Test Drive Singkat Wuling Almaz RS, Bisa Bikin Malu Merek Jepang

Budi · 20 Mar, 2021 17:00

Meski hanya mendapatkan kesempatan sekejap, hal ini sudah lebih dari cukup untuk memutuskan bahwa SUV unggulan terbaru dari Wuling Motors ini, Wuling Almaz RS punya potensi untuk membuat malu SUV lain bermerek Jepang. Ya, seperti yang pernah kami paparkan sebelumnya, Wuling Almaz RS ini dijejali oleh teknologi modern terbaru milik Wuling, yaitu WISE atau Wuling Interconnected Smart Ecosystem.

Test Drive Singkat Wuling Almaz RS, Bisa Bikin Malu Merek Jepang 01

Dan saat kami coba langsung mobil ini pada hari Kamis (18/3) di kawasan Ancol, Jakarta Utara, terbukti jika SUV medium jenama China ini memang mengejutkan. Saat fitur ADAS atau Advanced Driving Assistant System mulai diperkenalkan pada mobil-mobil segmen premium dengan banderol harga di atas setengah milyar, Wuling Almaz RS menjejali fitur WISE yang tak sekadar memiliki ADAS, namun juga Internet Car.

Sebelumnya, Wuling Almaz telah memiliki fitur Wuling Indonesian Command (WIND) yang membuatnya unik di antara rival sekelasnya. Hanya dengan mengucapkan kalimat “Halo Wuling”, pengendara Almaz dapat mengoperasikan berbagai fitur yang ada pada Wuling Almaz. Kini, dipadukan dengan WISE, fungsi fitur ini semakin berkembang. 

Test Drive Singkat Wuling Almaz RS, Bisa Bikin Malu Merek Jepang 02

Wuling Almaz RS hadir dengan tampilan lebih sporty dan makin canggih

Meski begitu, hal paling berkesan pada Wuling Almaz RS ini hadir dari fungsi ADAS yang ada pada WISE. Fungsi yang tersedia adalah Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Control (BCC), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Traffic Jam Assistance (TJA), sampai dengan Intelligent Cruise Assistance (ICA). Seperti apa pengalaman mencobanya secara singkat? 

Baca Juga: Belum Resmi Meluncur, Pemesanan Wuling Almaz RS facelift 2021 Telah Dibuka

ADAS Jaga Jarak Aman dengan Pintar

Begitu duduk di kursi pengemudi, nyaris tak ada perbedaan dengan Almaz yang sudah hadir sebelumnya. Kesan mewah dan modern tetap kental, apalagi dengan layar monitor 10,4 inci yang tampak massif di bagian tengah. Tapi bukan soal perubahan eksterior atau interior Wuling Almaz RS yang kali ini ingin saya bahas, tapi aplikasi fitur ADAS pada WISE yang memang mengubah mobil ini secara signifikan.

Test Drive Singkat Wuling Almaz RS, Bisa Bikin Malu Merek Jepang 03

Interior mewah dengan keunggulan fitur modern WISE dan WIND

Untuk mengaktivasi fitur modern ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengaktivasi Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keeping Assist (LKA). Tombol aktivasi Cruise Control ada di palang kiri setir, lalu atur batas kecepatan berkendara yang diinginkan. Di dalam kota, fitur ini sudah dapat diaktifkan pada kecepatan 30 km/jam. Untuk mengaktifkan LKA, ada tombol di bagian paling kanan dashboard, dekat dengan pintu. Tekan dan pastikan logo LKA telah menyala di panel instrument.

Test Drive Singkat Wuling Almaz RS, Bisa Bikin Malu Merek Jepang 04

Aplikasi ACC diaktifkan melalui tombol-tombol di palang kemudi sebelah kiri

Setelah kedua fitur tersebut aktif, jalankan mobil seperti biasa, tanpa perlu menginjak pedal gas maka fitur ACC akan menjaga jarak aman dengan mobil di depannya. Bahkan dengan kehadiran TJA dan ICA mobil ini dapat melakukan pengereman sendiri saat mobil di depan kita berhenti akibat adanya hambatan atau kemacetan. Saat cruise control aktif, fitur BCC juga secara pintar dapat mengurangi kecepatan saat menghadapi belokan, sehingga pengendaraan semakin aman.

Test Drive Singkat Wuling Almaz RS, Bisa Bikin Malu Merek Jepang 05

Fitur LKA diaktifkan dengan memencet tombol paling kanan di instrumen ini

Yang juga impresif adalah aplikasi fitur LKA yang dapat membaca marka jalan. Alhasil, selain tak perlu menginjak pedal gas dan rem karena diambil alih oleh ACC, pengendara juga tak perlu memegang lingkar kemudi. Ya, seakan sebuah mobil otonom, LKA akan menjaga mobil tetap berada dalam lajur jalan yang dibatasi oleh marka jalan. Jadi selama marka jalan terbaca jelas oleh kamera stereo yang digunakan pada Almaz RS, maka pengendalian kemudi dapat dilakukan mandiri oleh mobil ini.

Test Drive Singkat Wuling Almaz RS, Bisa Bikin Malu Merek Jepang 06

Posisi radar ada di bagian depan Wuling Almaz RS

Meski begitu, untuk memastikan keselamatan, mobil akan memberi peringatan jika setir terlalu lama dilepaskan dan meminta pengemudi untuk kembali mengambil kendali di lingkar kemudi. 

Baca juga: Adu Pintar Wuling Almaz RS dengan WISE vs Honda CR-V dengan Honda SENSING

Mengikat Mobil dengan Ponsel lewat Internet Car

Masih menjadi bagian dari WISE, pada Wuling Almaz RS ini juga terdapat fitur Internet Car atau oleh Wuling disebut sebagai Internet of Vehicle (IoV). Fitur ini terdiri dari Vehicle Remote Control, Bluetooth Key, Vehicle Positioning, dan Geo-fencing Security dimana semua dapat dioperasikan melalui ponsel pintar sang pemilik Almaz RS. Beberapa fungsi IoV lainnya pada mobil ini juga tersedia Online Navigation, Online Music, serta Internet Messaging App yang semuanya dapat diakses pada head unit Almaz RS dan dioperasikan menggunakan WIND.

Test Drive Singkat Wuling Almaz RS, Bisa Bikin Malu Merek Jepang 07

Dengan disambungkan ke ponsel, Anda dapat mengendalikan Wuling Almaz RS

Melalui aplikasi My Wuling+ pada ponsel, pemilik mobil dapat menyalakan mesin dan menghidupkan AC dari mana pun ia berada. Bahkan fungsi keyless key, dapat digantikan oleh ponsel pemiliknya karena terkoneksi melalui Bluetooth. Untuk menunjang keselamatan, mobil dapat dengan mudah dilacak keberadaannya, bahkan dapat dibatasi pergerakannya melalui fitur Geo-fencing Security. Pemilik dapat mengetahui jika Wuling Almaz RS miliknya telah keluar dari wilayah yang telah ditentukan.

Test Drive Singkat Wuling Almaz RS, Bisa Bikin Malu Merek Jepang 08

Navigasi, musik dan pesan singkat dapat diatur melalui head unit 10,4 inci ini

Sementara untuk fungsi IoV melalui head unit, hanya dengan perintah suara berbahas Indonesia yang mudah pada WIND, pengguna Almaz RS dapat menggunakan sistem navigasi, membaca dan membalas pesan WhatssApp dengan teknologi speech-to-text, serta memutar music favorit via aplikasi Joox yang terinstal di fitur ini.

Baca juga: Bocoran Harga Wuling Almaz RS 2021, nyaris Rp400 juta plus Fitur Driving Assistance Canggih

Kesimpulan Wuling Almaz RS

Memang kesempatan mencoba semua fitur WISE pada Wuling Almaz RS ini hanya dilakukan singkat, namun semua fungsi yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya dapat dirasakan dalam simulasi yang dibuat oleh Wuling Motors. Mobil ini kami yakini bisa menjadi pembeda di kelasnya, dan menjadi pintu bagi dimulainya era mobil otonom di Indonesia.

Test Drive Singkat Wuling Almaz RS, Bisa Bikin Malu Merek Jepang 09

Masih ada fitur Inteligent Head Lamp yang mampu beradaptasi dengan kondisi jalan saat berkendara

Yang perlu diperhatikan, sejak pertama kali hadir di Indonesia Wuling Almaz telah menjadi fenomena di kelas medium SUV. Seakan menantang langsung kemapanan Honda CR-V yang bertahun-tahun menikmati singgasananya sebagai penguasa pasar. Apalagi Honda CR-V facelift terbaru yang diluncurkan Februari lalu, juga mengusung fitur Honda SENSING yang serupa dengan fitur ADAS pada WISE.

Test Drive Singkat Wuling Almaz RS, Bisa Bikin Malu Merek Jepang 10

Mesin 1,5 Liter Turbo bertenaga 140 PS dan torsi 250 Nm

Namun ingat, selama ini Wuling Almaz telah menggoda tak hanya dengan fitur dan teknologi, namun juga dengan banderol harga yang lebih terjangkau. Memang Wuling Almaz RS belum mengumumkan harga jual resminya, tapi dari beberapa bocoran yang hadir di dunia maya, banderol harganya bahkan tak menyentuh Rp400 juta! Coba lihat apa yang ditawarkan oleh Honda, yang membanderol harga Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige berfitur Honda SENSING dengan harga Rp577juta!

Test Drive Singkat Wuling Almaz RS, Bisa Bikin Malu Merek Jepang 11

Wuling Almaz RS menawarkan banyak keunggulan dibandingkan SUV merek Jepang

Dan jangan lupa juga, di kelas ini masih ada Mazda CX-5 dan Toyota Corolla Cross yang bahkan belum menawarkan fitur ADAS selengkap Honda CR-V atau Wuling Almaz RS, dengan harga yang juga jauh lebih mahal. Aduh.. Wuling Almaz RS benar-benar bisa bikin malu merek Jepang nih!

Baca juga: Segera Meluncur, Wuling Almaz RS juga harus siap menghadapi Haval H6
 

Komentar