Tak Sampai Rp100 Juta, Ini Deretan SUV Jepang Keluaran 2000-an yang Mesinnya Irit

Yongki Sanjaya · 30 Sep, 2021 13:00

Tak Sampai Rp100 Juta, Ini Deretan SUV Jepang Keluaran 2000-an yang Mesinnya Irit 01

Seiring kebutuhan akan kendaraan, masyarakat kini semakin banyak yang mencari mobil bekas. Alasannya tak lain karena harga yang terjangkau dan menyesuaikan dengan kebutuhan lainnya. Dengan uang tak sampai Rp100 juta, kita bisa memiliki SUV merek Jepang yang bandel dan irit.

Untuk range harga tersebut, sebenarnya sangat banyak pilihan yang tersedia, entah itu SUV monokok dengan FWD atau RWD, bahkan ada yang 4X4. Kita tinggal menyesuaikan jenis mesinnya, dengan memilih opsi di bawah 2.000 cc.

Baca juga:

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tanpa Embel-embel Limited, Ini Alasan Toyota Rush GR Sport Lebih Laris Daripada Veloz GR Limited

Lupakan Sejenak All New Honda BR-V, Ini Perbedaan Toyota Rush GR Sport dengan Daihatsu Terios IDS

Review Toyota Rush TRD Sportivo: Paling Laris Tak Berarti Paling Sempurna

Pilihan mobil dari jenis SUV dirasa cukup rasional dengan kondisi jalanan di Indonesia yang belum sepenuhnya mulus. SUV menjadi jenis mobil yang ideal untuk perjalanan di medan yang cukup berat. 

Lantas, apa saja mobil tangguh keluaran tahun 2000-an yang bisa kita 'mahar' dengan uang tak sampai Rp100 juta? Mari kita bahas satu persatu modelnya. 

Daihatsu Terios Gen 1

Tak Sampai Rp100 Juta, Ini Deretan SUV Jepang Keluaran 2000-an yang Mesinnya Irit 01

Daihatsu Terios generasi pertama menjadi salah satu daftar SUV irit dengan harga bekas di bawah Rp 100 juta. Daihatsu Terios pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada akhir tahun 2006. 

Kehadiran SUV ini merupakan hasil kolaborasi oleh Daihatsu dan Toyota yang juga memproduksi Toyota Rush. Bedanya, Terios hadir sebagai SUV dengan kapasitas 7 penumpang. Melihat range harga serta tipe yang ditawarkan, Terios saat itu dirancang sebagai SUV kelas entry level hingga menengah. 

Daihatsu Terios hadir dengan mesin 3SZ-VE 4 silinder dengan kapasitas 1.500 cc. Daihatsu Terios dapat berlari maksimal 109 hp dan torsi maksimum sebesar Nm. Terios dilengkapi dengan opsi transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis 4-percepatan.

Konsumsi bahan bakar dari Terios juga cukup efisien dan hemat karena teknologi yang dimilikinya yaitu Electronic Fuel Injection. Angka rata-rata konsumsi BBM untuk kondisi lalu lintas bervariasi yaitu 10,5 km/liter. Angka tersebut dianggap agak boros karena power to weight ratio yang kurang baik. 

Di pasaran mobil bekas, harga Daihatsu Terios generasi pertama mulai dari Rp77,5 juta sampai dengan Rp95 juta untuk keluaran 2008.

Toyota RAV4, SUV 4X4 Langka yang Tangguh dan Irit Asal Jepang

Tak Sampai Rp100 Juta, Ini Deretan SUV Jepang Keluaran 2000-an yang Mesinnya Irit 02

Sosok SUV fenomenal yang kini bisa kita beli dengan harga di bawah Rp100 juta yaitu Toyota Rav4. Secara dimensi, RAV4 mirip seperti Toyota Rush yaitu SUV 5-seater dan dibekali penggerak 4x4. Toyota RAV4 masuk ke Indonesia pada 2001, yaitu generasi kedua yang datang secara CBU dari Jepang. 

Sebagai mobil impor, spesifikasi yang diusung RAV4 ini tergolong modern pada masa itu. Mobil ini telah memakai transmisi otomatis, head unit 2DIN yang mendukung format radio dan CD player. Lalu tak kalah menarik ialah penggerak 4X4 yang membuat mobil ini perkasa melahap medan jalan tanah berbatu di pedesaan. 

Kapasitas mesinnya juga proporsional, yaitu 2.0 liter berkode 1AZ-FE yang bertenaga 148 hp dan memiliki torsi 192 Nm. Konsumsi bahan bakarnya tergolong standar, di kisaran 8-12 km/liter. Untuk harga pasaran Toyota RAV4 ini dijual dengan harga mulai dari Rp75 juta sampai Rp90 juta. 

Suzuki Katana 2000-2006, Generasi Terakhir yang Setia Tampil Jadul dan Iritnya Kebangetan

Tak Sampai Rp100 Juta, Ini Deretan SUV Jepang Keluaran 2000-an yang Mesinnya Irit 03

Mobil lainnya yang cukup ekonomis dengan harga di bawah Rp100 jutaan yaitu Suzuki Katana. Kalau budget kamu relatif minim tapi butuh mobil SUV yang bandel, maka Suzuki Katana bisa jadi pilihan ideal. 

Ini karena harga pasarannya cukup terjangkau, mulai dari Rp63 juta untuk keluaran 2003 hingga Rp95 juta untuk keluaran 2006 dengan penggerak 4x4. Sejak 1993, Katana hampir tidak pernah berganti model lagi sampai akhir produksi di tahun 2006. 

Untuk spesifikasi generasi terakhir Suzuki Katana ini juga tidak berubah sejak facelift pada 1993. Desain body cenderung mengkotak, dipadu lampu bulat yang khas jip era 90-an. ukuran bannya menggunakan 235/70 R15 memakai velg berwarna Silver.

Spesifikasi mesinnya masih sederhana, berkapasitas 1.0 liter dengan kode F10A. Dapur pacu tadi sanggup menghasilkan daya 50 ps dan torsi maksimum 73,5 Nm. Tidak besar tapi iritnya luar biasa, bisa mencapai 10-13 km/liter dengan kondisi medan pegunungan. 

Toyota Rush Gen 1, SUV Rp100 Jutaan Paling Laris

Tak Sampai Rp100 Juta, Ini Deretan SUV Jepang Keluaran 2000-an yang Mesinnya Irit 04

Toyota Rush menjadi salah satu SUV murah dengan harga mobil bekas di bawah Rp 100 juta. Toyota Rush pertama kali dipasarkan pada tahun 2006, bersama Daihatsu Terios.

Secara spesifikasi mesin dan dimensi sama persis dengan Daihatsu Terios. Bedanya, Toyota Rush ini berkonfigurasi 5-seater. Toyota Rush atau Daihatsu Terios diciptakan dengan mengambil rancang bangun dari pendahulunya yakni, Avanza.

Toyota Rush dibekali mesin dengan kapasitas 1.500cc 4 silinder, yang mampu memproduksi tenaga maksimum 109 hp dengan torsi 145 Nm. Toyota Rush juga dibekali dengan teknologi multipoint injection sehingga membuat irit bahan bakar. 

Toyota Rush dibekali transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan dengan penggerak roda belakang. Karena kapasitasnya yang 5 penumpang, membuat konsumsi bahan bakar Rush bisa sedikit lebih baik daripada Terios yaitu kisaran 11,3 km/liter. 

Bicara soal harga, Toyota Rush konde ini bisa kalian beli dengan harga mulai dari Rp76,5 juta untuk tipe S keluaran 2008 dan termahal di angka Rp98 juta untuk tipe S keluaran 2009.

 

 

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Rush 1.5 G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru