window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tertarik Punya Toyota Avanza Gen 1? Cek Bagian Ini Sebelum Beli

Enda · 13 Jan, 2023 08:30

Toyota Avanza gen 1

Salah satu mobil bekas yang masih banyak diburu hingga saat ini adalah Toyota Avanza gen 1. Mobil keluarga dengan harga bekas terjangkau, saat ini generasi pertama Avanza ditawarkan mulai dari Rp70 jutaan tergantung tahun dan kondisi.

Besarnya daya tarik masyarakat Indonesia terhadap Toyota Avanza gen 1 tak lain karena mobil ini memiliki kapabilitas di segala medan berkat penggerak roda belakang yang dimiliki. Tak hanya itu, faktor lain yang menyebabkan mobil ini masih diminati lantaran mudah dan murahnya dalam hal perawatan.

Jika kalian saat ini sedang mencari Toyota Avanza lawas guna mendukung aktifitas sehari-hari atau digunakan sebagai mobil keluarga, ada baiknya simak beberapa tips yang harus dilakukan saat mengecek sebelum memutuskan membeli.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
  • 2017 Toyota AVANZA G 1.3

    Rp 145,31 Juta
    Rp 2,63 Juta
    /bulan

    80.217 km

    6,5 tahun

    Jawa Barat

  • 2018 Toyota AVANZA G 1.3

    Rp 169,70 Juta
    Rp 3,07 Juta
    /bulan

    37.308 km

    5,5 tahun

    Jawa Barat

  • 2018 Toyota AVANZA G 1.3

    Rp 164,90 Juta
    Rp 2,98 Juta
    /bulan

    63.295 km

    5 tahun

    Jawa Barat

Baca juga: 7 Keunggulan Toyota Avanza Gen 1 yang Membuatnya Tetap Jadi Andalan Keluarga Indonesia

1. Cek Bagian Bodi Toyota Avanza Gen 1 Secara Keseluruhan

Toyota Avanza gen 1

Langkah yang harus dilakukan sebelum membeli mobil bekas yaitu adalah mengecek seluruh bagian bodi. Hal ini dilakukan guna mengatahui apakah mobil pernah dilakukan pengecetan ulang atau perbaikan bekas tabrakan.

Cara mengecek cat kalian bisa melakukannya di ruang terbuka dengan pencahayaan atau sinar yang baik. Untuk mengetahui mobil bekas tabrakan atau tidaknya, kalian bisa melihat dari lipatan di setiap pintu. Apabila mengalami kerenggangan atau sulitnya menutup pintu, kemungkinan bekas tabrakan benar terjadi.

2. Mika Lampu Menguning

Toyota Avanza gen 1

Seperti beberapa mobil lainnya, Toyota Avanza gen 1 memiliki kelemahan pada mika lampunya yang mudah menguning apabila sering terpapar sinar matahari langsung.

Mika lampu yang menguning tentu akan mengurangi terangnya cahaya disaat berkendara malam hari. Untuk menghilangkan noda kuning tersebut, bisa dengan cara memoles. Namun mika yang tipis mudah sekali retak jika sering terkena panas.

3. Hindari Transmisi Matic yang Menyentak

Toyota Avanza gen 1

Pengecekan berikutnya yang harus dilakukan apabila sedang mencari Toyota Avanza lawas adalah transmisinya. Terlebih untuk transmisi matic nya guna mengetahui adanya kerusakan atau tidak. Apabila timbul gejala menyentak saat tuas digeser, kemungkinan besar transmisi mulai bermasalah.

Jika timbul gejala tersebut, ada baiknya mencari mobil lain dengan kondisi yang lebih baik.

4. Kopling Keras Indikasi Seling Baja Tipis

Toyota Avanza gen 1

Pada versi manualnya, generasi pertama Avanza masih menggunakan seling baja untuk menekan kampas kopling. Saat melakukan pengecekan ditemui gejala kopling terasa berat ketika diinjak, kemungkinan selain kampas yang tipis, seling baja juga mulai bermasalah.   

Baca juga: 5 Kekurangan Toyota Avanza Gen 1, Wajib Dipertimbangkan Sebelum Beli

5. Kisi-kisi AC Kendor

Toyota Avanza gen 1

Hal yang perlu diperhatikan saat ingin membeli Avanza gen 1 yakni cek bagian kisi-kisinya. Tak sedikit ditemui mobil ini rusak di bagian kisi-kisi AC nya.

Bukan cuma di depan, kisi-kisi yang kendor juga kerap terjadi pada double blowernya. Kondisi kisi-kisi AC yang rusak tentunya membuat penggunanya sedikit jengkel karena arah hembusan angin tidak bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

6. Kebocoran Pada Power Steering

Toyota Avanza gen 1

Berbeda dengan generasi keduanya, Avanza lawas pada sistem kemudinya masih menggunakan power steering model hidrolik. Power steering dengan teknologi lama yang dipakai memiliki kelemahan pada seal, serta pompa olinya yang kerap kali timbul gejala rembesan.

Dengan begitu ada baiknya sebelum membeli, cek bagian tersebut guna memastikan apakah adanya rembesan atau tidak.  

7. Rembesan di Sekitar Mesin

Toyota Avanza gen 1

Mobil dengan usia di atas 10 tahun biasanya mengalami rembes di bagian mesin. Hal ini disebabkan karena usia pakai yang menyebabkan seal dan paking getas. Rembesan yang terjadi tentu dapat mengurangi intensitas oli di dalam mesin yang mengharuskan pemilik menambahkan pelumas guna menghindari kehabisan oli.

Untuk suku cadang baik seal maupun paking Toyota Avanza gen 1 sebenarnya tidak mahal. Yang mahal adalah jasa penggantiannya yang dipatok mulai dari Rp500 ribu.

8. Cek Kaki-kaki

Toyota Avanza gen 1

Langkah terakhir yang bisa dilakukan sebelum memutuskan membeli Avanza lawas yang sedang dicek adalah kaki-kaki nya. Cara mudahnya kalian bisa melakukan tes drive dengan melewati jalan yang sedikit berkontur. Apabila timbul gejala berisik di bagian roda depan, kemungkinan beberapa komponennya sudah lemah.

Bisa saja kerusakan ditimbulkan dari tie rod, bushing yang sudah aus, shocbreaker serta rack steer yang melemah.

Baca juga: Tertarik Beli Toyota Avanza Generasi Pertama? Ketahui Beberapa Fakta Penting Ini

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil