window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tak Hanya Pada Tampilan, Ini Perbedaan Toyota Kijang Innova V dengan Venturer

Enda · 27 Okt, 2022 15:30

Toyota Kijang Innova

Generasi kedua Toyota Kijang Innova akan segera digantikan dengan model anyarnya, yang bakal diluncurkan sebentar lagi. Mengisi segmen Medium MPV, Toyota Kijang Innova V yang merupakan varian paling atasnya ini terlihat lebih prestisius dan nyaman digunakan dibandingkan dengan tipe dibawahnya berkat fitur yang berhasil disematkan.

Mengetahui harga baru tipe teratas Toyota Kijang Innova, per Oktober 2022, mobil ini dijual mulai dari Rp422,9 juta hingga Rp471,9 juta OTR Jakarta. Bicara Toyota Venturer, sebagai Medium MPV premium Toyota mobil ini dijual Rp494,4 juta sampai dengan Rp527,2 juta OTR Jakarta. Memiliki selisih harga baru hingga Rp71,5 juta, ketahui perbedaan dari keduanya.

Baca juga: Harga Toyota Kijang Innova Diesel V AT Lebih Mahal Rp53,9 Juta dari G AT, Seberapa Banyak Perbedaan Fitur Keduanya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mendapat Body Kit dan Velg Lebih Besar, Toyota Venturer Terkesan Lebih Sporty

Toyota Kijang Innova

Toyota Venturer

Menduduki kasta di atas Toyota Kijang Innova, Venturer tampil lebih sporty dan juga mewah. Bumpernya mobil ini mendapatkan body kit dengan tampilan add on serta side skirt dengan kelir hitam yang menyambung dengan over fender.

Terlihat gagah, pintunya dilengkapi dengan body cladding yang sekaligus berfungsi melindungi bagian terluar pintu. Pada buritannya, Venturer pun tersematkan body kit di bumper serta aksen krom pada garnishnya.

Sebagai informasi, untuk sistem pencahayaan baik Toyota Kijang Innova V maupun Venturer sama-sama menggunakan sharp LED projector, LED foglamp dan DRL LED. Mengenai lingkar rodanya, Innova V diaplikasikan velg 16 inci dual-tone model kipas, sedangkan Venturer mengandalkan velg 17 inci dual-tone berpenampilan palang enam.

Toyota Venturer Dibekali Jok Captain Seat dengan Aksen Premium

Toyota Kijang Innova

Baris keuda Toyota Venturer model captain seat

Toyota Kijang Innova V didominasi dengan warna coklat tua dan hitam untuk nuansa interiornya. Berbeda dengan Venturer, kabinnya mobil ini didominasi menggunakan warna hitam dan untuk joknya sudah dibungkus dengan material kulit premium.

Mengenai tampilan dashboard, keduanya terlihat sama dengan tambahan aksen wood panel di tengah. Pada center clusternya, Kijang Innova V dan Venturer sama-sama disematkan head unit layar sentuh 9 inci dengan konektivitas radio, USB, bluetooth, mirroring, miracast, dan smartphone connection.

Guna memberikan kenyamanan hingga baris paling belakang, sistem hiburannya tersebut terhubung langsung dengan tombol pada setir serta monitor RSE yang diletakan tepat di belakang console tengahnya. Selain itu setir daripada keduanya mendapatkan tambahan tombol pengaturan yang terhubung langsung dengan panel instrumentnya. Terasa lebih ergonomis, Toyota Venturer berhasil dilengkapi dengan tombol start/stop engine serta pengaturan jok elektrik.

Baca juga: Waduh, Kijang Innova Zenix Hybrid 2023 Sudah Ngintip di Website Toyota

Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova Toyota Kijang Innova dan Venturer dilengkapi illumination light ambiance

Melihat baris tengah, keduanya mendapatkan premium illumination light ambiance pada plafonnya yang dapat memberikan kesan nyaman serta menyuguhkan nuansa prestisius. Tak hanya itu, baik Toyota Kijang Innova V maupun Venturer sudah disematkan table tray yang bisa digunakan untuk menaruh makanan maupun minuman.

Sebagai informasi, untuk sistem hiburannya Toyota Venturer sudah dilengkapi NFC yang bisa digunakan untuk mengecek saldo uang pada kartu elektronik. Selain itu juga mendapatkan jok model captain seat di baris keduanya dengan busa tebal serta arm rest, dan pembersih udara terintegrasi, Integrated Air Purifier (Car Ionizer) untuk selalu menghasilkan udara bersih di dalam kabin.

Air purifier yang dipakai dapat bekerja secara otomatis sehingga akan langsung bekerja ketika indikator menunjukkan terjadinya penurunan kualitas udara dalam kabin. Healthy feature ini dirasa dapat memberikan kenyamanan lebih bagi anggota keluarga yang sedang melakukan perjalanan.

Meski memiliki perbedaan fitur yang cukup signifikan, keduanya berhasil mendapatkan mode berkendara yang meliputi Eco Mode dan Power Mode yang mana bisa dipilih salah satunya untuk menyesuaikan mood berkendara dan kondisi jalan. Tak hanya itu, keduanya juga memiliki persamaan fitur seperti pengaturan AC digital dengan climate control, serta adanya tambahan defogger di kaca belakang.

Fitur Keselamatan Toyota Kijang Innova V kalah Lengkap

Toyota Kijang Innova

Jumlah kantung udara Toyota Venturer lebih banyak

Baik Toyota Kijang Innova V dan Venturer untuk fitur keselamatannya telah dibekali dengan convenient rear camera, sofix with Tether Anchor, Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal, Hill Start Assist (HSA) serta sistem pengereman ABS dan EBD, serta immobilizer dan alarm system untuk sistem kemanannya.

Untuk jumlah kantung udara, Toyota Venturer mendapatkan D+P, D-knee, side dan Curtain Shield Airbags, sedangkan Toyota Kijang Innova V hanya 3 (D+P, D-knee).

Mesin dan Transmisi Keduanya Sama

Toyota Kijang Innova

Mesin bensin 2.0L dan diesel 2.4L

Sama seperti Toyota Kijang Innova V, Venturer turut dihadirkan dua pilihan mesin yang cukup bertenaga, yaitu 2.0L bensin serta 2.4L diesel turbocharger.

Secara data, mesin bensin 2.0L berkodekan 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i 1.998 cc ini mampu merilis tenaga 139 PS di 5.600 rpm dengan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm.

Sedangkan mesin 2.4L diesel turbocharger bertipekan 2GD-FTV 4-silinder, 4-silinder, 16 valve DOHC with VNT Intercooler 2.393 cc yang digunakan dapat menghasilkan tenaga sebesar 149 PS pada putaran 3.400 rpm dan torsinya maksimal 359 Nm di angka1.200-2.600 rpm.

Baik mesin bensin dan dieselnya dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic serta manual 5-percepatan.

Baca juga: Harga Baru Hampir Setengah Miliar Rupiah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Venturer

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil