window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tesla Model X Keluar Asap dan Gelembung Waktu Nyebur Laut, Indikasi Baterai Bocor?

Enda · 17 Feb, 2022 17:30

Tesla Model X

Tesla Model X keluar asap dan gelembung saat terjebur ke laut Marina, Spanyol
  • Terendam air laut, Tesla Model X keluar gelembung dan asap
  • Indikasi keluar asap dan gelembung pada Tesla Model X dikarenakan modul baterai pecah saat terendam air

Baru-baru ini viral sebuah video yang diposting di media sosial Facebook memperlihatkan bahwa mobil listrik Tesla Model X tercebur ke laut Marina, Spanyol disertai dengan kepulan asap dan gelembung.

Video serta potongan gambar yang diunggah oleh akun bernama Tom Powell di grup Facebook Boat Fails, diambil sekitar 12 jam setelah mobil jatuh ke dalam air. Selanjutnya team penyelamat baru bisa mengambilnya setelah gelembung serta kepulan asap benar-benar dipastikan hilang.

Dilansir dari Carscoops.com, belum ada yang bisa mengkonfirmasi bagaimana Tesla Model X tersebut bisa terjun ke laut. Sebelumnya di Youtube banyak menampilkan sebuah video Tesla Model X maupun S melakukan percobaan dengan menenggelamkan ke air dan sebagian besar berhasil. Hingga mobil naik ke permukaan, baik Model X dan S tidak mengalami kerusakan sedikitpun, bahkan mobil masih bisa digunakan.

Baca juga: Toyota Hilux GR Sport 2022 Masuk Pasar Eropa, Speknya Lebih Gahar dari Ford Ranger Raptor

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hanya saja setelahnya Tesla Model S yang diupload di channel Youtube Rich Rebuilds, setelah terendam air di Badai Sandy, salah satu modulnya terkena korosi air asin sehingga meledak ketika dibongkar.

Baterai Pecah, Jadi Indikasi Tesla Model X Keluar Asap dan Gelembung

Tesla Model X

Modul baterai pecah jadi indikasi Tesla Model X keluar gelembung serta asap saat terendam air

Untuk penyimpanan daya-nya, Tesla Model X menggunakan baterai lithium. Ini merupakan salah satu jenis baterai sekunder rechargeable battery yang dapat diisi ulang dan merupakan baterai yang ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan yang berbahaya seperti baterai lainnya.

Baterai ini memiliki kelebihan dibandingkan baterai sekunder jenis lain, yaitu memiliki stabilitas penyimpanan energi yang sangat baik (daya tahan sampai 10 tahun atau lebih), energi densitas tinggi, tidak ada memori efek dan berat yang relatif lebih ringan dibandingkan dengan baterai jenis lain. Sehingga dengan berat yang sama energi yang dihasilkan baterai lithium dua kali lipat.

Namun, lithium ini sangat mudah terbakar dan menghasilkan panas yang sangat besar saat terkena air. Mengenai timbulnya gelembung serta kepulan asap yang terjadi pada Tesla Model X di pantai Marina Spanyol, indikasi saat ini dikarenakan modul baterai pecah ketika terendam air. Sebagai informasi, jika mobil listrik terjadi kebakaran, mobil jenis ini juga sangat sulit untuk dipadamkan.

Baca juga: Toyota Fortuner Buatan Indonesia untuk Australia Ternyata Sudah Dilengkapi TSS, Ada Tombol SOS Juga!

Tesla Model X Hanya Butuh Waktu 3,8 Detik untuk 0-100 Km/jam!

Tesla Model X

Tesla Model X mampu melaju hingga  249 km/jam

Melihat sedikit spesifikasi yang dimiliki Tesla Model X, mobil ini dilengkapi dengan dua motor penggerak yang diletakan di gandar depan dan belakang.

Mobil listrik berkapasitas 7 penumpang ini menurut data mampu menempuh jarak hingga 348 miles atau sekitar 560 km. Memiliki catatan waktu 3,8 detik untuk 0-100 km/jam, Tesla Model X mampu menghasilkan tenaga sebesar 670 Hp dengan kecepatan maksimal 155 mph atau 249 km/jam.

Baca juga: Indonesia Belum Rilis, Chery Tiggo 8 Pro 2022 Sudah Dipersiapkan, Penampilannya Lebih Keren

Tesla Model X

Tesla Model X

Tesla Model X

 

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Tesla Model X Long Range

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia