 Tahun Honda Jazz di Indonesia, Ini Deretan Keunggulan Tiap Generasinya

Tak Cuma di Indonesia, India Juga Stop Produksi Honda Jazz Mulai Tahun Depan 04

Interior Honda Jazz

Layar sentuh sebesar 7 inci sebagai head unit memanjakan pengemudi dan penumpang. Terlebih sudah ada koneksi Android Auto dan Apple Car Plat.

Sedangkan fitur lainnya tidak kalah menarik. Ada lampu depan dan kabut LED, auto climate control, sunroof, cruise control, hingga paddle shift pada varian transmisi otomatis. Fitur keselamatan standar juga disematkan. Ada dual airbag depan, sensor parkir belakang, dan ABS dengan EBD.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Komentar

Mobil Terbaru