Test Drive New Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4x4 2024: Supensi Baru Bikin Beda!
Prasetyo · 17 Sep, 2024 08:02
0
0
Kali ini test drive New Toyota Fortuner 2024 kami lakukan baik di jalan aspal serta di habitat aslinya yaitu medan off road.
Dengan sasis ladder frame, sistem penggerak roda 4x4, kemudian sistem solid axle di belakang, suspensi double wishbone di depan, sebenarnya sudah tidak perlu diragukan lagi soal artikulasi dan ketangguhan New Toyota Fortuner 2024. Buat medan yang banyak gundukan jelas bukan hal yang sulit ditaklukkan.
Tapi gimana impresi kami tentang New Toyota Fortuner 2024? Berikut ini adalah hasil pengujian singkat Autofun Indonesia bersama New Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4x4 2024.
Perubahan yang terjadi pada New Fortuner ini sebenarnya lumayan banyak. Walau statusnya hanya sebuah facelift, tetapi baik eksterior, interior, sampai fitur-fiturnya banyak berubah. Contohnya di unit Fortuner 4x4 GR Sport yang kini jadi varian paling tinggi dan dijejalkan perubahan paling banyak pula.
Sebagai informasi, New Fortuner mendapat beberapa perubahan yang hadir dalam varian-varian tertentu. Pertama jelas di tipe Fortuner 2.8 4x4 baik tipe GR Sport maupun tipe VRZ. Kemudian ada juga di varian Fortuner 2.8 4x2 baik yang tipe VRZ with GR Parts, VRZ TSS, atau VRZ biasa.
Untuk Fortuner bermesin bensin pun tak luput dari perubahan. Yakni pada tipe 2.7 SRZ with GR parts, dan 2.7 SRZ biasa. Jadi Fortuner bermesin 2.4 2GD tipe G tidak mendapat perubahan apa-apa namun kabarnya masih tetap dijual oleh pihak Toyota Indonesia untuk konsumen fleet.
Oke bahas lagi tentang unit New Toyota Fortuner 2024 yang kami uji. Ini adalah Fortuner 2.8 GR Sport 4x4 yang jadi varian paling mahal dengan perubahan paling banyak. Jadi bukan cuma ditambahkan bodykit saja.
Perubahan paling mencolok tentu saja terlihat pada bagian eksterior, utamanya fascia depan sudah berbeda jauh dari Fortuner sebelumnya. Garis desainnya terlihat lebih futuristik dengan ornamen yang lebih menyiku.
Terlihat New Fortuner sudah menggunakan bemper depan berdesain baru, kemudian grill depan juga berubah, lantas ada GR Front Spoiler yang menandakan ini varian GR Sport. Lantas di bagian lampu utama juga berubah, terlihat lebih runcing dan terintegrasi dengan LED Daytime Running Light model kotak-kotak.
Yang menarik, masih seputaran lampu depan, disitu terlihat ada ornamen tambahan seperti "alis" dengan warna Black Gloss. Kemudian kalau kita lihat, lampu seinnya juga sekarang sudah menggunakan LED Sequential yang membuatnya terlihat makin futuristik.
Beranjak ke samping, terlihat juga banyak perubahan di New Toyota Fortuner 2024 ini. Antara lain fender roda kini dicat sewarna bodi dan desainnya lebih minimalis dibanding sebelumnya. Kemudian pada tipe GR Sport 4x4 ini juga terlihat bagian atapnya warna hitam, jadi two tone dengan keliar bodi area lain.
Lantas yang berbeda juga adalah aplikasi velg alloy 18 inci yang desainnya tak serupa dengan New Fortuner di tipe lain. Kemudian kalau kita perhatikan, pada bagian kaliper remnya, di tipe ini sudah menggunakan caliper rem merah lansiran Gazoo racing.
Bikin selaras dengan bagian depan dan samping yang sudah berubah, pada area belakang juga kalian bisa menemukan banyak hal berbeda di New Fortuner 2.8 GR Sport 4x4 ini dibanding model sebelumnya. Misalnya lampu sein belakang juga sudah menggunakan LED sequential.
Kemudian di bagian atas juga terlihat ada roof spoiler berdesain baru yang ini khusus untuk tipe GR Sport. Kemudian desain bemper belakang juga berubah dibanding model sebelumnya. Tak ketinggalan ada juga back door garnish serta diffuser baru yang desainnya dibuat lebih sporty.
Kalau bagian luar sudah cukup banyak yang berubah, ternyata di area dalam, perubahannya juga tak kalah banyak. Mulai dari bagian lingkar kemudi, model setirnya berbeda dengan Fortuner GR sport sebelumnya, dan ada aksen merah serta jahitan merah yang mempertegas kesan sporty.
Pola jahitan merah ini juga terlihat merambah ke berbagai area kabin. Mulai dari dashboard, trim pintu, sampai jok. Untuk joknya sendiri, kini pakai kombinasi material leather dan juga suede di bagian tengahnya.
Kemudian di bagian tengah dasbor juga terlihat ada head unit 9 inci baru. Perangkat ini juga sudah menggunakan New T-intouch dengan hardware baru dan interface yang baru, serta mendukung Android Auto, Apple CarPlay, serta dijejali sistem operasi Android.
Kemudian disini kalian juga bisa memanfaatkan NFC Checking untuk mengecek sisa saldo pada uang elektronik. Lantas untuk pengaturannya juga support Voice Command.
Beranjak ke jok baris kedua, disini juga terlihat tetap pakai material suede dan kulit, hanya saja pada bagian sandaran kepala tidak disertakan logo GR seperti halnya di jok pengemudi dan penumpang baris depan.
Dan yang jadi perhatian khusus pada area kabin penumpang belakang ini adalah keberadaan Rear Seat Entertainment. Layar berukuran 11.6 inci yang diletakkan pada bagian atap ini bisa terkoneksi dengan head unit depan atau terpisah.
Ini lantaran perangkat digital tersebut juga sudah memiliki berbagai sistem aplikasi mandiri untuk sarana hiburan penumpang belakang selama perjalanan. Perangkat ini bisa dioperasikan layaknya tablet, mirip dengan apa yang telah disertakan juga pada Innova Zenix tipe tertinggi.
Pada 2020 ketika Fortuner melakukan update dengan dilesakkan mesin baru berkapasitas 2.8-liter 1GD diesel, kita sempat mengira bakal ada tambahan fitur baru juga untuk menyaingi kompetitornya. Fitur yang kita harapkan ada tersebut yaitu Toyota Safety Sense (TSS), perangkat keselamatan aktif menggunakan sensor dan radar camera, untuk mencegah terjadinya kecelakaan fatal.
Tapi rupanya, baru di New Fortuner 2024 ada sistem TSS ini. Meskipun sistem TSS yang ada di New Fortuner tidak sama dengan TSS 3.0 seperti di model Toyota lain seperti Innova Zenix atau Yaris Cross, karena Fortuner masih menggunakan sistem TSS 2.0.
Oleh karena itu, fitur TSS di New Fortuner tidak selengkap dua model Toyota lainnya, yaitu hanya:
Pre-Collision System (PCS)
Lane Departure Alert (LDA)
Dynamic Radar Cruise Control (DRCC)
Rear Cross Traffic Alert (RCTA)
Meskipun cuma TSS 2.0, paling tidak New Fortuner kini makin kuat untuk bisa melawan rivalnya Mitsubishi Pajero Sport.
Kemudian hal menarik lainnya dari tambahan fitur di New Fortuner adalah ada pada Rear View Mirror alias spion tengah di area kaca depan. Ternyata perangkat ini sekarang sudah model digital dan punya kemampuan merekam alias DVR (Digital Video Recording). Jadi fungsinya seperti dashcam.
Secara spesifikasi mesin, sebenarnya tidak ada yang berubah dari unit New Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4x4 ini. Di balik bonetnya tetap tersimpan mesin diesel 1GD FTV dengan teknologi DOHC dan VNT Intercooler.
Mesin berkapasitas 2.755 cc 4 silinder itu juga punya tenaga puncak 204 PS dan torsi 500 Nm yang serupa dari model sebelumnya. Lantas untuk pengoperasiannya, tenaga mesin ini disalurkan lewat transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic.
Tapi yang menarik dari New Fortuner GR Sport 4x4 ini adalah dia punya perbedana di sektor kaki-kaki. Model ini sudah mendapatkan juga tambahan GR Performance Parts berupa Monotube Suspension kemudian shockbreaker yang terpasang pun terlihat berbeda dari model sebelumnya.
Tentu saja terpasangnya perangkat ini membuktikan kalau pengendalian New Fortuner jauh lebih baik. Sehingga ketika diajak bermanuver, sistem suspensinya bisa bekerja optimal untuk menahan gejala body roll biar tidak terlalu berlebihan seperti di Fortuner sebelumnya.
Kemudian saat kami uji di lintasan beraspal untuk manuver kiri dan kanan secara cepat, rasa berkendara New Fortuner ini memang cukup berbeda dari sebelumnya. Suspensinya lebih kaku, pengendaliannya lebih presisi dibanding model sebelumnya. Improvement yang dilakukan Toyota Indonesia sepertinya berhasil!
Selanjutnya kita juga tes tipis-tipis di lintasan offroad. Dengan sistem penggerak roda 4x4, kemudian sistem solid axle di belakang, serta suspensi double wishbone di depan, memang medan seperti ini dianggap kacangan oleh Fortuner.
Bahkan ketika posisi ban menggantung, kalian tetap bisa memanfaatkan difflock belakang untuk menyamakan putaran roda kiri dan kanan biar kembali mendapatkan traksi dan mobil bisa terus merangkak. Cukuplah ya untuk offroad ringan di akhir pekan.
Tapi memang yang bikin menarik saat menguji New Toyota Fortuner 2024 adalh sistem suspensi mobil tersebut. Saat digeber di jalan beraspal dna manuver tajam, body roll bisa diminimalisir. Kemudian dibawa high speed di medan bergelombang, redamannya juga cakep tidak bumpy mental mentul. Relatif smooth.
Rasanya ini adalah hasil kerja monotube suspension baru racikan GR untuk hadirkan stabilitas dan kendali lebih baik. Apalagi dipadu mesin 1GD 2.800CC turbodiesel yang torsinya sampai 500 Nm. New Fortuner makin menarik!
Spesifikasi Teknis Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 2024
Dimensi
Panjang
4.795 mm
Lebar
1.855 mm
Tinggi
1.835 mm
Jarak sumbu roda
2.745 mm
Jarak ke tanah
220 mm
Ukuran roda
265/60 R18
Kapasitas tangki BBM
80 liter
Mesin
Tipe mesin
1 GD FTV DOHC VNT Intercooler
Kapasitas silinder
2.755 cc
Jumlah silinder
4
Daya maksimum
204 PS @3.000-4.000 rpm
Torsi maksimum
500 Nm @1.600-2.800 rpm
Transmisi
Otomatis 6 Percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic
Sistem penggerak roda
Penggerak Roda Belakang (RWD)
Penggerak Semua Roda
Sasis
Suspensi depan
Double Wishbone with Coil Spring & Stabilizer
Suspensi belakang
4-Link with Lateral Rod
Rem depan
Ventilated Disc
Rem belakang
Ventilated Disc
Kesimpulan
Dengan perubahan yang terjadi pada New Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 2024, ternyata cukup banyak dibanding model sebelumnya. Lihat saja bagian fascia depan yang kini menganut dari model Fortuner Legender yang sebelumnya sudah dijual di beberapa negara lain di Asia Tenggara.
Kemudian yang menarik lagi adalah, khusus tipe GR Sport ini juga ditambahkan beberapa GR Performance Parts, seperti kaliper rem dan juga suspensi. Keberadana perangkat suspensi baru ini terbukti membuat manuver Fortuner lebih baik ketimbang model terdahulu.
Meski masih pakai mesin 1GD FTV 2.8-liter yang sama, rasanya dengan berbagai perubahan itu, New Fortuner GR Sport 2024 jadi lebih menarik.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.