window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Telah Berhenti Dijual, Ini Keunggulan Honda Jazz yang Tak Dimiliki Honda City Hatchback

Dito · 19 Jun, 2021 19:00

Telah Berhenti Dijual, Ini Keunggulan Honda Jazz yang Tak Dimiliki Honda City Hatchback 01

Agen pemegang merek Honda, yakni PT Honda Prospect Motor (HPM) memastikan Honda Jazz tidak lagi dijual di Indonesia. Honda City hatchback hadir menggantikan perannya sebagai mobil perkotaan yang sempat berjaya di pasar otomotif Tanah Air.

Meski tidak lagi dijual, Honda Jazz bekas masih mempunyai daya tarik tersendiri. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki Honda Jazz yang bisa menarik minat para pemburu mobil bekas. Apa saja?

Dimensi Lebih Compact

Honda Jazz kuning

Dimensi Honda Jazz lebih compact sehingga nyaman melintasi kepadatan lalu lintas

Perbedaan paling terlihat antara Honda Jazz dengan City hatchback adalah dimensi dan desain eksterior. Sekilas terlihat bahwa Honda City hatchback lebih besar dimensinya dibandingkan Jazz.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dari data spesifikasi, benar bahwa Honda City hatchback mempunyai dimensi lebih besar. Jarak sumbu roda atau wheelbase saja berbeda, bila Honda Jazz mencapai 2.530 mm, City hatchback lebih panjang yakni 2.600 mm.

Baca juga : Digantikan Honda City Hatchback, Selamat Jalan Honda Jazz!

Hal ini juga berdampak pada total panjang mobil, Honda City hatchback panjangnya mencapai 4.349 mm, sementara Jazz hanya 3.955 mm saja.

Tampilan belakang Honda Jazz

Desain sporty khas hatchback juga tidak kalah keren dari Honda City hatchback

Begitu juga lebarnya, Honda Jazz hanya 1.694 mm lebih compact dari City hatchback yang mencapai 1.748 mm.

Namun untuk tingginya, Honda Jazz lebih unggul mencapai 1.524 mm. Sementara Honda City hatchback lebih pendek hanya 1.488 mm.

Bagi beberapa orang mungkin bodi yang besar ini lebih menarik. Tapi untuk pengemudi pemula atau wanita, rasanya dimensi compact Honda Jazz masih jadi keunggulan.

Ruang Kabin Lebih Luas

Efek dari dimensi yang lebih besar membuat kabin seharusnya lebih luas. Ukuran wheelbase yang lebih panjang membuat Honda City hatchback mempunyai ruang kaki yang lebih lapang.

Kabin Honda Jazz

Kabin Honda Jazz masih tergolong luas dan nyaman

Namun bila melihat tinggi Honda Jazz yang unggul menjadi penting untuk orang-orang berpostur tinggi. Ruang kepala tentu lebih nyaman terlebih untuk baris kedua.

Sehingga ketika mobil melintasi polisi tidur atau jalanan rusak, tidak perlu khawatir kepala mentok ke plafon. Ini menjadi keunggulan bila pemilik mobil mempunyai anggota keluarga yang tinggi sekitar 180 cm agar tetap nyaman selama perjalanan.

Baca juga : Harga Beda Rp50 Jutaan, Pilih Honda Jazz 2021 Tipe Terendah Atau Honda Brio Urbanite?

Mesin Mirip, Tapi Lebih Cepat

Secara kapasitas mesin, baik Honda Jazz maupun City hatchback sama-sama 1.500 cc. Namun Honda City hatcback mendapat pengembangan.

Mesin Honda Jazz

Mesin Honda Jazz punya kapasitas sama dengan Honda City hatchback

Pada mesin Honda Jazz masih menggunakan teknologi SOHC (single over head camshaft). Sedangkan Honda City hatchback sudah mengaplikasikan DOHC (double over head camshaft).

Namun diatas kertas, spesifikasi performa Honda City hatchback tidak berbeda jauh. Mesin DOHC milik City hatchback tenaga maksimumnya 121 PS pada 6.600 rpm. Hanya beda 1 PS dari Honda Hazz yang mencapai 120 PS di 6.600 rpm.

Bagaimana dengan torsinya? Diluar dugaan keduanya sama-sama memiilki torsi puncak 145 Nm. Meski begitu dalam akselerasi belum tentu Honda City hatchback lebih baik.

Head unit Honda Jazz

Pada varian terakhirnya, Honda Jazz sudah dilengkapi fitur konektivtias

Mengingat bodi yang lebih besar maka power weight to ratio bisa menjadi hambatan untuk Honda City hatchback. Sehingga bila membutuhkan mobil yang gesit, rasanya Honda Jazz lebih unggul.

Baca juga : Komparasi Suzuki Baleno vs Honda Jazz, Mana Hatchback Paling Komplit?

Harga Lebih Murah

Sebelum berhenti produksi, HPM membanderol Honda Jazz mulai dari Rp 250 juta hingga Rp 292 jutaan untuk varian tertinggi.

Menariknya Honda City hatchback punya harga yang tidak berbeda jauh dimana transmisi manual 6 percepatan harganya Rp 289 jutaan. Sedangkan CVT mencapai Rp 299 juta.

Atap dual tone Honda Jazz RS

Dual tone pada eksterior hanya dimiliki Honda Jazz varian RS dan khusus warna oranye

Namun untuk kondisi bekasnya dengan usia muda kurang dari 5 tahun, perbedaan harga cukup besar. Honda Jazz untuk tahun sekitar 2018 hingga 2019 berkisar Rp 190 jutaan hingga Rp 240 jutaan tergantung kondisi dan usia mobil.

Pada varian RS di Honda Jazz juga sudah menggunakan cat dual tone khusus warna oranye dengan bagian atap warna hitam. Berbeda dengan Honda City hatchback yang senada warnanya dengan bodi.

Dasbor kabin Honda Jazz

Dasbor Honda Jazz kuat karakter sporty namun tetap modern dengan head unit layar sentuh

Dari seluruh keunggulan yang tertera diatas, rasanya masih layak untuk membeli Honda Jazz berusia 2-3 tahun dengan harga yang lebih murah. Terlebih alaan membeli mobil ini ialah sangat cocok untuk perkotaan yang lalu lintas padat.

Baca juga : Duel Biaya Perawatan Daihatsu Sirion dan Honda Jazz, Mana yang Lebih Murah?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil