window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tertarik Dengan Daihatsu Luxio? Ketahui Hal Ini Sebelum Membeli

Enda · 9 Agu, 2020 20:00

Tertarik Dengan Daihatsu Luxio? Ketahui Hal Ini Sebelum Membeli 01

Sebagai mobil penumpang yang bermain di segmen MPV dengan model kotak, Daihatsu Luxio pertama kali dihadirkan oleh PT. Astra Daihatsu Motor pada Februari 2009 yang kemudian mendapatkan penyegaran pada Februari 2014.

Daihatsu Luxio diketahui berbagi platform dengan Daihatsu Gran Max, yang mana Daihatsu Luxio pada dasarnya dihadirkan sebagai varian mewah dari Daihatsu Gran Max. Mobil Daihatsu Luxio tersedia dalam 3 varian dimana Daihatsu Luxio 1.5 X A/T sebagai varian tertinggi merupakan mobil Daihatsu matic. Harga Daihatsu Luxio menurut situs resminya berkisar dari Rp 203,7 juta hingga Rp 232,9 jutaan, pada dasarnya memang difokuskan untuk kendaraan penumpang. Ini merupakan harga Luxio 2020. Ada juga beberapa konsumen yang mencari mobil Luxio bekas, harga mobil bekas Luxio 2011 bervarian tergantung dengan kondisi mobil. Hal ini bisa dilihat dari adanya beberapa fitur yang telah disematkan pada mobil ini.

Namun sebelum membeli Daihatsu Luxio, baiknya kalian ketahui poin-poin layakkah mobil ini untuk dibeli? Ataupun sebaliknya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

5 Poin yang harus diketahui sebelum membeli Daihatsu Luxio

1. Dilengkapi fitur (Anti lock Breaking System) ABS

Tertarik Dengan Daihatsu Luxio? Ketahui Hal Ini Sebelum Membeli 01

Bicara soal keselamatan, Daihatsu sudah menambahkan fitur terbaru pada generasi Luxio teranyar. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan tingkat keamanan dalam berkendara. Seperti yang diketahui, Daihatsu Luxio kini sudah dilengkapi fitur Anti lock Breaking System (ABS), yang mana mobil mampu menghindari objek di depannya saat melakukan pengereman secara mendadak tanpa khawatir tergelincir.

2. Tersedia transmisi otomatik

Demi memberikan rasa nyaman dalam berkendara, Daihatsu Luxio ditawarkan dengan transmisi otomatik 4-percepatan khusus untuk tipe teratas (X).

Namun sebagian pemilik dari Daihatsu Luxio merasakan kelemahan dari varian transmisi otomatik karena kurangnya responsif pada tarikan awal.

NEW LUXIO X (Otomatik 4-percepatan)
Perbandingan Gigi Rasio
I 2.731
II 1.526
III 1.000
IV 0.696
Mundur 2.290

3. Sasis flat monokok

Mengadopsi sasis model monokok dengan kabin rata, membuat penumpang bebas melakukan gerakan saat berada di dalam kabin.

Selain mampu dimuati hingga delapan penumpang dengan ruang lega, Daihatsu Luxio bisa menampung barang dengan jumlah yang banyak. Namun sayang, kelemahan sasis model seperti ini susah diperbaiki jika telah mengalami benturan keras. Sehingga sebagian dari pemilik menjualnya kembali dengan cara ditimbang menjadi besi tua.

4. Posisi mesin berada di bawah

Sama seperti Gran Max, Daihatsu Luxio memiliki mesin yang diletakan tepat di bawah antara penumpang dan pengemudi bagian depan. Hal ini tentunya dapat mengurangi rasa nyaman terlebih saat mobil dibawa perjalanan jauh, karena suhu panas mesin bisa saja menembus masuk ke dalam kabin.

Namun demikian, Daihatsu Luxio memiliki pendingin radiator yang letaknya berjauhan dengan mesin. Posisi radiator Daihatsu Luxio terletak di depan. Sehingga, pengecekan serta pengisian air pada radiator dapat dilakukan dengan mudah.

5. Mesin dengan tingkat durabilitas tinggi

Daihatsu Luxio ditanami mesin berkodekan 3SZ-VE DOHC VVT-i, berpendingin air. Perlu kalian ketahui, mesin ini cukup legendaris dan digunakan pada beberapa produk Daihatsu lainnya, salah satunya Terios lansiran 2007-2017.

Tertarik Dengan Daihatsu Luxio? Ketahui Hal Ini Sebelum Membeli 02

3SZ-VE sampai saat ini diketahui memiliki tingkat durabilitas tinggi, yang mana menurut data di atas untuk mobil Luxio Daihatsu, mesin ini mampu memuntahkan tenaga hingga 97 PS @6.000 Rpm dengan torsi maksimal 13.7 Kgm @4.400 Rpm. Mesin ini juga sudah menganut teknologi Electronic Fuel Injection (EFI).

5 Alasan mengapa Daihatsu Luxio layak untuk dibeli

1. Cocok untuk kalian yang senang berbisnis dan berpergian

Tertarik Dengan Daihatsu Luxio? Ketahui Hal Ini Sebelum Membeli 03

Untuk kalian yang suka bergelut di dunia bisnis dan senang berpergian dengan keluarga, menjatuhkan pilihan pada Daihatsu Luxio merupakan pilihan tepat.

Bicara soal muat barang, tentunya Daihatsu Luxio mampu dimuati barang dengan jumlah yang banyak. Soal tampilan dalam, MPV yang bisa dimuati hingga 8 orang ini cukup terlihat mewah dimana sudah dilengkapi dengan beberpa fitur pendukung, serta kekedapan suara yang lumayan baik.

2. Dilengkapi dengan AC Double Blower

Memiliki dimensi ruang cukup besar, penumpang pada baris kedua dan ketiga tidak perlu kepanasan ketika saat melakukan perjalanan, terlebih pada siang hari. Daihatsu Luxio dilengkapi dengan AC Double Blower, sehingga suhu di dalam kabin dapat dingin dengan cepat.

3. Adanya Armrest yang dilengkapi Cup Holder

Tertarik Dengan Daihatsu Luxio? Ketahui Hal Ini Sebelum Membeli 04

Tidak hanya busa jok yang dibuat lebih tebal dan nyaman, jok pada baris kedua juga sudah dilengkapi dengan Armrest yang mana bisa kalian gunakan untuk menaruh botol minuman. Dengan begitu penumpang akan merasa lebih nyaman saat melakukan perjalanan.

4. Dilengkapi Retractable dan Power Window

Saat berpapasan dengan kendaraan lain di jalan yang sempit, kalian tidak perlu repot-repot membuka kaca untuk melipat kaca spion. Karena, Daihatsu Luxio sudah dilengkapi Retractable yang berfungsi untuk melipat kaca spion secara otomatis khusus pada tipe teratasnya.

Tertarik Dengan Daihatsu Luxio? Ketahui Hal Ini Sebelum Membeli 05

Selain itu, adanya Power Window di setiap kaca memudahkan kalian dalam menaikan dan menurunkan kaca.

5. Fitur keselamatan cukup baik

Selain menggunakan fitur keselamatan berupa Airbag juga Anti lock Breaking System (ABS), Daihatsu Luxio sudah dilengkapi sabuk pengaman pengaman 3 Points ELR x 2 + 2 Points NR yang ditempatkan di seluruh barisan.

5 Alasan mengapa Daihatsu Luxio tidak layak untuk dibeli

1. Kurang bertenaga

Tertarik Dengan Daihatsu Luxio? Ketahui Hal Ini Sebelum Membeli 06

Beberapa pengguna Daihatsu Luxio mengeluhkan atas tenaga yang kurang dianggap responsif. Hal ini dirasakan ketika mobil digunakan pada di jalur yang menanjak dan menurun dengan tingkat ketajaman cukup curam.

2. Material bodi terkesan tipis

Ketika kalian mencoba mengetuk bagian bodi daripada mobil ini, maka suara yang ditimbulkan terdengar nyaring. Selain itu, bodi mobil mudah penyok ketika ditekan cukup kuat.

3. Mesin di bawah, membuat kabin panas

Mesin yang berada tepat di bawah pengemudi dan penumpang ini, membuat kenyamanan berkurang. Hal ini dikarenakan suhu panas pada mesin bisa saja merangsek masuk ke dalam kabin.

4. Suspensi terbilang keras

Tertarik Dengan Daihatsu Luxio? Ketahui Hal Ini Sebelum Membeli 07

Meskipun sudah menggunakan suspensi model spiral berjenis kan Mac Pherson Struts bagian depan, serta 5-link, rigid-axio pada bagian belakang, nyatanya suspensi Daihatsu Luxio masih dianggap keras oleh sebagian besar pengguna.

5. Bentuknya yang kotak

Daihatsu Luxio memiliki bentuk yang terlihat sangat kotak. Sehingga, saat digunakan pada kecepatan tinggi, stabilitas mobil akan sedikit terganggu. Hal ini dikarenakan tingkat keaerodinamisan pada mobil ini tidak cukup baik.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Luxio 1.5 D M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil