window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Thailand Sudah Pakai Honda City Hatchback Untuk Balapan. Kenapa di Sini Masih Pakai Honda Jazz?

Dhoni · 26 Mar, 2021 14:00

Tim balap Honda Racing Indonesia memang masih mengandalkan Honda Brio RS dan Honda Jazz sebagai mobil balapnya. Sementara itu tim balap Honda di Thailand lebih advance karena telah mengunakan Honda City Hatchback RS sebagai mobil andalannya.

Thailand Sudah Pakai Honda City Hatchback Untuk Balapan. Kenapa di Sini Masih Pakai Honda Jazz? 01

Honda City Hatchback RS akan digunakan dalam ajang Honda City Hatchback One Make Race yang akan berlangsung selama 6 seri di Thailand. Gelaran ini diselenggarakan oleh Grand Prix International yang juga merupakan penyelenggara Bangkok International Motor Show.

Sedangkan di Indonesia, tim balap Honda Racing Indonesia memang masih mengunakan Honda Brio RS dan Honda Jazz. Alasan masih tetap digunakannya Honda Brio RS karena sesuai dengan kejuaraan nasional dengan batasan kapasitas mesin 1.200 cc pada Indonesia Touring Car Racing (ITCR).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain itu, kedua mobil tersebut akan digunakan oleh tim balap Honda Racing Indonesia pada dua ajang OMR (Honda Jazz & Brio Speed Challenge).

Sedangkan untuk penggunaan Honda City Hatchback RS masih belum dapat digunakan karena beberapa hal seperti yang diungkapkan Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, "Dengan harga yang belum tersedia, tentunya Honda City Hatchback RS belum dapat dimiliki sehingga mobil ini belum dapat digunakan dalam ajang balapan di Sentul. Informasi harga baru dapat kami sampaikan pada April mendatang."

Baca juga: Honda Brio dan Honda Jazz Masih Jadi Pilihan Honda Racing Indonesia di 2021

Thailand Sudah Pakai Honda City Hatchback Untuk Balapan. Kenapa di Sini Masih Pakai Honda Jazz? 01

Honda City Hatchback RS versi balap di Thailand

Di Thailand, Honda City Hatchback RS dibanderol dengan harga 749.900 Bath atau setara Rp347.655.000. Namun apabila melakukan pembelian mobil untuk digunakan sebagai mobil balap, pihak Honda Thailand akan memberikan diskon sebesar 80 ribu Bath (Rp37 juta).

Sedangkan untuk biaya yang harus dikeluarkan dalam melakukan modifikasi Honda City Hatchback RS agar layak mengikuti balapan, setiap mobil harus merogoh biaya mencapai 422.999 Bath atau setara dengan Rp196 jutaan.

Thailand Sudah Pakai Honda City Hatchback Untuk Balapan. Kenapa di Sini Masih Pakai Honda Jazz? 02

Honda City Hatchback RS versi balap di Thailand dengan biaya Rp506 juta

Dengan total biaya mencapai 1.091.999 Bath (Rp506 jutaan) mobil Honda City Hatchback RS siap digunakan untuk mengikuti serangkaian balap sirkuit di Thailand selama tahun 2021. Perubahan atau penggantian komponen racing yang diperoleh pada Honda City Hatchback RS terdapat hingga 26 parts.

Baca juga: Test Drive: Ini kata Media Thailand Soal Honda City Hatchback RS

Honda City Hatchback RS Versi Balap, Pakai Mesin Turbo

Dengan menghabiskan biaya mencapai Rp506 juta, Honda City Hatchback RS 2021 telah dapat digunakan untuk mengikuti ajang balap di Thailand. Beberapa bagian yang mendapat sentuhan pada Honda City Hatchback RS terdiri dari:

Performa mesin Honda City Hatchback RS

Dengan mengunakan mesin 1.0L VTEC Turbo 3 silinder berkapasitas 998 cc. Mesin yang dapat menghasilkan tenaga 122 PS pada 5.500 rpm dan torsi puncak 173 Nm pada 2.000-4.500 rpm dengan menggunakan ECU buatan Power Lab. ECU tersebut tentu telah mendapatkan sentuhan program khusus demi meningkatkan performa mesin Honda City Hatchback RS.

Thailand Sudah Pakai Honda City Hatchback Untuk Balapan. Kenapa di Sini Masih Pakai Honda Jazz? 03

Untuk sistem Exhaust mengunakan Racing Muffler agar meningkatkan sistem gas buang pada Honda City Hatchback RS. Sementara demi memperlancar dan memaksimalkan kinerja sistem transmisi Continuously Variable Transmission (CVT), maka dipasangkan transmission oil Cooler.

Kaki-kaki Honda City Hatchback RS

Untuk urusan kaki-kaki yang menjadi salah satu bagian terpenting dalam melibas sirkuit, beberapa komponen telah mendapatkan penggantian seperti velg berukuran 15 inci merk Enkei yang terbalut ban Yokohama. Sedangkan bagian lainnya yang tidak luput dari perhatian adalah sistem suspensi dengan penambahan Racing Damper Kit buatan TEIN.

Thailand Sudah Pakai Honda City Hatchback Untuk Balapan. Kenapa di Sini Masih Pakai Honda Jazz? 04

kaki-kaki Honda City Hatchback RS versi balap di Thailand

Untuk sistem pengereman yang terdiri dari cakram roda depan, brake pad dan minyak pelumas menggunakan produk buatan Nexzter.

Sistem Pelindung di Honda City Hatchback RS 

Tentunya sistem pelindung yang telah memenuhi standar keselamatan wajib terpasang pada bagian dalam Honda City Hatchback RS. Untuk Roll cage mengadopsi sistem yang dibuat secara khusus dengan lapisan pelindung buatan Sparco.

Thailand Sudah Pakai Honda City Hatchback Untuk Balapan. Kenapa di Sini Masih Pakai Honda Jazz? 05

Kabin Honda City Hatchback RS versi balap di Thailand

Sementara untuk FIA Bucket Seat, mounting seat, FIA 6 poin seat belt dan window net dipastikan menggunakan brand buatan Sparco. Tentunya nama besar Sparco telah terbukti dalam berbagai kompetisi otomotif di dunia.

Baca Juga: Daftar Aksesoris Resmi OEM yang Bikin Honda City Hatchback RS 'Rasa Type R'

Komponen Honda City Hatchback RS versi balap

Selain komponen yang menjadi andalan tim balap Honda Racing Thailand, berikut spesifikasi lengkap dari Honda City hatchback RS versi balap di Thailand.

Thailand Sudah Pakai Honda City Hatchback Untuk Balapan. Kenapa di Sini Masih Pakai Honda Jazz? 06

Bagaimana, Anda tertarik untuk memodifikasi performa Honda City Hatchback RS dengan spesifikasi balap ala Thailand? Perlu diingat, modifikasi seperti ini bukan untuk digunakan ngebut di jalan raya loh. 

Thailand Sudah Pakai Honda City Hatchback Untuk Balapan. Kenapa di Sini Masih Pakai Honda Jazz? 07

Biaya merubah Honda City Hatchback RS jadi mobil balap

Photo credit & Info: Autofun Thailand

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda City Hatchback RS 1.5 M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil