Tata Tiago EV Mobil Listrik Harga Terjangkau yang Lebih Murah dari Brio Satya

Indra Fathan · 30 Sep, 2022 10:04

Tata Tiago EV Mobil Listrik Harga Terjangkau yang Lebih Murah dari Brio Satya 01

  • Tata Tiago EV merupakan mobil listrik harga terjangkau dari India.
  • Harga Tata Tiago EV mulai Rp157 jutaan.
  • Baterainya diklaim sanggup melaju sejauh 315 km sekali cas.

Sebagai salah satu merek mobil asli India, Tata Motors makin menunjukkan keseriusannya dalam pengembangan mobil listrik. Apalagi salah satu mobil listriknya yaitu Tata Nexon EV mendapatkan sambutan luas oleh masyarakat India karena harga jualnya yang terjangkau.

Karena itu, Tata makin bersemangat menghadirkan kendaraan listrik di berbagai segmen mobil. Adalah Tata Tiago EV yang baru saja meluncur pada Rabu (28/09/2022). Tiago EV mengisi segmen city car bertenaga listrik yang sejauh ini belum ada kompetitor sepadan di Negeri Bollywood itu.

Tata Tiago EV Mobil Listrik Harga Terjangkau yang Lebih Murah dari Brio Satya 02

Tata Tiago EV tampak belakang

Tentu saja, seperti halnya mobil-mobil Tata yang berbanderol murah, harga Tata Tiago EV juga sangat terjangkau. Pabrikan menyediakan empat tipe pada Tiago EV yakni XE, XT, XZ+, dan XZ+ Tech Lux. Semuanya dipasarkan dari harga 8,49 lakh rupee hingga 11,79 lakh rupee atau setara dengan Rp157 jutaan - Rp218 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Tata Intra Meluncur di Indonesia, Lawan Baru Suzuki Carry dengan Mesin Diesel

Tampilannya Mirip Tata Tiago Bermesin Bensin

Sesuai namanya, Tiago EV menggunakan basis serupa dengan Tiago bermesin konvensional. Namun ada beberapa perbedaan detail yang mencirikan sebuah mobil listrik.

Tata Tiago EV Mobil Listrik Harga Terjangkau yang Lebih Murah dari Brio Satya 01

Bagian depannya pakai aksen biru

Seperti gril depan serba tertutup, ornamen kebiruan di bawah lampu depan dan gril, dan airdam yang dihiasi huruf Y. Desain velg berukuran 14 inci-nya juga dibuat berbeda khas mobil listrik yang lebih tertutup namun tetap stylish.

Dilansir dari Autocar India, Jumat (30/09/2022), Tiago EV tersedia dalam lima pilihan warna yaitu Teal Blue, Daytona Grey, Pristine White, Midnight Plum and Tropical Mist.

Tata Tiago EV Mobil Listrik Harga Terjangkau yang Lebih Murah dari Brio Satya 02

Tata Tiago EV interior

Ornamen berwarna biru juga tampak pada dasbor Tiago EV yang desainnya persis dengan versi standar. Untuk menambah aura mewah, Tiago EV juga dilengkapi dengan jok berlapis kulit berwarna terang beserta jahitan warna biru pula.

Tuas transmisi pada versi standar kemudian digantikan oleh rotary dial yang juga mencakup mode berkendara Sport. Karena keberadaan baterai berkapasitas 19,2 kWh dan 24 kWh memakan ruang bagasinya, maka ban serep pun digantikan dengan tire repair kit yang berguna saat kondisi darurat.

Baca juga: Duel Tata Ace EX2 Vs Daihatsu Hi-Max, Mana Pick Up Mungil yang Serba Bisa?

Spesifikasi Tata Tiago EV

Tata Tiago EV Mobil Listrik Harga Terjangkau yang Lebih Murah dari Brio Satya 03

Tiago EV memakai motor listrik bertenaga 61 hp dan torsi 110 Nm untuk tipe baterai berkapasitas 19,2 kWh, serta tenaga 74 hp dan torsi 114 Nm untuk baterai berkapasitas 24 kWh. Tata mengklaim jarak tempuh Tiago EV dalam sekali pengisian daya baterai mencapai 250-315 km.

Meski berbentuk kecil, namun akselerasi dalam kecepatan 0-60 km/jam tak perlu diragukan lagi karena diklaim hanya memakan waktu 5,7 detik untuk tipe baterai 19,2 kWh. Selain itu, Tiago EV juga mendukung fast charging dengan lama waktu pengisian daya dalam 57 menit. Angka ini didapatkan memakai fast charger bertegangan 50 kW dari 10 hingga 80 persen.

Tata Tiago EV Mobil Listrik Harga Terjangkau yang Lebih Murah dari Brio Satya 04

Tombol transmisi Tata Tiago EV

Selain itu, Tiago EV memiliki beberapa fitur menarik, seperti aplikasi ZConnect yang dapat mengoperasikan 45 fitur dalam mobil, TPMS, cruise control, hill start and descent control, climate control, push start/stop button, dan multi-mode regen yang dapat mengatur tingkat operasional regenerative braking.

Pemesanan mobil listrik ini akan dimulai pada tanggal 10 Oktober mendatang dan mulai dikirim kepada konsumen pada Januari 2023.

Baca juga: Ingat Tata Aria? Berikut 5 Keistimewaan Mobil Ini yang Bikin Pemilik Toyota Kijang Innova Geleng-geleng

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru