Tesla Siap Dirikan Pabrikan, Tesla Model 3 2021 Bakal Dijual Resmi di Indonesia?

Bent Aulia · 1 Jan, 2021 20:00

Tesla Model 3 2021

Laporan terbaru menyebutkan Tesla siap membangun pabriknya di Indonesia. Jika hal ini terjadi, bukan tak mungkin Tesla akan mulai berjualan mobil listrik di pasar otomotif dalam negeri. Salah satu model yang bisa masuk ke Indonesia adalah Tesla Model 3. Apalagi mobil ini baru saja mendapatkan pembaharuan untuk tahun 2021 pada bulan Oktober lalu.

Bisnis Tesla di Indonesia

Mobil listrik diprediksi akan menjadi komoditas terbaru yang mendominasi industri otomotif. Dan Tesla bisa disebut sebagai salah satu pabrikan yang menjadi pelopor mobil listrik produksi massal. Beberapa waktu lalu, pabrikan milik Elon Musk ini disebut akan memulai bisnisnya di Indonesia.

produksi mobil Tesla

Tesla sebelumnya disebut berminat untuk membangun pabrik di Kawasan Batang, Jawa Tengah. Pabrikan yang bermarkas di California ini menunjukkan ketertarikannya mengingat potensi cadangan nikel yang dimiliki Indonesia.

Ketertarikan Tesla menggarap cadangan nikel diprediksi menghasilkan pabrik baterai listrik yang sangat menjanjikan. Mengingat seluruh pabrikan otomotif saat ini sedang mempersiapkan armada tanpa emisi guna bersaing di era baru otomotif tahun depan.

pabrik Tesla

Selain Tesla, beberapa pabrikan lainnya turut menyatakan niatnya memproduksi kendaraan listrik di Indonesia. Mulai dari Toyota dengan investasi triliunan rupiah serta mempersiapkan 10 kendaraan listrik pada tahun 2025 hingga Hyundai yang siap memproduksi mobil listrik di Tanah Air tahun 2022.

Elon Musk dikabarkan akan mengirimkan tim Tesla ke Indonesia pada bulan Januari 2021 mendatang. Kedatanganan mereka akan menjadi bagian dari perkembangan mobil listrik di Tanah Air. Dan bahkan tak mungkin Tesla akan memperkenalkan mobil listriknya ke pasar Tanah Air.

Elon Musk

Tesla saat ini memiliki empat model di pasaran, mulai dari Tesla Model S, Model 3, Model X, dan Tesla Model Y. Model terbaru yang sedang dinanti-nanti yaitu truk pikap Tesla CyberTruk yang sedang dipersiapkan untuk masa produksi.

Tesla Cybertruck

Tapi mobil yang kemungkinan besar masuk ke Tanah Air yaitu Tesla Model 3 2020 yang baru saja mendapatkan pembaharuan beberapa waktu lalu. Sedan tanpa emisi ini mendapatkan peningkatan sistem dan software yang digunakan, serta beberapa ubahan pada tampilan luar dan kepraktisannya.

Model terlaris Tesla, Tesla Model 3

Sedan bergaya fastback empat pintu ini dikembangkan Tesla dan diproduksi mulai pertengahan 2017 silam. Peluncuran dan pengiriman resmi 30 mobil pertama berlangsung pada 28 Juli di tahun yang sama. Selanjutnya, mobil ini semakin populer sebagai jualan terlaris Tesla.

Model E

Hingga 2019, Nissan Leaf merupakan mobil listrik plug-in legal jalan raya terlaris sepanjang masa di dunia dengan penjualan global 450.000 unit hingga Desember 2019. Tesla Model 3 melampaui Leaf pada awal 2020 sebagai mobil listrik plug-in terlaris di dunia. Dimana penjualan globalnya dari awal hingga Maret 2020 mencapai 525.000 unit.

Bahkan satu minggu sebelum peluncurannya, Tesla menyebutkan bahwa Model 3 memiliki lebih dari 325.000 reservasi. Lebih dari tiga kali lipat sedan Model S yang dijual akhir 2015. Mengalahkan rekor Citroën DS 1955 yang memiliki 80.000 reservasi selama sepuluh hari Paris Auto Show.

Munculnya Tesla Model 3 generasi pertama

Selama wawancara pada tahun 2006, Musk menyebutkan bahwa Model 3 aslinya akan diberi nama kode Tesla “BlueStar” dalam rencananya tahun 2003. Awalnya Model 3 akan menggunakan nama Model E. Tapi nama ini tidak digunakan karena Ford telah mendaftarkan nama ini untuk kendaraan listriknya.

rilisan Tesla Model 3

Desainer Tesla mengatakan tampilannya yang sederhana membuatnya tahan lama. Model 3 terlihat unik bukan hanya minimalis, tapi membawa kesan bersih dan mulus. Bukan hanya desain sleek di bagian luar, tapi bagian dalam yang terlihat mengesankan.

Bahkan sebelum ketertarikan Elon Musk membangun pabrik di Indonesia, Model 3 sudah lebih dulu dibawa ke Tanah Air. Pada tahun 2017, Prestige Image Motorcars memperkenalkan Model 3 yang diklaim sebagai sedan listrik termurah saat itu.

Tesla Model 3 2020

Selain menggunakan sistem penggerak bertenaga listrik, Tesla Model 3 2020 juga dikemas dengan teknologi canggih lainnya. Untuk model entry level, pengemudi sudah mendapatkan konektivitas Wi-Fi, dual-zone climate control serta navigasi kaca spion auto-dimming.

setir Tesla Model 3 2020

Pada model yang lebih mahal, Tesla menawarkan sistem audio premium dengan subwoofer, lampu berteknologi LED, dua port untuk smartphone, dan pengaturan kursi elektris 12 arah. Tak ketinggalan model autopilot yang mendapatkan peningkatan berkala melalui software dan sistem over-the-air.

Pembaruan Tesla Model 3 2021

Tesla Model 3 2020 mendapatka sedikit perubahan untuk pasar tahun 2021. Memang tak begitu jauh berbeda dibandingkan edisi sebelumnya, tapi peningkatan paling terasa bisa dilihat pada peningkatan software dan beberapa fitur tambahan.

Eksterior Tesla Model 2021

Desain sleek dan tampilan yang minimalis masih menjadi daya tarik tersendiri bagi mobil ini. Tampilan luarnya dibuat serendah dengan kap mesin dan jendela depan yang melandai. Menghadirkan aerodinamika tersendiri ketika berkendara.

bagian depan Tesla Model 3 2021

Di bagian depan, Model 3 memang berbeda dibandingkan mobil bertenaga mesin konvensional kebanyakan. Dengan grille yang tertutup, memberikan tampilan bergaya futuristik khas model Tesla lainnya. Lampu depan yang sipit serta bumper sedikit membawa tampilan sporty pada mobil ini.

Tesla juga mendapatkan teknologi baru pada lampu depan yang lebih bertenaga serta menghadirkan sinar dengan pola persegi. Selain pancaran yang lebih baik, lampu depan ini juga akan lebih fokus dan mampu menjangkau jarak yang cukup jauh.

bagian samping Tesla Model 3 2021

Perubahan pada desain eksterior yaitu trim hitam baru yang bisa ditemukan pada gagang pintu, jendela, dan lampu sein. Menggantikan trim chrome sebelumnnya. Model Performance juga hadir dengan standar dengan velg ‘Überturbine’ 20 inci baru, dengan opsi velg 18 dan 19 dengan desain baru.

Atap belakang yang langsung melandai hingga buritan memberikan kesan sedan yang lebih menawan. Pasalnya bagasi Model 3 tak terletak di belakang, tapi di belakang. Mengingat mobil ini tidak menggunakan mesin di bagian depan.

bagasi Tesla Model 3 2021

Ada bibir spoiler untuk meningkatkan aerodinamika serta handling yang lebih baik pada mobil ini. Lekukan belakang tak terlalu banyak terasa dan terasa minimalis. Di bagian bawah, diffuser belakang membawa model sporty layaknya sedan lainnya.

Eksterior Tesla Model 3 2021

P x L x T

4,684 mm x 1.849 mm x 1.443 mm

Wheelbase

2.875 mm

Ground Clearance

140 mm

Suspensi Depan

Double wishbone, virtual steer axis with coil over twin-tube shock absorbers and stabilizer bar

Suspensi Belakang

Independent multi-link with twin-tube shock absorbers and stabilizer bar

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Ukuran Ban

164/70 R14

Velg

14 inci

Interior Tesla Model 2021

Bagian dalam memberikan tampilan yang minimalis dengan gaya futuristik dibandingkan model lainnya. Head unit layar sentuh LED berukuran 15.4 inci menjadi ciri khas Model 3 yang juga digunakan pada mobil ini.

Di bagian dalam, Tesla memberikan konsol tengah yang telah didesain ulang dengan penutup geser bagi kompartemen penyimpanan di bagian depan. Konsol tengah juga mendapatkan pengisi daya induktif yang terpasang untuk dua smartphone.

konsol tengah Tesla Model 3 2021

Melengkapi pembaharuan pada interior adalah lapisan hitam berkelir matte yang menggunakan lapisan kilap berwarna hitam yang diberikan pada edisi sebelumnya. Sedangkan kursi dengan pembagian 60:40 dengan armrest yang terletak pada bagian tengah bangku baris kedua.

kursi Tesla Model 3 2021

Ubahan terbaru dari Tesla Model 3 terlihat dari desain kap depan yang lebih kecil, sehingga mengurangi ruang kargo yang ada di bagian depan. Perubahan ini terkait arsitektur yang sama dengan Tesla Model Y.

Mesin Tesla Model 2021

Bukan hanya interior dan eksterior, Model 3 juga mendapatkan peningkatkan dalam jangkauan. Pembaharuan pada Model 3 mencakup pengenalan sistem HVAC pompa yang sebelumnya hanya terlihat di Tesla Model Y.

rangka Tesla Model 3 2021

Edisi terbaru dari Model 3 juga memberikan baterai 82 kWh. Hal ini menawarkan peningkatan pada kapasitas baterai. Evolusi teknologi baterai ini memberikan rentang yang lebih jauh. Dikombinasikan dengan ban baru dan peningkatan software, membuat Model 3 mengalahkan rekornya sendiri sebagai mobil produksi massal paling efisien di dunia.

Tesla menjanjikan jangkauan 423 km untuk model Standard Range Plus atau meningkat 21 km, jarak 568 km untuk Long Range dengan peningkatan 50 km, dan peningkatan 25 km untuk varian Performance dengan total jangkauan 507 km.

baterai Tesla Model 3 2021

Meski memiliki mesin yang efisien, kecepatan yang ditawarkan masih cukup baik. Varian paling entry level Standard Range mampu melaju hingga 209 km/jam. Sedangkan Tesla Model 3 Long Range dengan model AWD Performance bisa ngebut hingga mencapai 261 km/jam.

Mesin Tesla Model 3 2021

Tipe Baterai

Interior Permanent Magnet (IPM) Dual-motor

Kapasitas Baterai

54 kWh dan 75 kWh

Tenaga Maksimal

450 hp

Torsi Maksimal

639 Nm

Jarak Tempuh

507 km

Akselerasi (0-100 km/jam)

5.0 detik

Kecepatan Tertinggi

261 km/jam

Transmisi

1-speed fixed gear

Sistem Penggerak

All-wheel drive

Fitur Tesla Model 2021

Keycard NFC tanpa kunci, koneksi Bluetooth, serta audio premium dengan 14 speaker serta peta navigasi dengan tampilan satelit dan perangkat internet. Model 3 juga dikenal dengan sistem Full Self-Driving dengan navigasi dan sistem Autopilot.

head unit Tesla Model 3 2020

Fitur baru termasuk bukaan bagasi depan otomatis serta bantalan pengisian nirkabel untuk smartphone yang ditemukan di konsol tengah yang telah direvisi. Ada juga dua port USB-C tambahan, serta port USB-A tambahan yang bisa digunakan untuk perangkat penyimpanan.

konsol tengah Tesla Model 3 2021

Mengingat lampu depan juga mempengaruhi sistem keselamatan menurut undang-undang lalu lintas di Amerika Serikat, Model 3 mendapatkan peningkatan pada teknologi lampu depan. Menghindari teknologi lampu modern yang menyilaukan, tapi dibuat fokus untuk visibilitas yang lebih baik.

Harga Tesla Model 2021

Harga Tesla Model 3 Standard Range sebagai varian entry level dibanderol $ 39.990 (Rp567 jutaan). Bagi konsumen yang menginginkan fitur Full Self-Driving butuh tambahan $ 8.000 (Rp113 jutaan). Jadi harga Tesla Model 3 Performance dengan semua fitur tambahan bisa didapatkan mulai dari $ 67.190 (Rp953 jutaan).

Tesla Model 3 2021

Di Indonesia, Tesla Model 3 2020 tak lagi menjadi sedan listrik termurah. Pasalnya predikat ini sudah dipegang oleh Hyundai Ioniq yang baru saja diperkenalkan beberapa waktu lalu dengan harga Rp624 jutaan. Sedangkan harga Tesla Model 3 mulai dari Rp1.5 miliar.

Tesla Model 3 2020

Prestige Image Motorcars juga menawarkan tiga varian di Indonesia. Dengan varian menengah Model 3 Long Range dihargai mulai dari Rp2.5 miliar, dan harga Tesla Model 3 Performance sebagai varian tertinggi dimulai dari Rp2.7 miliar.

Kesimpulan

Sebagai ‘anak bungsu’ dari lini kendaraan listrik Tesla, Model 3 menawarkan harga yang terjangkau serta berbagai teknologi canggih dari pabrikan milik Elon Musk ini. Apalagi peningkatan fitur sebagian besar bisa dilakukan di rumah melalui pengaturan over-the-air. Dengan keinginan Tesla untuk membuka pabriknya di Indonesia, tak menutup kemungkinan Tesla Model 3 2021 akan dibawa tahun depan.

Komentar