window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas, Jangan Cuma Incar Kilometer Rendah

Prasetyo · 28 Jan, 2023 08:07

Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas, Jangan Cuma Incar Kilometer Rendah 01

Beli mobil bekas berkualitas memang gampang-gampang sulit. Apalagi untuk Anda yang kurang begitu paham mengenai seluk beluk kondisi mobil bekas yang aman untuk dimiliki. Kalau salah pilih maka kerugian akibat biaya pengeluaran yang membludak di kemudian hari siap menanti.

Dalam memilih mobil bekas berkualitas juga jangan cuma dilihat dari fisik. Sebab banyak sekali penjual atau pedagang mobkas (mobil bekas) yang menyembunyikan kerusakan dari kendaraan itu dengan polesan-polesan sehingga tampak istimewa dari luar.

Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas, Jangan Cuma Incar Kilometer Rendah 02

Mobil bekas di Carsome

Jangan juga tergiur oleh kondisi mobil yang statusnya Low Kilometer (Km). Mobil-mobil seken seperti ini biasanya dijual dengan angka odometer cukup rendah dibanding usia kendaraannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Mulai dari HR-V sampai BMW, Inilah Rekomendasi Mobil Bekas Terbaik di Januari 2023

Beli Mobil Bekas Low Km Belum Tentu Berkualitas

Ada anggapan beli mobil yang kondisinya low kilometer akan mendapatkan unit yang prestine alias istimewa. Misalnya mobil tersebut keluaran tahun 1995, namun odometernya baru menunjukkan 10 ribu km.

Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas, Jangan Cuma Incar Kilometer Rendah 01

Jangan tergiur mobil low km

Tak jarang mobil-mobil low km ini memiliki harga lebih mahal dari pasaran. Label "mobil simpanan" pun melekat pada mobkas jenis ini. Padahal tidak selamanya kondisi mobil tersbeut berkualitas. Ada dua hal yang patut dicurigai jika mobil bekas disebut sebagai low Km.

Pertama odometer di panel instrumen kendaraan tersebut di rekayasa sehingga terlihat kilometer rendah. Dikenal dengan istilah reset odometer atau kilometernya dimundurkan, adalah teknik curang yang kerap dipakai sebagian oknum penjual mobkas hingga saat ini. Tujuannya tentu saja mengerek harga kendaraan itu jadi jauh lebih tiggi dari harga kondisi mobil sebenarnya.

Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas, Jangan Cuma Incar Kilometer Rendah 02

Mobil bekas low km tapi tidak terawat juga akan butuh biaya perbaikan mahal

Kedua mobil bekas tak terawat. Bisa saja mobil dengan angka kilometer rendah namun tidak dirawat dengan baik. Akibatnya kondisi komponen di kendaraan itu sudah tak bekerja lagi dengan semestinya. Alhasil biaya perawatan tak kalah besar ketimbang mobil km normal tapi kondisi sehat.

Baca juga : 5 Pilihan Mobil Bekas Rp 100 Jutaan, Tampil Beda di Jalan Tapi Gak Nguras Tabungan

Pentingnya Inspeksi Mobil Bekas

Saat mendapati mobil bekas low km, maka ada hal yang perlu Anda lakukan. Yaitu mengetahui servis record dari kendaraan tersebut. Karena dari sini akan ketahan, kapan si pemilik mobil sebelumnya melakukan servis, dan benarkan kondisi odometer dengan catatan servis terakhir yang ia lakukan.

Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas, Jangan Cuma Incar Kilometer Rendah 03

Menyawa jasa inspeksi sangat dianjurkan

Ada baiknya saat membeli mobil bekas Anda juga melakukan inspeksi kendaraan. Kalau tidak paham seluk beluk kondisi mobil bisa gunakan jasa inspeksi seperti Otospector yang sudah berpengalaman sejak 2016.

"Hingga saat ini kami sudah menginspeksi lebih dari 70.000 unti mobil dan bermitra dengan lebih dari 600 shworoom mobil bekas di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya," kata Jeffrey Andika selaku Founder dan CEO Otospector melalui keterangan tertulisnya.

Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas, Jangan Cuma Incar Kilometer Rendah 04

Semua mobil yang dijual di Carsome sudah lulus inspeksi 175 titik

Atau Anda bisa juga pilih dealer mobil bekas yang sudah menyediakan jasa inspeksi. Satu diantaranya CARSOME yang telah melakukan inspeksi 175 titik untuk setiap kendaraan yang dijualnya. Hal ini guna memastikan saat konsumen beli mobil bekas berkualitas mendapatkan unit yang sangat sesuai dengan harapannya.

Baca juga : Dikenal Fun To Drive, Ini 5 Pilihan Mobil Bekas Merek Honda Dibawah Rp200 Juta

Ada Garansi Jauh Lebih Baik

Ketika mobil yang diincar sudah dilakukan inspeksi menyeluruh dan hasilnya memuaskan, ada satu tahap lagi yang bisa memberikan rasa aman saat hendak beli mobil bekas berkualitas. Yaitu terkait garansi kendaraan tersebut.

Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas, Jangan Cuma Incar Kilometer Rendah 05

Mobil bekas di Carsome

Pastikan pihak dealer atau penjual memberikan garansi untuk unit yang mereka perdagangkan. Misalnya di CARSOME ada garansi 5 hari uang kembali hingga garansi 1 tahun. Sementara di Otospector ada gratis layanan darurat 24 jam selama 1 tahun untuk perbaikan ganti aki, ganti ban, kehabisan BBM, hingga buka kunci yang macet atau tertinggal didalam mobil.

Nah sekarang sudah tahu kan gimana beli mobil bekas berkualitas. Lebih baik teliti dan repot sedikit sebelum membeli, daripada harus mondar-mandir ke bengkel karena membeli mobil yang busuk.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil