Tata Xenon XT Menang Murah, Alternatif Menarik Double Cabin 4x4 Selain Hilux dan Triton

Enda · 9 Agu, 2021 14:30

Tata Xenon XT Menang Murah, Alternatif Menarik Double Cabin 4x4 Selain Hilux dan Triton 01

Tata Xenon XT, doube cabin 4x4 dengan harga lebih terjangkau

Selain Hilux dan Triton, dalam turut serta meramaikan segmen kendaraan niaga kelas ringan jenis double cabin 4x4, PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) pada GIIAS 2016 berkesempatan memperkenalkan Tata Xenon XT. Saat diperkenalkan, Xenon XT langsung mendapat respon yang cukup baik di hati masyarakat Indonesia terbukti dari banyaknya kendaraan yang dipesan pada saat itu.

Mengetahui harga baru Tata Xenon XT, mobil ini dibandrol Rp393.6 Juta. Secara konklusi, harga yang ditawarkan Tata untuk Xenon XT tersebut lebih murah dibandingkan varian terendah Toyota Hilux maupun Mitsubishi Triton sekalipun.

Tertarik memberli Tata Xenon XT untuk keperluan bisnis? Sebaiknya simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Kalah Nama, Spesifikasi Mahindra Scorpio 4x4 Bisa Ungguli Mitsubishi Triton HDX 4x4

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Tampilan Eksterior Tata Xenon XT Bergaya Sederhana

Tata Xenon XT Menang Murah, Alternatif Menarik Double Cabin 4x4 Selain Hilux dan Triton 01

Desain Tata Xenon XT terlihat begitu sederhana

Berbeda dengan beberapa pesaing terdekatya, Tata Xenon XT ini mewariskan desain khas Negeri Prindavan yang terlihat kaku dan sederhana. Mulai dari fascia, Xenon XT ini memperoleh bumper berukuran cukup besar dengan desain membulat dan mengangkat.

Untuk memberikan kesan mewah, maka pada grill berbentuk horizontalnya tersebut diselimuti aksen krom. Pada sistem pencahayaannya, mobil ini masih mengandalkan lampu halogen biasa yang dibungkus dengan reflektor berukuran besar untuk memberikan pencahayaan secara maksimal.

Agar visibilitas berkendara semakin baik, maka Tata Xenon XT turut dilengkapi fog lamp bulat berukuran kecil yang diletakan di kedua sisi ujung bumpernya. Oh iya, perlu kalian ketahui juga bahwa mobil ini sudah disematkan under guard yang melekat di bawah bumpernya untuk memberikan perlindungan ketika melewati jalan yang ekstrim.

Menengok sisi samping daripada Tata Xenon XT, mobil ini terlihat panjang dan tinggi serta kekar berkat lekukan fender di atas roda yang dibuat membulat. Melihat data di atas kertas, Xenon XT memiliki panjang 5.125 mm, tinggi 1.860 mm dan tinggi 1.765 serta jarak sumbu roda 3.150 mm.

Mengenai desainnya, garis lekukan mobil ini juga terlihat sederhana mengikuti bentuk secara keseluruhan. Hanya saja bagian bawah kaca sampingnya ini dibentuk secara diagonal untuk memberikan ciri khas mobil ini serta spion yang sudah dibekali dengan turning signal lamp. Bicara soal lingkar roda, Tata Xenon XT disematkan velg alloy dengan bentuk kekar berukuran 235/70 R16 yang dilabur dengan warna perak.

Tata Xenon XT Menang Murah, Alternatif Menarik Double Cabin 4x4 Selain Hilux dan Triton 02

Tampilan belakang Tata Xenon XT

Bergeser ke bagian belakang, Tata Xenon XT memiliki panjang  1.430 mm, lebar 1.410 mm dan tinggi 40 mm untuk ukuran baknya. Bagi kami tampilan buritannya ini kurang begitu proposi berkat stoplamp berukuran kecil yang dimilikinya. Perlu diketahui juga lampu sein mobil ini diletakan secara terpisah disisi bagian bumpernya. Untuk memudahkan pengguna naik-turun bak, maka Xenon XT dilengkapi foot step berkelir hitam yang sekaligus dapat memberikan perlindungan ketika mengalami benturan.

Harga Murah, Interior Tata Xenon XT Apakah Cukup Mewah? 

Tata Xenon XT Menang Murah, Alternatif Menarik Double Cabin 4x4 Selain Hilux dan Triton 03

Tampilan dashboard Tata Xenon XT

Tata Xenon XT diketahui memiliki desain interior yang bisa diblang cukup mewah meskipun kalah prestisius dibandingkan rivalnya. Pada tampilan dashboardnya ini mengimplementasikan bentuk membulat dengan ukuran yang membesar di center clusternya.

Menggunakan material berbahan plastik, di sektor dashboardnya ini kalian bisa menjumpai kisi-kisi ac di center cluster serta bagian sisi kanan dan kirinya. Pada center clusternya kalian juga bisa menjumpai beragam tombol pengaturan untuk menjalankan fitur yang dimilki, salah satunya kecepatan blower AC serta suhu.

Agar memberikan kesan mewah, pada lingkar kemudinya ini diselimuti kulit berbahan sintetis yang mana sudah dilengkapi power steering fitur tiltable collapsible type steering untuk memudahkan pengemudi mengatur posisi berkendara yang nyaman.

Tata Xenon XT Menang Murah, Alternatif Menarik Double Cabin 4x4 Selain Hilux dan Triton 04

Baris pertama Tata Xenon XT dilengkapi arm rest

Dalam menunjang perjalanan yang aman sekalugus nyaman, maka joknya dibuat cukup tebal sehingga membuat setiap orang didalamnya tidak mudah merasa pegal. Dan hebatnya, pada baris pertama mobil ini baik pengemudi maupun penumpang bagian depan sudah mendapatkan arm rest dengan tujuan agar berkendara semakin lebih nyaman.

Baca juga: Punya Bentuk yang Aneh, Mahindra Bolero Maxitruck Rupanya Ungguli Mitsubishi L300 Angkut Hasil Pertanian

Fitur unggulan Tata Xenon XT

Tata Xenon XT Menang Murah, Alternatif Menarik Double Cabin 4x4 Selain Hilux dan Triton 05

Fitur unggulan Tata Xenon XT

Bicara fitur unggulan untuk memberikan kenyamanan berkendara, maka mobil ini sudah dilengkapi dengan Audio, Speaker, Power Door Mirror, Seat Back Pocket serta Sunvisor with Vanity Mirror.

Mengenai fitur keselamatan Tata Xenon XT, mobil ini memperoleh ABS, Dual SRS Airbag, Sabuk Pengaman Belakang Tiga Titik, Sabuk Pengaman Depan Dua Titik, Side Impact Beam serta Struktur Rangka Bodi Ladder Type. Untuk sisi keamanan, Tata Xenon XT sudah dilengkapi fitur immobilizer.

Tata Xenon XT Mendapatkan Mesin Diesel Turbocharged, Bagaimana Performanya?

Tata Xenon XT Menang Murah, Alternatif Menarik Double Cabin 4x4 Selain Hilux dan Triton 06

Mesin diesel 2.2L VVT DICOR Euro II yang digunakan Tata Xenon XT

Bicara jantung pacu, Tata Xenon XT dibenamkan mesin diesel Tata 2.2L VVT DICOR Euro II Water-cooled Direct Injection Common Rail Turbocharged intercooled yang dapat memuntahkan tenaga 148 PS @4.000 rpm serta torsi puncak 320 Nm @1.700-2.700 rpm. Tenaga yang dihasilkan tersebut kemudian diatur menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan fitur electric shift arrangement transmission. 

Teknologi gearbox GBS-76-5/4.1 dengan overdrive yang digunakan dirancang untuk memberikan kemudahan dalam perpindahan gigi. Membuat operasi transmisi manual nyaman dan menyenangkan dengan grade ability 90%. Dengan begitu mobil mampu dipacu hingga kecepatan tertinggi 160 km/jam yang mana efisiensi bahan bakar dianggap terbaik di kelasnya. 

Kesimpulan

Sebagai double cabin 4x4, Tata Xenon XT ini dirasa sudah cukup digunakan sebagai kendaraan bisnis. Selain harganya lebih terjangkau, fitur serta tenaga yang dimilikinya tidak kalah menarik dari para rival terdekatnya.

Perlu diketahui di sektor kaki-kaki Tata Xenon XT ini dilengkapi dengan suspensi independen dengan antiroll bar dan fitur LSD (Limited Slip Differential) yang memberikan kestabilan saat bermanuver serta kemudahan traksi meski mobil dalam kondisi dimuati beban.

Oh iya, Tata Xenon XT ini menggunakan suspensi tipe double wishbone independen yang dilengkapi torsion bar plus anti-roll bar yang bisa diatur ketinggian suspensinya secara manual pada bagian depannya. Hal ini tentunya bisa dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan dari ground clearance-nya.

Untuk dapat mengatur ketinggannya, kalian diwajibkan menyiapkan dongkrak dan kunci yang pas untuk memutar baut di kedua sisi mekanisme shockbreaker. Dengan penyetelan cara ini pengguna mampu meninggikan ground clearance bagian depan hingga 10 cm.

Baca juga: Lebih Murah Rp56,4 Juta, Fitur Mahindra Scorpio Lebih Lengkap dari Toyota Hilux di Segmen Single Cab

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Mobil Terbaru