window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tersingkirkan Secara Perlahan, Intip Sejarah Honda Mobilio di Indonesia

Enda · 30 Nov, 2022 11:30

Sejarah Honda Mobilio

Segmen Low MPV 7-seater di Indonesia menjadi pasar yang gurih bagi beberapa produsen otomotif ternama guna menghadirkan produk yang sesuai dengan kriteria. Salah satunya yang dilakukan oleh PT Honda Porsopect Motor (HPM). Melihat adanya peluang tersebut membuat HPM memperkenalkan Honda Mobilio pada September 2013 lewat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS).

Kemunculan Honda Mobilio di Tanah Air tentunya menambah daftar saing Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga yang sudah lebih dulu curi start.

Dimunculkan pertama kali pada 2013, nama Mobilio hingga kini masih terus dipertahankan oleh HPM meski hanya mendapatkan dua kali penyegaran ringan tanpa adanya ubahan secara radikal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebagai informasi saja, untuk harga bekasnya di CARSOME mobil ini ditawarkan mulai dari Rp146 jutaan. Punya harga bekas yang menarik, intip sejarah Honda Mobilio di Indonesia lewat ulasan berikut.

Baca juga: Harga Bekas Honda Mobilio RS Lebih Murah Dari Mitsubishi Xpander Ultimate, Mana Lebih Unggul?

Honda Mobilio Dijual Awal Januari 2014

Sejarah Honda Mobilio

Mobilio 2014

Selang empat bulan diperkenalkan, secara resmi HPM memasarkan Honda Mobilio pada Januari 2014. Untuk ukuran sebuah mobil keluarga, Mobilio terlihat begitu aerodinamis seperti city car yang dipanjangkan.

Hal tersebut dikarenakan Mobilio dibangun dengan mengunakan platform  Brio di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat. Berbasiskan Brio yang dipanjangkan serta sedikit dilebarkan dan ditinggikan, membuat harga bandrol mobil ini mampu bersaing dengan para kompetitornya.

Batch pertama Honda Mobilio ditawarkan dalam dua varian, yakni S dan E. Untuk varian E pihaknya menghadirkan transmisi CVT dengan penambahan beberapa fitur. Seperti ABS dan EBD, dual airbags, immobilizer, dan auto door lock. Untuk memberikan kenyamanan secara lebih, mobil ini juga dilengkapi dengan AC double blower di baris kedua, dan untuk bagian luarnya mendapatkan foglamp di bumper, velg alloy serta spion dengan pengaturan elektrik.

Memuat kandungan lokal mencapai 86 persen, Honda Mobilio hadir dengan mesin 1.500 cc yang dapat menghasilkan tenaga paling besar dikelasnya. Melihat pada data, jantung pacu berkodekan L15Z1 yang digunakan memiliki kapasitas 1.496 cc SOHC 4 Silinder Segaris 16 Katup i-VTEC +DBW yang dapat memuntahkan tenaga hingga 118 PS di 6.600 rpm, serta torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm. Selain CVT, mobil ini juga ditawarkan transmisi manual 5-percepatan yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda depan.

Selain pasar lokal, Honda Mobilio buatan Indonesia juga diekspor ke berbagai negara seperti India pada Juli 2014, Thailand pada bulan September, dan Afrika Selatan di bulan Oktober. 

Baca juga: Hanya Menjual Honda Mobilio S MT, HPM Ingin Fokus ke yang Lain

Varian RS Muncul Pada Juni 2014

Sejarah Honda Mobilio

Honda Mobilio RS

Pada 19 Juni 2014, Honda Mobilio mendapatkan tambahan varian anyar yakni RS. Secara bentuk terlihat lebih sporty berkat adanya body kit yang mengelilingi bodi, sera lampu utama yang sudah menggunakan projector dengan LED.

Ubahan lainnya pun terlihat dari lingkar rodanya yang mana menggunakan velg 15 inci model kipas dengan pewarnaan dual-tone.

Perbedaan lainnya pun terlihat di bagian dalam dimana interiornya didominasi dengan warna hitam. Terasa lebih ergonomis, sistem hiburannya sudah terkoneksi dengan audio switch control steering serta tambahan teweeter di depan yang dapat meningkatkan kualitas suara.

Tahun 2016 Honda Mobilio Dapatkan Dashboard Baru

Sejarah Honda Mobilio

Dashboard baru muncul 2016

Tahun 2016 HPM melakukan ubahan tampilan dashboard Honda Mobilio. Jika dilihat pada versi ini dashboardnya lebih dinamis dan lapang.

Selain itu peletakan head unitnya pun di geser lebih ke tengah, beda dengan model sebelumnya yang cenderung condong ke arah penumpang depan. Oh iya untuk pengaturan AC nya pun sudah model digital yang terlihat semakin modern serta mudah ketika digunakan.

Honda Mobilio Facelift Rilis Januari 2017

Sejarah Honda Mobilio

Honda Mobilio facelift

Tak selang berapa lama setelah melakukan ubahan pada tampilan dashboard, 12 Januari 2017 HPM meluncurkan versi facelift dari mobil ini. Untuk ubahan yang dilakukan tidak besar hanya meliputi bagian depannya.

Seperti yang terlihat fascianya terkesan lebih atraktif dibanding model sebelumnya berkat ubahan pada lampu, kap mesin, fender, bumper serta grill. Bahkan beberapa variannya sudah dilengkapi LED light guide yang menghasilkan pencahayaan lebih maksimal.

Pada bagian sampingnya, versi facelift mobil ini memperoleh tambahan fitur retractable pada spionnya, velg baru berukuran 15 inci, serta beberapa penyesuaian di bagian belakang seperti garnish.

Tak hanya di bagian eksterior, interiornya mobil ini juga mendapatkan penyegaran khususnya pada head rest depan yang bisa dilepas, serta audio switch control di beberapa variannya.

Mobilio Special Edition Muncul di IIMS 2018

Sejarah Honda Mobilio

Mobilio Special Edition

Lewat perhelatan IIMS 2018 Honda Mobilio Special Edition resmi dirilis. Versi edisi spesialnya didasarkan dari varian E CVT. Pada bagian depan, Mobilio Special Edition tampil memukau dengan grill baru, rumah foglamp dengan aksen krom. Sementara di bagian lainnya memakai velg 15 inci dengan tampilan sporty serta tambahan aksesoris di knalpotnya.

Pada bagian dalamnya, dashboard berhasil dibekali head unit 8 inci yang kompatibel dengan berbagai format musik melalui media seperti AM/FM Radio, MP3, USB Port, Aux Input, Bluetooth dan Smartphone Connection.

Sistem hiburannya juga dapat menampilkan multimedia melalui HDMI Mode dengan kabel opsional dan Android Mode dengan Smart Appcar. Tak hanya itu, antara bangku pengemudi dan penumpang depan terdapat arm rest yang membuat lebih nyaman saat berkendara.

Honda Mobilio Facelift dengan Projector Mendebut Pada 2019

Sejarah Honda Mobilio

Mobilio 2019

HPM kembali melakukan penyegaran pada Honda Mobilio pada 21 Februari 2019. Versi faceliftnya ini memperoleh update pada sistem pencahayaannya dimana sudah dilengkapi projector serta LED DRL khusus varian E dan RS.

Pada sisi samping, desain velgnya juga terlehat lebih eyes-catching meski masih menggunakan R15 dengan tampilan dual-tone. Untuk varian S nya menggunakan grill dan lingkar roda yang sama seperti Mobilio E Special Edition. Selain itu di atapnya, antennanya juga sudah menggunakan model sirip hiu.

Menilik bagian dalamnya, tipe S dan E dibekali head unit 6.2 inci yang mendukung konektivitas bluetooth kamera mundur, CD dan DVD. Sedangkan tipe RS untuk sistem hiburannya menggunakan head unit layar sentuh 8 inci dengan hiasan warna orange pada dashboard, serta meter cluster dengan tampilan anyar.

Mobilio 2019 bentuknya hingga kini masih dipertahankan oleh HPM. Tanpa adanya penyegaran, pihaknya kini lebih fokus terhadap beberapa SUV barunya yang lebih diterima pasar, serta mengembangkan Brio yang menjadi tulang punggungnya.

Sebagai informasi, per November 2022 Mobilio hanya ditawarkan varian S manual yang dibandrol Rp299,9 juta OTR Jakarta.

Baca juga: Kepincut Honda Mobilio Bekas? Cek Bagian Ini Sebelum Beli

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Mobilio S MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil