window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tak Perlu Bingung Saat Ingin Membeli Mobil Idaman, Ini Tips Meminang Mobil Sesuai Kebutuhan!

Enda · 7 Mar, 2021 09:00

Tak Perlu Bingung Saat Ingin Membeli Mobil Idaman, Ini Tips Meminang Mobil Sesuai Kebutuhan! 01

Membeli Mobil Baru

Ketika akan membeli mobil idaman, tentunya akan ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Hal ini wajib dilakukan tentunya untuk menyesuaikan kebutuhan dan keinginan saat ini. Bagi para pemula, butuh tips yang tepat saat akan membeli mobil yang tepat. 

Seringkali perasaan bingung datang dan melanda hati calon konsumen ketika ingin membeli mobil idaman, karena dihadapkan oleh banyaknya model dari beberapa brand otomotif ternama. Belum lagi ditambah ucapan manis tenaga penjual mengenai keunggulan dari produk yang dijual.

Saat perasaan itu datang, kami punya sedikit tips untuk memilih mobil yang bisa kalian lakukan sebelum membeli mobil baru.

Baca juga: Mobil Diesel Kuat Trobos Banjir

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tips Membeli Mobil: Cari Jenis Mobil yang Dibutuhkan

Tak Perlu Bingung Saat Ingin Membeli Mobil Idaman, Ini Tips Meminang Mobil Sesuai Kebutuhan! 01

Hal pertama yang sangat penting untuk dilakukan adalah memilih model mobil yang kalian butuhkan. Dalam tips kali ini, kami menyarankan agar kalian pilih Jenis dan model mobil sesuai dengan kebutuhan. Misalkan mobil yang cocok untuk keluarga, maka mobil seperti MPV dengan karakter kabin yang luas, bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Jika kalian ingin memiliki mobil yang lincah untuk bermanuver di dalam kota, maka mini or city car sangat cocok untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Terlebih lagi, jika kalian gemar bertualang, kalian dapat memilih mobil jenis SUV yang dapat melahap berbagai medan berkontur dengan mudah.

Tips Membeli Mobil: Tentukan Dana yang Dipersiapkan Untuk Membeli Mobil Baru

Tak Perlu Bingung Saat Ingin Membeli Mobil Idaman, Ini Tips Meminang Mobil Sesuai Kebutuhan! 02

Membeli mobil sesuai kemampuan finansial menjadi hal terpenting lainnya. Jika kalian ingin menjual mobil sebelumnya, maka carilah pembeli yang menawar kendaraan dengan harga terbaik.

Dengan begini, kalian bisa mendapatkan modal yang cukup untuk membeli kendaraan baru. Oleh sebab itu, sebelum menentukan jenis mobil, tentukan dulu berapa anggaran yang kalian miliki dan target anggaran untuk membeli kendaraan baru.

Tuliskan Model Mobil yang Sedang Menjadi Incaran

Tak Perlu Bingung Saat Ingin Membeli Mobil Idaman, Ini Tips Meminang Mobil Sesuai Kebutuhan! 03

Ketika sudah mengambil keputusan mengenai segmen mobil apa yang dipilih, kalian bisa membuat daftar checklist dari beberapa merek dan model. Pada daftar checklist, kalian harus melakukan pertimbangan dengan melihat karakteristik kendaraan.

Cari tahu spesifikasi dasar mobil seperti akselerasi, kemudi, handling, pengereman, warna eksterior yang diinginkan, kenyamanan di dalam kabin (seperti kursi, akses keluar masuk, dan ruang bagasi), jarak pandang, teknologi serta fitur yang tersedia.

Baca juga: Hal yang Menyebabkan Mesin Mobil Pincang

Kunjungi Diler Mobil Terdekat

Tak Perlu Bingung Saat Ingin Membeli Mobil Idaman, Ini Tips Meminang Mobil Sesuai Kebutuhan! 04

Setiap dealer memiliki mekanisme diskon yang berbeda. Setelah menentukan mobil yang akan dibeli, mintalah tambahan bonus terbaik dari pihak diler seperti gratis aksesoris mobil, gratis kaca film, dan lainnya.

Tidak hanya itu, kalian juga harus mencari informasi secara mendetail mengenai mobil yang ingin dibeli melalui tenaga penjual. Tidak masalah kalau kita harus mendatangi beberapa diler berbeda demi mendapat potongan harga maupun bonus yang paling menguntungkan. 

Diler yang mengutamakan kepuasan pelanggan, akan memberikan layanan penjualan terbaik. 

Lakukan Test Drive

Tak Perlu Bingung Saat Ingin Membeli Mobil Idaman, Ini Tips Meminang Mobil Sesuai Kebutuhan! 05

Mobil merupakan barang konsumsi yang akan dipergunakan dalam jangka panjang. Itu sebabnya, ketika memilih mobil usahakan untuk melakukan test drive agar kalian benar-benar mendapatkan informasi dan kesan sedetil mungkin.

Rasakan sensasi berkendara demi mendapat pengalaman yang menyeluruh sebelum menentukan pilihan. Jika kalian sudah berkeluarga, ajak juga pasangan dan anak untuk ikut memberikan pendapat. Dengar demikian, mobil yang kita beli ini bisa sangat bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga. 

Perhatikan Soal Layanan Aftersales Kendaraan

 

 

Tak Perlu Bingung Saat Ingin Membeli Mobil Idaman, Ini Tips Meminang Mobil Sesuai Kebutuhan! 06

Merawat mobil merupakan hal yang paling utama ketika kalian memiliki mobil impian. Selain untuk memperpanjang masa guna mobil, merawat mobil juga diperlukan untuk memastikan agar selalu nyaman ketika dikendarai.

Maka dari itu, tanyakan dalam setiap rentang berapa kilometer perawatan mobil berkala harus dilakukan. Jangan lupa cari tahu informasi apakah terdapat program perawatan gratis saat menentukan pilihan kendaraan.

Membeli Secara Tunai atau Kredit

Tak Perlu Bingung Saat Ingin Membeli Mobil Idaman, Ini Tips Meminang Mobil Sesuai Kebutuhan! 07

Pembelian mobil secara tunai selalu merupakan pilihan yang ideal karena biasanya kendaraan memiliki depresiasi (penyusutan) harga per tahun. Sedangkan jika membeli mobil dengan cara kredit akan ada biaya bunga. Namun, pembeli jadi merasa tidak terbebani karena biaya beli mobil bisa dicicil setiap bulan. 

Sebelum membayar booking fee, ada baiknya kalian bernegosiasi dengan pihak sales atau marketing yang melayani. Tujuannya agar kalian bisa memanfaatkan promo ataupun diskon menarik.

Jangan ragu untuk meminta promo ataupun diskon, karena pada dasarnya hal tersebut merupakan hak yang harus diberikan ke konsumen. Jika mobil yang diinginkan sudah, kalian bisa langsung membayar seluruh harga mobil tersebut di dealer resmi.

Dilain sisi apabila kalian memang harus membeli secara kredit, pastikan kalian punya dana awal minimal 25 persen sampai 30 persen dari harga mobil. Besarnya cicilan kredit mobil juga batasi hanya sebesar 30 persen dari gaji bulanan.

Baca juga: Berapa Penting Fitur Paddle Shift Pada Mobil Matik

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil