Tidak Hanya Murah, Ini Alasan Kenapa Ban ‘Eco’ Cocok Digunakan LCGC

Enda · 26 Jun, 2021 12:00

Tidak Hanya Murah, Ini Alasan Kenapa Ban ‘Eco’ Cocok Digunakan LCGC 01

Ban eco cocok digunakan untuk mobil jenis LCGC

Selain MPV dan SUV, mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC) di Tanah Air cukup banyak diminati. Pasalnya, sebagai kendaraan yang menyasar segmen entry-level, mobil ini sangat sesuai dengan gaya hidup masyarakat Indonesia yang dinamis, serta mudah dan murah dalam hal perawatan.

"Mobil jenis LCGC hemat biaya operasional mulai dari penggunaan bahan bakar yang irit hingga perawatan yang mudah. Selain itu, mobil ini juga memberikan nilai tambah dengan spesifikasinya yang ramah lingkungan. Namun, mobil ini juga perlu ditunjang dengan komponen yang sesuai agar kinerja kendaraan lebih optimal. Untuk mendukung program ini Hankook Tire menyediakan ban yang eco yang sangat cocok untuk kendaraan ini,” ungkap Apriyanto Yuwono, selaku National Sales Manager PT. Hankook Tire Sales Indonesia.

Setidaknya, terdapat tiga alasan mengapa ban eco sangat cocok untuk kendaraan LCGC sehingga pengendara mendapatkan pengalaman berkendara yang semakin ramah lingkungan, aman dan nyaman.

Baca juga: Engine Flush Ternyata Tidak Boleh Dilakukan Setiap Ganti Oli Mesin, Ini Alasannya!

1. Mampu Menghemat Penggunaan Bahan Bakar

Ban ini memiliki hambatan gulir (rolling resistance) yang rendah. Hal ini berguna untuk penggunaan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Prinsip eco berfokus pada emisi yang keluar dari kendaraan. Untuk mendapatkan hambatan gulir yang rendah serta memiliki daya cengkram yang baik, biasanya ban ini dibuat dari compound senyawa silika.

Baca juga: Tidak Cuma Handphone, Ini 7 Barang yang Jadi Penyebab Kebakaran dan Bikin Kerusakan di Mobil

2. Nyaman dan Awet

Tidak Hanya Murah, Ini Alasan Kenapa Ban ‘Eco’ Cocok Digunakan LCGC 02

Hankook Energy Eco dianggap nyaman dan awet

Ban eco mampu mempertahankan kenyamanan berkendara yang didukung dengan kekakuan dan daya tahan dinding samping ban yang lebih ditingkatkan. Selain itu, agar semakin optimal dalam berkendara, ban eco dirancang menggunakan kawat strand bead tunggal yang kuat agar ada keseragaman dan pemasangan ban yang lebih ditingkatkan. Ban eco cenderung memiliki keausan tapak yang lebih lama sehingga dapat membuat ban berjalan lebih jauh dibanding ban biasa.

3. Dianggap Lebih Responsif 

Ban eco cenderung memiliki penanganan dan respon kemudi yang lebih baik. Hal ini dikarenakan struktur ban menggunakan bead filler yang memiliki kekakuan tinggi. Selain itu, ban eco dapat membantu menghadirkan transisi yang lebih mulus saat sprint maupun menikung.

Komponen-komponen di atas merupakan beberapa teknologi yang telah dimiliki Hankook Tire, produsen ban global terkemuka, yang menerapkan teknologi canggihnya untuk pengembangan ban ramah lingkungan melalui 'Kontrol Technology’.

Salah satu inovasinya dihadirkan pada model Kinergy Eco2 yang tersedia di seluruh distributor resmi Hankook Tire di Indonesia. Ban jenis ini memiliki performa yang serba bisa baik di jalan kering dan basah yang sesuai dengan iklim di Indonesia.

Alur lateral yang lebar pun turut membantu menciptakan ketahanan hydroplaning yang luar biasa. Selain itu, model ini memiliki hambatan gulir yang baik.

Baca juga: Cara Menyalip Mobil Lain yang Benar dan Aman di Jalan Raya, Jangan Maksa Biar Gak Celaka!

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota 2020 Agya 1.0L G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru