window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tidak Sulit Kok, Begini Cara Mudah Merawat Mesin Mobil Diesel Euro4 Agar Tetap Awet

Enda · 8 Jun, 2022 08:30

Cara mudah merawat mesin diesel Euro4

Pemerintah telah melaksanakan kebijakan Euro4 untuk kendaraan baru bermesin diesel yang berlaku mulai April tahun ini. Hal ini dilakukan guna menurunkan kadar emisi gas buang NOx yang dikenal cukup berbahaya, serta mendapati udara yang lebih bersih.

Salah satu pabrikan otomotif jenama Jepang yang menerapkan standar Euro4 pada kendaraan baru bermesin diesel adalah Toyota. Tak hanya lebih ramah lingkungan, mesin diesel Toyota yang ada di Indonesia juga dilengkapi teknologi canggih seperti turbo variabel, common-rail, dan intercooler yang membuatnya berlimpah torsi.

Menganut teknologi canggih serta memiliki emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan, berikut adalah cara mudah merawat mesin diesel Euro4 ala Auto2000.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Tips Merawat Mobil Capek, Jangan Lupa Rutin Cek 3 Hal Ini

1. Cek dan Rajin Ganti Filter Solar Secara Berkala

Cara mudah merawat mesin diesel Euro4

Filter solar mesin diesel Euro4 harus rajin dicek dan diganti

Sebagaimana fungsinya, filter solar pada mesin diesel berupaya untuk mencegah kotoran supaya tidak lolos masuk ke dalam sistem injeksi bahan bakar. Ada lampu peringatan pada panel instrumen mobil yang menyala bila kondisi filter diesel sudah kotor. Apabila timbul gejala tersebut, sesegara mungkin untuk mengganti filter solar supaya kotoran tidak menyumbat pada sistem pengabutan.

2. Rajin Membersihkan Filter Udara

Filter udara bertugas menyaring udara yang hendak masuk ke dalam ruang bakar agar pembakaran menjadi optimal, serta performa mesin tetap terjaga. Rajin membersihkan filter udara ini juga dapat menjaga komponen di dalam mesin serta mengurangi risiko sistem injeksi solar tersumbat kotoran.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah, Kalau Dilanggar Bisa Bikin Mesin Jebol

3. Pakai Solar yang Sesuai Spesifikasi

Cara mudah merawat mesin diesel Euro4

Gunakan solar sesuai dengan spesifikasi mesin diesel Euro4

Mobil diesel dengan standar Euro4 tidak disarankan menggunakan solar dengan kandungan sulfur tinggi. Apabila dipaksakan secara terus menerus menggunakan solar bersulfur tinggi, secara cepat akan membuat sistem distribusi bahan bakar terganggu, menurunya performa mesin serta merusak injector. Untuk itu mobil diesel dengan standar Euro4 untuk penggunaan solar minimumnya adalah Dexlite.

4. Sebelum Melakukan Perjalanan, Panaskan Mesin Terlebih Dahulu

Cara lain untuk menjaga keawetan mesin diesel Euro4 adalah memanaskannya sebelum melakukan perjalanan. Perlu diketahui, untuk memanaskan mesin tidak perlu lama-lama, cukup hanya 1 menit supaya oli dapat melumasi seluruh bagian komponen di dalam mesin.

Bukan cuma memanaskan mesin selama 1 menit saat kondisi dingin, sebelum mematikan mesin juga sebaiknya mendiamkan 1 menit supaya turbo tidak mudah rusak. Apabila cara ini dianggap cukup merepotkan, kalian bisa memasang turbo timer.

5. Ganti Oli Secara Teratur

Cara mudah merawat mesin diesel Euro4

Selalu mengecek volume oli dan lakukan penggantian secara teratur

Mobil diesel Euro4 pada umumnya sudah menggunakan turbo. Untuk itu kalian juga diwajibkan mengganti oli mesin secara teratur supaya oli dapat melumasi turbo dengan baik.

Tak hanya itu, sesering mungkin juga untuk mengcek ketersediaan oli pada mesin lewat dipstick untuk memastikannya tidak berkurang.

6. Cek Kondisi Water Sedimenter

Water sedimenter berfungsi untuk menangkap kandungan air pada saluran bahan bakar agar tidak ikut mengalir ke dalam mesin. Benda ini berfungsi supaya tidak mengganggu kinerja mesin dan mencegah risiko berkarat.

Jika kalian menemukan lampu indikator water sedimenter di panel instrumen menyala, sebaiknya untuk segera kuras water sedimenter.

Baca juga: 5 Cara Merawat Electric Power Steering Mobil, Sepele Tapi Bisa Bikin Hemat Biaya Servis

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil