window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tertarik Beli Mobil Isuzu Panther? Awas Jangan Salah Pilih, Berikut Varian Tipe Tiap Generasinya

Nussa · 6 Jan, 2022 10:09

Tertarik Beli Mobil Isuzu Panther? Awas Jangan Salah Pilih, Berikut Varian Tipe Tiap Generasinya 01

Ada banyak sekali tipe mobil Isuzu Panther
  • Penamaan tipe mobil Isuzu Panther tiap generasi berbeda-beda
  • Baik Isuzu Panther lama atau model baru, masih jadi incaran konsumen
  • Harga mobil bekas Isuzu Panther sampai sata ini masih tinggi

Mobil yang bisa dikatakan termasuk ke dalam golongan mobil legendaris di Indonesia satu diantaranya adalah Isuzu Panther. Mobil ini dipasarkan sejak lama dan memiliki kualitas dan reputasi yang baik.

Masuk kategori sebagai Asian Utility Vehicle (AUV) Panther banyak dijadikan andalan oleh para keluarga di Indonesia. Sebab, daya tampungnya yang besar, mesin yang terkenal bandel, dan hemat bahan bakar.

Pertama kali muncul Isuzu Panther disiapkan untuk menghadang Toyota Kijang. Selain dipasarkan di Indonesia, Panther juga dijajakan di negara Asia lainnya, seperti di Filipina, Vietnam, dan India. Untuk pasar Filipina, Isuzu Panther menggunakan nama Isuzu Crosswind. Sementara di Vietnam, mobil keluarga ini diberi nama Isuzu Hi-Lander. Lalu, di India, Isuzu Panther disebut juga dengan Chevrolet Tavera. Chevrolet Tavera sendiri sempat dijual juga di Indonesia hingga tahun 2005, tapi mobil ini menggunakan mesin bensin.

Generasi Pertama Isuzu Panther

Tertarik Beli Mobil Isuzu Panther? Awas Jangan Salah Pilih, Berikut Varian Tipe Tiap Generasinya 02

Isuzu Panther generasi pertama memiliki bodi yang khas dengan bentuk kotak

Di Indonesia, Isuzu Panther sudah berkiprah sejak 1987. Generasi pertama ini dipasarkan hingga 1990. Konsumen di Indonesia banyak menyebutnya dengan Panther Kotak Pre-facelift. Dengan kode bodi TBR52, Isuzu Panther ini mengandalkan mesin dengan kode C223.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mesin tersebut memiliki kapasitas 2.238 cc dengan 4 silinder, OHV, Indirect Injection. Tenaga maksimum yang dihasilkan dapat mencapai 73 PS pada putaran 4.300 rpm dan torsi maksimumnya 140 Nm pada putaran 2.400 rpm.

Generasi pertama Isuzu Panther dipasarkan dalam bentuk karoseri. Jenisnya cukup beragam, tipe Isuzu Panther lama mulai dari Bravo, Miyabi, Sparta, dan Golden. Lalu, Isuzu Panther juga hadir dengan tipe Hi Grade, Grand Deluxe, Deluxe, dan Standard.

Desain bodinya cukup kaku, karena bodinya yang besar dan bentuknya yang mengotak dan panjang. Tapi, sejak awal mobil ini sudah memiliki reputasi sebagai mobil yang sangat irit konsumsi bahan bakar.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Tavera, Rebadge Isuzu Panther Touring Mesin Bensin

Tertarik Beli Mobil Isuzu Panther? Awas Jangan Salah Pilih, Berikut Varian Tipe Tiap Generasinya 01

Isuzu Panther dipasarkan juga di Filipina dengan nama Isuzu Crosswind

Soal kapasitas, Isuzu Panther juga bisa dikatakan juara. Daya tampungnya bisa mencapai sembilan orang. Dua orang di baris pertama, tiga orang di baris kedua, dan empat orang di baris ketiga. Sebab, susunan kursi di baris ketiga dibuat menyamping sehingga posisi duduknya berhadap-hadapan.

Ada beberapa perbedaan tipe Isuzu Panther. Pada varian standard, Isuzu Panther hanya mengandalkan satu blower. Tapi, untuk varian lain di atasnya atau kasta yang lebih tinggi, sudah dibekali dengan fitur AC double blower.

Pada tahun 1996, Isuzu Panther mengalami facelift. Kapasitas mesinnya membengkak jadi 2.500 cc. Mesin yang digunakan juga berbeda, kodenya 4JA1 dengan kode bodi TBR54. Dengan mesin 4 silinder, OHV, Direct Injection, tenaga maksimum yang dihasilkan dapat mencapai 80 PS pada putaran mesin 3.900 rpm dan torsi maksimumnya hingga 170 Nm pada putaran mesin 2.300 rpm.

Tertarik Beli Mobil Isuzu Panther? Awas Jangan Salah Pilih, Berikut Varian Tipe Tiap Generasinya 02

Isuzu Panther memiliki kabin yang cukup lapang hingga sembilan penumpang

Varian yang dihadirkan pada facelift pertama ini, mulai dari Hi Sporty, Sporty, New Hi Grade, Hi Grade 2.5L, New Royale, Grand Royale, Deluxe, Standard, dan Pick Up. Ubahannya terletak pada desain bodinya dan penambahan fitur, seperti wiper belakang dan foglamp, tuas pengaturan spion manual, power window, dan lainnya.

Pada facelift pertama ini, Isuzu Panther hadir juga dengan varian pickup. Tapi, pada tahun 2007, namanya berubah dari Isuzu Panther Pick Up menjadi Isuzu Pick Up. Ubahannya tak hanya pada namanya saja, di bagian mesin sudah disematkan turbocharger untuk memenuhi standar emisi Euro 2.

Baca juga : Mitsubishi L300 Vs Isuzu Panther, Mana yang Paling Cocok untuk Usaha Sehari-hari?

Generasi Kedua Isuzu Panther

Tertarik Beli Mobil Isuzu Panther? Awas Jangan Salah Pilih, Berikut Varian Tipe Tiap Generasinya 03

Tampilan Isuzu Panther generasi kedua semakin modern

Pada generasi kedua, Isuzu Panther sudah tidak mengotak lagi bentuknya. Kali ini, bodinya seperti generasi keempat Toyota Kijang yang disebut "kapsul". Maka itu, generasi ini juga disebut sebagai Panther Kapsul. Mesinnya masih dipertahankan dari generasi sebelumnya, yakni mesin berkode 4JA1. Ada delapan varian yang dimiliki Panther Kapsul di awal-awal, yakni Touring, Grand Touring, LS Hi Grade, SS, LV, SV, LM, dan SM.

Isuzu Panther Kapsul mengalami facelift pada 2004 dan bertahan hingga 2006. Perubahannya sedikit terjadi pada bagian desain lampu, grille, interior,dan versi lain selain Touring sudah dibekali turbo untuk mengejar standar Euro 2. Kode mesinnya berubah menjadi 4JA1L. Varian yang ditawarkan mulai dari Grand Touring, Touring, LS Turbo, LS Hi Grade, Adventure, LV, dan Smart yang menggantikan varian LM.

Tertarik Beli Mobil Isuzu Panther? Awas Jangan Salah Pilih, Berikut Varian Tipe Tiap Generasinya 04

Mesin dengan kode 4JA1L yang digunakan oleh Isuzu Panther

Pada tahun 2013, Isuzu Panther kembali mengalami facelift dan bisa dikatakan perubahannya cukup signifikan, khususnya untuk varian Grand Touring yang merupakan Isuzu Panther tipe tertinggi. Ubahannya terletak pada desain panel instrumen, pintu belakang, rear tow hook, model ban serep, dan lainnya. Varian yang ditawarkan kali ini hanya empat, yakni Grand Touring, LS Turbo, LV Turbo, dan Smart Turbo.

Isuzu Panther Diskontinu

Tertarik Beli Mobil Isuzu Panther? Awas Jangan Salah Pilih, Berikut Varian Tipe Tiap Generasinya 05

Meski sudah lebih modern, tapi Isuzu Panther tetap mempertahankan bentuk bodinya

Pada tahun 2020, produksi Isuzu Panther terpaksa dihentikan. Alasannya adalah emisi yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar Euro 4, yang menjadi standar emisi minimal untuk kendaraan baru di Indonesia. Tak hanya di Indonesia, produksi Isuzu Panther di Filipina, yang dipasarkan dengan nama Isuzu Crosswind, juga terpaksa dihentikan karena permasalahan yang sama.

Lalu, pada 10 Februari 2021, PT Isuzu Astra Motor Indonesia secara resmi mengumumkan bahwa penjualan Isuzu Panther dihentikan. Dengan kiprahnya yang mencapai puluhan tahun, tak bisa dipungkiri jika Isuzu Panther termasuk mobil yang legendaris di Indonesia.

Tertarik Beli Mobil Isuzu Panther? Awas Jangan Salah Pilih, Berikut Varian Tipe Tiap Generasinya 06

Isuzu Panther model terakhir terlihat lebih mewah dan elegan

 

Data Spesifikasi Isuzu Panther
Mesin
Tipe Mesin 4JA1L
Super Charging System Turbocharger
Kapasitas Silinder 2,499 cc
Diameter X langkah 93 x 92 mm
Tenaga Maksimal 80 PS / 3,500 rpm
Torsi Maksimal 19.5 Kgm / 1,800 rpm
Sistem Injeksi bahan bakar Diesel Direct Injection
Kapasitas Tangki BBM 55 L
Dimensi 
P x L x T 4,535 x 1,770 x 1,920 mm
Jarak Poros Roda 2,685 mm
Berat 2,170 kg
Jarak Pijak Depan 1,480 mm
Jarak Pijak Belakang 1,455 mm
Kapasitas penumpang 7 person
Kaki-Kaki
Ukuran ban 235/70/R15
Bahan Alloy Wheel
Ban Depan Bridgestone
Ban Belakang Bridgestone
Eksterior
Rear Reflector
Muffler Cutter
New Back Door Garnish
Moulded Door Trim
Fog Lamp
Engine Hood Ornament
Foot Step
Side Body Mould List
Outside Mirror with Turn Lamp
Roof Rail
Rear Spoiler
Interior
Rear View Camera
New Meter Complete : New illumination with warning indicator (Driver, belt, door, fuel)
Seat Material : Vynil (Touring), Leather & Vynil Combination (Grand Touring)
Inside Mirror Monitor
Radio CD + MP3 + DVD + Roof monitor (Grand Touring)
Radio CD + MP3 (Touring)
Power Window
Glass Mounted Antenna
Hi Type Console Box
Leather Stering Wheel
Subwoofer

Baca juga : Meski Legendaris dan Terkenal Bandel, Ini Deretan Kekurangan Isuzu Panther yang Wajib Diketahui

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil