window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Terkenal Nyaman, Ini 3 Keluhan yang Perlu Diwaspadai Terjadi Pada Suzuki Ertiga

Yongki Sanjaya · 8 Mar, 2022 15:30

Terkenal Nyaman, Ini 3 Keluhan yang Perlu Diwaspadai Terjadi Pada Suzuki Ertiga 01


Suzuki Ertiga kini namanya mungkin tak sepopuler Mitsubishi Xpander yang semakin naik daun. Meskipun demikian, low MPV besutan Suzuki ini punya penggemar setia, karena kenyamanannya yang lebih oke daripada Toyota Avanza generasi kedua. Meskipun demikian, kamu juga perlu memahami beberapa keluhan yang muncul dari Suzuki Ertiga. 

Keluhan ini biasanya muncul karena efek kerusakan ringan yang tak kunjung diperbaiki. Hasilnya, muncul kerusakan yang lebih parah dan pastinya membuat si pemilik jadi jengkel atas kondisi Suzuki Ertiga miliknya. 

Perlu kamu ketahui kalau Suzuki Ertiga ini masuk salah satu low MPV yang badak alias tangguh. Suzuki merancang Ertiga sebagai mobil tahan banting, sehingga siap diajak bekerja keras. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dengan perawatan rutin, masalah yang jamak muncul biasanya hanya dari kaki-kaki atau engine mounting sebagai efek guncangan hebat karena sering melewati jalanan yang jelek. 

Lantas, apa saja keluhan dari Suzuki Ertiga yang perlu kalian waspadai? Berikut ini penjelasannya. 

Keluhan Suzuki Ertiga, Mesin Susah Distarter

Terkenal Nyaman, Ini 3 Keluhan yang Perlu Diwaspadai Terjadi Pada Suzuki Ertiga 01

Dikutip dari laman dokter mobil, masalah yang dikeluhkan dari Suzuki Ertiga yaitu mesin yang susah distarter. Kondisi ini dikeluhkan bukan karena aki yang tekor melainkan mesin mobil yang susah hidup ketika distarter. 

Apabila mobil susah distarter, berarti nggak ada kompresi atau kompresi hilang. Jika sudah begini, maka indikasi kerusakannya mungkin agak parah. Karena itu, Anda harus membawa mobil ke bengkel untuk mengecek kondisi mesin mobil secara keseluruhan. 

Lebih lanjut, Thayne Lika selaku pemilik bengkel Dokter Mobil dalam video yang diunggah di YouTube menyebutkan soal penanganan kompresi mesin yang lemah. Apabila kompresi mobil sudah tidak bagus maka ada beberapa langkah penanganan yang bisa dilakukan. Mulai dari skir klep untuk tahap awal, hingga ganti piston dan ring, atau linernya sekalian.

Mobil Kurang Bertenaga Saat Lewati Tanjakan di Ertiga Matic

Terkenal Nyaman, Ini 3 Keluhan yang Perlu Diwaspadai Terjadi Pada Suzuki Ertiga 02

Untuk masalah ini, pada tahap awal mobil anda harus dilakukan tune up karena kemungkinan kondisi mesinnya perlu perawatan. Kondisi mesin yang kurang perhatian dapat menyebabkan tenaga pada saat tanjakan itu kurang. 

Dan kamu juga harus mengecek pada bagian transmisi bila ini terjadi pada Ertiga matic yang sulit menanjak apabila sudah melakukan tune up. Pasalnya, ini berkaitan dengan kondisi kopling di transmisi matic yang cukup berumur. 

"Kalau tidak kuat nanjak pakai metic karena mobilnya sudah berumur, memang begitu karena koplingnya selip. Bisa dibantu dengan matiin AC yang akan mengurangi beban. Kemudian masukin gigi ke Low supaya lebih ngegrip dan lebih ngegas," sebut pria dengan sapaan Ko Lung-Lung dalam videonya. 

Engine Mouting dan Kaki-kaki Cepat Rusak, Akibat Sering Lewati Jalan Jelek

Terkenal Nyaman, Ini 3 Keluhan yang Perlu Diwaspadai Terjadi Pada Suzuki Ertiga 03

Penyakit umum mobil keluarga andalan Suzuki ini yang dikeluhkan oleh pemiliknya yaitu engine mouting cepat rusak. Hal ini termasuk cukup banyak dikeluhkan oleh pemilik Suzuki Ertiga. Namun jangan keburu men-judge kalau mobil ini ringkih. 

Penyebabnya cukup beragam, diantaranya bisa terjadi karena parts yang anda gunakan itu tidak original. Penyebab lainnya yaitu karena kamu sering melewati kondisi permukaan jalan yang berat, misalnya seperti tanjakan jalan yang tidak rata. Ini membuat beban yang lebih banyak pada engine moutingnya.

Untuk bagian kaki-kaki, biasanya ditandai bunyi gluduk-gluduk di bagian depan. Dirangkum dari forum Seraya Motor, masalah ini termasuk juga yang paling sering dikeluhkan oleh pemiliknya. 

Bunyi gluduk terasa di bagian depan, terutama sebelah kiri yang lebih sering ditemukan. Kerusakan tersebut dinilai masih lumrah karena memang karakter jalan di Indonesia yang cenderung banyak lubang di sebelah kiri jalan. 

Kalau menemukan masalah seperti ini, perlu memeriksa ke bengkel kaki-kaki untuk pengecekan rack steer dan beberapa bagian lain yaitu tie rod, atau karet support. Masalah ini juga sering terjadi pada mobil yang berpenggerak depan lainnya, apalagi jika Ertiga yang kamu miliki sudah berumur 5 tahun. 
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil