Tidak Cuma Laris di Indonesia, Penjualan Mitsubishi Xpander di Mancanegara Kalahkan Toyota Avanza dan Innova

Dhoni · 25 Feb, 2021 08:00

Tidak Cuma Laris di Indonesia, Penjualan Mitsubishi Xpander di Mancanegara Kalahkan Toyota Avanza dan Innova 01

Penjualan Mitsubishi Xpander rebut market share 78.1%

Mitsubishi Xpander ini adalah sosok MPV fenomenal, bukan cuma laris di Indonesia tetapi hingga ke mancanegara. MPV besutan Mitsubishi ini berhasil mendominasi penjualan selama Januari 2021 di Vietnam.

Penjualan Mitsubishi Xpander di negara tersebut telah mencapai 2.793 unit kendaraan. Jumlah tadi berhasil mengungguli para pesaingnya di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV), termasuk Toyota Avanza.

Baca juga: Pemerintah Siap Berlakukan Relaksasi PPnBM Mobil, Diskon Mitsubishi Xpander Hingga Belasan Juta

Cari Mobil Keluarga Harga Rp 250 Jutaan, Pilih Mitsubishi Xpander 2021 atau Toyota Alphard Bekas?

7 Faktor Kenyamanan Terbaik di Mitsubishi Xpander 2021, MPV Impian Keluarga Indonesia

Sesuai dengan yang diinformasikan oleh media dari Vietnam, penjualan Mitsubishi Xpander berhasil menguasai market share sebanyak 78,1% dari seluruh varian MPV yang dijual di Vietnam pada bulan lalu (Januari 2021).

Tidak Cuma Laris di Indonesia, Penjualan Mitsubishi Xpander di Mancanegara Kalahkan Toyota Avanza dan Innova 02

Penjualan Mitsubishi Xpander rebut market share 78.1%

Jumlah penjualan Mitsubishi Xpander pada bulan Januari 2021, tentu sangat mengejutkan karena tidak ada pesaing yang berhasil mendekati angka penjualan Xpander. Bahkan para pesaing Mitsubishi Xpander tidak yang terjual lebih dari 300 unit mobil.

Tidak Cuma Laris di Indonesia, Penjualan Mitsubishi Xpander di Mancanegara Kalahkan Toyota Avanza dan Innova 03

Penjualan Mitsubishi Xpander tembus 2.793 unit selama Januari 2021

Penjualan kedua tertinggi di Vietnam pada segmen LMPV ditempati oleh Suzuki XL7. Dengan penjualan sebanyak 292 unit, Suzuki XL7 merebut market share sebanyak 8,2% dari total penjualan selama bulan Januari 2021.

Tidak Cuma Laris di Indonesia, Penjualan Mitsubishi Xpander di Mancanegara Kalahkan Toyota Avanza dan Innova 04

Penjualan Suzuki XL 7 menempati urutan kedua

Toyota Kijang Innova yang juga menjadi pesaing penjualan Mitsubishi Xpander di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV), hanya terjual sebanyak 247 unit mobil atau 11,3 kali lebih sedikit dari penjualan Xpander pada Januari 2021. Dengan sebanyak 247 unit, Toyota Kijang Innova merebut market share sebanyak 6,9%.

Tidak Cuma Laris di Indonesia, Penjualan Mitsubishi Xpander di Mancanegara Kalahkan Toyota Avanza dan Innova 05

Toyota Kijang Innova hanya terjual 247 unit selama januari 2021 di Vietnam

Untuk urutan lima besar dalam penjualan pada segmen MPV di Vietnam di tempati KIA Rondo (44 unit) dan Toyota Avanza (18 unit).

Spesifikasi Mitsubishi Xpander di Vietnam, Serupa Indonesia

Secara spesifikasi Mitsubishi Xpander versi di Vietnam memiliki kesamaan dengan di Indonesia. Mitsubishi Xpander mengandalkan mesin 1,5 liter, 4 silinder dengan teknologi MIVEC DOHC 16 Valve berkapasitas 1.500 cc. Mesin 1.5 L Naturally-aspirated dapat mengeluarkan tenaga sebesar 104 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi mencapai 141 Nm diputaran mesin 4.000 rpm.

Di Indonesia, Mitsubishi Xpander dibanderol dari harga Rp220 juta hingga Rp278 juta untuk varian tertinggi tipe Ultimate A/T. Sementara untuk Xpander di Vietnam dijual mulai dari Rp338.723.940 sampai dengan Rp384.497.445 dan memang cukup mahal.

Tidak Cuma Laris di Indonesia, Penjualan Mitsubishi Xpander di Mancanegara Kalahkan Toyota Avanza dan Innova 06

Mitsubishi Xpander andalkan mesin 1.5 L Naturally-aspirated

Mitsubishi Xpander versi Vietnam juga menggunakan layar sentuh berukuran 7 inci, seperti versi di Indonesia. Selain itu, layar sentuh pada Xpander di Vietnam telah dapat terkoneksi pada Android Auto dan Apple CarPlay. Namun di Indonesia hanya Mitsubishi Xpander tipe Ultimate A/T yang telah mengadopsi layar sentuh seperti di Vietnam.

Dengan beragam keunggulan hingga penawaran dalam promosi penjualan Mitsubishi Xpander, rasanya memang mobil dengan kapasitas penumpang 7 orang ini layak memimpin penjualan selama bulan Januari. Namun dengan rentang waktu sekitar 10 bulan tersisa hingga akhir tahun, apa pun dapat terjadi. Terlebih setiap APM di Vietnam akan berusaha dalam mengejar ketertinggalan market share dari hasil penjualan Mitsubishi Xpander.

Namun yang harus diketahui, di Vietnam Mitsubishi Xpander bersaing langsung dengan Toyota Kijang Innova dalam kelas MPV, sedangkan di Indonesia terdapat perbedaan segmen antara LMPV di huni oleh Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga. Sedangkan segmen MPV terdiri dari Toyota Kijang Innova dan Honda HR-V 2021.

Kira-kira di Indonesia, Apakah Mitsubishi Xpander dapat menggeser dominasi Toyota Avanza pada tahun 2021? Bagaimana menurut Anda?

 

 

Komentar