window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Terlihat Mirip, Honda WR-V 2023 Punya Karakter Berbeda dengan All New BR-V

Prasetyo · 21 Des, 2022 08:02

Terlihat Mirip, Honda WR-V 2023 Punya Karakter Berbeda dengan All New BR-V 01

Honda WR-V 2023 banyak yang menyebutnya sebagai All New BR-V versi lebih kecil. Sebagian ada juga yang menjuluki dengan Honda Brio yang dibuat lebih besar dan jangkung.

Padahal sejatinya Honda WR-V 2023 didesain dengan perbedaan karakter yang cukup banyak dibanding BR-V. Demikian penjelasan dari Poychat Ua-arayaporn, Large Project Leader Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd.
(HRAP) dalam pemaparannya disela acara Media Test Drive Honda WR-V di Bali.

Terlihat Mirip, Honda WR-V 2023 Punya Karakter Berbeda dengan All New BR-V 02

Small SUV Honda

Ia menjelaskan, mobil yang diracik di pusat R&D Honda di Thailand ini menggunakan konsep "My Urban Freestyler". Yaitu menggabungkan unsur Fun to Drive, Worry Free, dan Premium Feel. Tema ini berbeda dengan apa yang dirancang pada Alll New BR-V.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Ini Alasan Honda WR-V 2023 Tetap Pakai Mesin 1.5L Punya BR-V

Honda WR-V 2023 Eksterior

Masih menurut Poychat, desain eksterior WR-V mengekspresikan tampilan SUV yang tangguh dengan gaya yang lebih emosional dan sporty. Fascia depan menampilkan gril depan memanjang yang melengkapi desain lampu
depan pipih. Lampu ini juga terintegrasi LED DRL serta lampu sein Sequential.

Terlihat Mirip, Honda WR-V 2023 Punya Karakter Berbeda dengan All New BR-V 01

Lebih tonjolkan karakter sporty

Tampilan samping mobil terlihat ramping dan sporty. Garis mobil dibuat menyambung dari lampu depan hingga berakhir di lampu belakang memberikan. Ini memberi kesan tampilan mobil yang dinamis.

Terlihat Mirip, Honda WR-V 2023 Punya Karakter Berbeda dengan All New BR-V 02

Tampilan berlakangnya juga cukup agresif

Desain spakbor roda depan dan belakang terlihat menonjol dari bodinya memberikan tampilan kokoh dan stabil. Velg alloy 17 inchi two tone juga terlihat besar dan tangguh. Apalagi ini membantu terciptakan ground clearance hingga 220 mm, atau tertinggi di kelasnya.

Baca juga: Brio Satya dan BR-V, Mobil Honda Paling Banyak Dibeli di Indonesia

Interior Mirip Tapi Berbeda dengan Honda BR-V

Kalau di bagian luar dia jauh berbeda dengan saudara tertuanya, All New BR-V, maka tidak di sektor kabin. Layout dasbor mobil ini terlihat begitu identik dengan BR-V. Namun Poychat menegaskan sebenarnya ada dua perbedana karakter dari mobil-mobil tersebut.

Terlihat Mirip, Honda WR-V 2023 Punya Karakter Berbeda dengan All New BR-V 03

Interior BR-V

"BR-V dn WR-V punya desain yang berbeda bukan hanya di eksterior tapi juga interior. Ini karean keduanya pun memiliki target segmen yang berbeda pula," ucap dia, Senin (19/12/2022). Lebih lanjut dirinya menjelaskan kalau BR-V menonjolkan nuansa comfort, premium, dan mature, sementara di WR-V lebih ke sisi fun to drive dan sporty yang kuat.

Ini, katanya, tercermin juga dari area kabin. Misalnya di WR-V menggunakan kombinasi bahan leather dan fabric baik untuk jok maupun trim pintu. Aksen fabric itu juga diberi warna merah sehingga kombinasi kelir di interior jadi hitam dan merah.

Terlihat Mirip, Honda WR-V 2023 Punya Karakter Berbeda dengan All New BR-V 04

Interior Honda BR-V

Berbeda dengan BR-V yang nuansanya hitam pada area jok serta door trim. Sedangkan di dasbor, malah pakai aksen silver. Adapun dasbor WR-V dibubuhkan aksen merah senada jok dan dinding pintu. "Karena targetnya mereka yang suka gaya sporty, sementara BR-V lebih ke comfort.

Nattawut, Assistant LPL Performance Test Honda R&D Asia Pasific Co.,Ltd menambahkan, kalau Honda melihat ada pergeseran minat konsumen di Indonesia. "Masyarakat modern di Indonesia kini tidak selalu beli mobil 7 penumpag. Mereka cari mobil yang lebih compact untuk harian," kata dia.

Terlihat Mirip, Honda WR-V 2023 Punya Karakter Berbeda dengan All New BR-V 05

Konsumen Indonesia makin banyak cari SUV kecil

Para konsumen mobil, lanjutnya, melihat kebutuhan kendaraan dengan ukuran lebih compact karena mempertimbangkan kondisi lalu lintas hingga makins empitnya lahan parkir di Indonesia. "Mereka dulu beli mobil compact pilihannya citycar seperti Honda Jazz. Tapi sekarnag bergeser, mereka mau SUV compact bukan yang 7 seater," jelas dia.

Karena itulah WR-V mencoba memenuhi permintaan seperti itu. Apalagi saat ini Honda sudah memiliki hampir semua lini produk SUV. Misalnya medium SUV ada CR-V, Compact SUV ada HR-V, dan di LSUV ada BR-V. "Tinggal small SUV yang belum kita miliki, jadi disinilah segen WR-V," jelasnya.

Baca juga: Daftar Mobil Terlaris di Indonesia Periode November 2022: Honda Brio Masih Jadi Raja, Avanza Tersungkur

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil