Tak Kalah dengan Dubai, Polisi Jepang Juga Pakai Supercar; Mulai Nissan GTR Sampai Honda NSX

Prasetyo · 17 Mei, 2021 17:00

Tak Kalah dengan Dubai, Polisi Jepang Juga Pakai Supercar; Mulai Nissan GTR Sampai Honda NSX 01

Mungkin selama ini kamu hanya mengetahui kalau Kepolisian Dubai di Uni Emirat Arab saja yang membekali polisinya dengan supercar. Namun jangan salah, mobil polisi Jepang rupanya juga menggunakan kendaraan-kendaraan super. Sebagai salah satu negara dengan peradaban otomotif yang maju, tentu saja Kepolisian Jepang memakai produk domestik buatan brand dalam negeri mereka. 

Hal yang selama ini mungkin Anda hanya tahu kalau kepolisian di Negeri Sakura cuma menggunakan Toyota Crown atau Toyota Prius, maka sebenarnya kendaraan mereka jauh lebih perkasa dari itu.

Untuk dinasan tertentu, sejumlah armada polisi telah menggunakan beberapa mobil yang jauh lebih kuat dari pada Prius. Misalnya yang dilakukan oleh jajaran aparat Tochigi Prefectural. Mobil polisi Jepang ini menggunakan Lexus LC 500, Honda NSX, dan juga Nissan GT-R.

Baca juga : Makin Ngeri, Mesin 3 Silinder di Nissan X-Trail 2021 T33 Tenaganya Tembus 200an PS

Hasil Donasi Produsen Otomotif

Mobil Polisi Jepang Lexus LC

Lexus LC 500

Dikutip dari Wapcar Malaysia, mobil polisi Jepang yang digunakan Kepolisan Tochigi merupakan hasil donasi dari sejumlah produsen otomotif di negara itu. Misalnya Honda yang menyumbangkan Honda NSX NA1 tahun 1992.

Kemudian di tahun 2018, Nissan juga pernah mendonasikan unit Nissan GT-R R35 kepada pihak kepilisan tersebut. Lantas di tahun 2020, Kepolisian Tochigi mendapat lagi hibah Lexus LC 500. Kepolisian ini juga diketahui memiliki unit armada berupa Subaru WRX STI.

Baca juga : Lexus UX 300e, Mobil Listrik Pertama Toyota di Indonesia

Mobil Polisi Itu Dipamerkan Dalam Acara Tahunan

Mobil Polisi Nissan GT-R R35

Nissan GT-R

Untuk lebih mendekatkan hubungan antara pihak polisi dengan masyarakat, Tochigi Prefecture Police kerap mengadakan pameran. Acara tahunan yang diadakan di Twin Ring Motegi, Jepang, itu selalu menampilkan ragam mobil polisi yang digunakan satuan tersebut.

Acara ini diyakini bisa menjalin hubungan yang semakin dekat antara polisi dengan masyarakat umum. Selain itu juga pameran seperti ini ingin menegaskan jika polisi adalah sahabat masyarakat.

Mobil Polisi Subaru WRX STi

Subaru WRX STI

Bila ditelisik lebih jauh, mobil-mobil sport yang dipakai di kepolisian ini bukan untuk tugas sehari-hari. Keberdaannya hanya demi kepentingan pendekatan dan pengetahuan ke maysarakat.

Tochigi Adalah Wilayah Penting di Jepang

Kepolisian Tochigi mendapat banyak hibah armada dari para produsen otomotif ternyata bukan tanpa alasan. Karena wilayah Tochigi merupakan pusat aktifitas dari sejumlah produsen otomotif.

Mobil Polisi Honda NSX

Honda NSX

Misalnya Nissan yang memiliki fasilitas produksi di sana. Kemudian Honda juga punya pusat fasilitas penelitan dan pengembangan (R&D) di wilayah tersebut. Kemudian Tochigi juga jadi tempat favorit para pembalap jalanan untuk kebut-kebutan di jalan raya.

Baca juga : Penyegaran Honda Civic Type R 2021 Dengan Komponen Baru, Plus Aksesoris Mugen

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Xpander GLX M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru