Teknologi Keren Honda Brio 2021 yang Tidak Bisa Kalian Temukan di Toyota Calya, Bahkan LCGC Lainnya!

Enda · 8 Des, 2020 19:00

Teknologi Keren Honda Brio 2021 yang Tidak Bisa Kalian Temukan di Toyota Calya, Bahkan LCGC Lainnya! 01

Honda Brio 2021

Salah satu hatchback kompak jenama Jepang yang masuk dalam segmen Low Cost Green Car (LCGC), Honda Brio memang memberikan aura tersendiri di kancah otomotif Tanah Air.

Sampai dengan Oktober 2020, Honda Brio 2021 berhasil mencatat penjualan wholesales terbaik di kelasnya menurut data GAIKINDO. Tak heran bila kehadiranya hingga kini menjadi salah satu tulang punggung PT Honda Prospect Motor.

Faktor yang membuat Honda Brio 2021 terus populer adalah memiliki bentuk terbaru, fitur, performa serta teknologi yang disuguhkan. Hal tersebut membuat mobil murah besutan pabrikan Jepang berlogokan “H” ini menjadi lebih diminati, dibandingkan dengan para kompetitornya yang sama-sama dipegang oleh brand otomotif terkenal.

Lalu, teknologi apa yang dimiliki Honda Brio 2021 sehingga membuatnya menggungguli segmen LCGC Tanah Air? Dalam ulasan ini, kami mencoba memberikan informasi terkait teknologi yang ada di Honda Brio 2021.

Memakai struktur rangka GCON + ACE?

Teknologi Keren Honda Brio 2021 yang Tidak Bisa Kalian Temukan di Toyota Calya, Bahkan LCGC Lainnya! 02

Struktur rangka G-CON + ACE Honda Brio 2021

Sama seperti jajaran produk kendaraan roda empat Honda lainnya, pabrikan tidak pelit teknologi terhadap produk LCGCnya ini. Di mana Honda Brio 2021 berhasil disematkan teknologi G-CON + ACE untuk struktur bangunannya.

G-CON + ACE sendiri merupakan teknologi Advanced Compatibility Engineering dan G-Con (G-Force Control).

Dengan teknologi G-CON, dapat memberi keamanan bagi pengendara dan penumpang yang mana bertugas untuk meredam dan menyalurkan energi benturan secara merata ke bodi apabila terjadi tabrakan yang tak dapat dihindari. Struktur canggih ACE dapat melindungi kabin meskipun bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran. Serta Side Impact Beam yang dapat meredam benturan saat terkena tabrakan dari samping.

Teknologi Keren Honda Brio 2021 yang Tidak Bisa Kalian Temukan di Toyota Calya, Bahkan LCGC Lainnya! 03

G-Force Control Technology (G-CON) Honda Brio 2021

G-Force Control Technology (G-CON) teknologi terkini Honda di bidang rekayasa frame mobil, menggunakan area bodi panel yang terbuat dari baja regangan tinggi (high tensile steel). Ditambah dengan batang pelindung baja di setiap pintu yang memungkinkan para penumpang tidak terhimpit rangka mobil, dan terhindar dari cidera parah akibat benturan keras saat kecelakaan terjadi. Selain itu, ada juga Pedestrian Protection yang meminimalisir cidera pada pejalan kaki ketika terjadi kecelakaan.

Teknologi G-CON dan fitur-fitur lainnya bukan hanya untuk memberikan pengalaman berkendara yang nyaman. Ini juga merupakan bentuk komitmen Honda pada keamanan dan keselamatan pengendara, penumpang, dan semua orang yang menjadi pengguna jalan.

Membuka pintu bagasi belakang Honda Brio 2021 kini dilakukan secara otomatis?

Teknologi Keren Honda Brio 2021 yang Tidak Bisa Kalian Temukan di Toyota Calya, Bahkan LCGC Lainnya! 04

Electric Trunk Opener Honda Brio 2021

Sejak mendapatkan model terbaru secara keseluruhan pada dua tahun yang lalu, Honda Brio 2021 kini mendapat penutup bagasi yang bukan hanya berbentuk kaca saja. Pintu bagasi dengan plat besi kini menghiasi penutup belakang yang juga disematkan teknologi Electric Trunk Opener.

Sebagai mobil LCGC, teknologi yang disematkan pada Honda Brio 2021 ini tergolong cukup mewah. Pasalnya fitur ini umumnya bisa kalian temukan di kendaraan kelas middle up.

Electric Trunk Opener ini berfungsi untuk membuka bagasi dengan lebih mudah, hanya menekan tombol yang terletak pada pintu saja. Cukup dengan satu sentuhan, pintu bagasi akan terbuka secara otomatis.

Dalam hal ini dapat memberikan kemudahan terhadap pengguna ketika memindahkan barang di dalam mobil.

Honda Brio mendapat mesin berteknologi i-VTEC?

Teknologi Keren Honda Brio 2021 yang Tidak Bisa Kalian Temukan di Toyota Calya, Bahkan LCGC Lainnya! 05

Mesin Honda Brio 2021

Pertama kali diluncurkan, Honda Brio mendapatkan mesin 1.3L dan kemudian diganti 1.2L untuk memasukannya ke daftar LCGC.

Sampai sekarang, mesin 1.2L berteknologikan i-VTEC itu masih terus dipertahankan dengan spesifikasi tenaga 90 PS @6.000 Rpm serta torsi maksimal 110 Nm @4.800 Rpm.

I-VTEC ini merupakan teknologi untuk mesin bensin konvensional Honda yang ditanamkan pada seluruh jajaran produknya di Tanah Air. Tidak hanya terkenal memiliki tingkat durabilitas yang tinggi, teknologi i-VTEC ini dapat memberikan responsif tenaga dengan cepat, dan hemat dalam hal konsumsi bahan bakar.

Oiya, mesin 1.2L i-VTEC yang ada di Honda Brio 2021 ini memiliki tenaga paling besar di segmen mobil murah dan ramah lingkungan, loh.

Transmisi otomatisnya menggunakan teknologi Continuously Variable Transmission (CVT)?

Teknologi Keren Honda Brio 2021 yang Tidak Bisa Kalian Temukan di Toyota Calya, Bahkan LCGC Lainnya! 06

Transmisi CVT Honda Brio 2021

Bicara soal kenyamanan, Honda masih mencoba mempertahankan transmisi andalan pada LCGC-nya. Selain ditawarkan transmisi manual 5-percepatan, Honda Brio juga mendapatkan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) with Earth Dreams Technology yang juga digunakan pada beberapa model Honda mobil lainnya.

Teknologi yang ada pada transmisi ini menjadikan perpindahan gigi secara otomatis menjadi lebih halus, performa mesin lebih maksimal, dan hemat bahan  bakar.

Kesimpulan

Seperti yang diulas dalam artikel di atas, Honda Brio 2021 berhasil disematkan teknologi yang tidak dimiliki beberapa kompetitornya saat ini. Hal tersebut menjadikan salah satu alasan mengapa LCGC garapan Honda ini lebih populer dan diminati masyarakat Tanah Air, khususnya para kaula muda.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Brio Satya S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru