Tips Beli Toyota Alphard Harga Murah, Perhatikan Beberapa Poin Ini

Yongki Sanjaya · 17 Mei, 2020 14:00

Tips Beli Toyota Alphard Harga Murah, Perhatikan Beberapa Poin Ini 01

Jakarta - Toyota Alphard resmi masuk ke Indonesia pada tahun 2002 dan menjadi pelopor di segmen MPV premium. Toyota Alphard awalnya dibuat khusus untuk pasar domestik Jepang, tetapi karena diminati oleh konsumen Asia, Alphard kemudian dijual di beberapa negara luar Jepang, termasuk di Indonesia.

Toyota Alphard memiliki total 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020. Saudara Toyota Alphard yang juga merupakan mobil terkenal, yakni Toyota Vellfire.

Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Toyota Alphard mengutamakan kenyamanan kabin dengan berbagai fitur kelas satu yang sangat memanjakan penumpangnya. Kebetulan pada saat itu segmen MPV mewah di Indonesia belum banyak pesaing sejenis dari merek lain. 

Toyota sengaja menciptakan Alphard untuk memenuhi kebutuhan orang di Asia yang terbiasa dengan MPV. Mobil dengan wujud minibus tentu punya kapasitas angkut yang besar dan juga dimensi yang lega dibandingkan sedan.

Nama Alphard yang digunakan yaitu berasal dari nama bintang paling terang dalam konstelasi Hydra. Menurut pakar astronomi Eropa, mereka menyebut Alphard sebagai rasi bintang Cor Hydrae atau ‘The Heart of the Snake’. Inilah mengapa Alphard memakai logo ular pada grill depan, dan tidak menggunakan logo Toyota.

Tips Beli Toyota Alphard Harga Murah, Perhatikan Beberapa Poin Ini 01

Toyota Alphard menawarkan konsep mobil mewah terbaik Indonesia dengan kemewahan absolut. Dengan kemewahannya, Toyota Alphard juga telah menjadi sebuah simbol gengsi tersendiri bagi pemiliknya. Kenyamanan di Toyota Alpard bisa membuahi penumpangnya di kursi tengah karena beragam fasilitas mewah yang ada di interiornya.

Dengan kualitas dan material premium, Alphard juga dipercaya sebagai armada taksi mewah di kota-kota besar. Ini menjadi sebuah alternatif bagi kalangan elit atau ekspatriat perusahaan yang ingin nyaman tapi tidak mau repot saat bepergian. Bicara soal mobil bekas taksi, Alphard pun cukup menarik dimiliki karena harganya yang relatif terjangkau dibandingkan versi umum. 

Sekilas Perkembangan Toyota Alphard 

Memasuki tahun 2008, hadir varian Toyota Vellfire yang saat itu mengisi tipe teratas dalam keluarga Alphard yang kemudian terpisah dimana Vellfire menjadi model tersendiri. Kini, Alphard telah masuk generasi ketiga dengan membawa sejumlah perubahan. MPV boxy ini bisa dikenali dari headlamp sipit, lalu desain grille yang besar dan mirip Crown. 

Tips Beli Toyota Alphard Harga Murah, Perhatikan Beberapa Poin Ini 02

Kemudian pada Toyota Alphard generasi ketiga mudah dikenali dari desain headlamp sipit dan grill besar. Di bagian depan, Alphard memakai masing-masing dua buah headlamp LED model tumpuk yang terintegrasi dengan lampu kabut. Desain sipit milik Alphard ini lantas digunakan pada model Toyota lainnya seperti Voxy hingga Avanza.

Berburu Toyota Alphard Bekas Taksi Lebih Murah

Tips Beli Toyota Alphard Harga Murah, Perhatikan Beberapa Poin Ini 03

Toyota Alphard sudah digunakan sebagai armada taksi oleh perusahaan Blue Bird sejak 2008. Kiprah Alphard sebagai taksi premium juga ikut dioperasikan oleh perusahaan Express Group dan juga beberapa perusahaan fleet lainnya. Untuk armada taksi premium, biasanya tidak ada downgrade atau penurunan spesifikasi dan fitur di mobilnya.

Untuk kalian ketahui, biasanya unit kepemilikan bekas taksi sudah diganti status kendaraannya dari plat kuning jadi plat hitam (pribadi). Kelengkapan standar taksi seperti neon box di atap, argometer, serta perlengkapan komunikasi di ruang kemudi juga sudah dilepas. 

Ada beberapa keuntungan membeli mobil bekas taksi. Salah satunya adalah usia mobil yang tergolong muda dan dijual dengan harga murah. Selain itu, interior di taksi Alphard sama seperti Toyota Alpard untuk kalangan pribadi.

Tips Beli Toyota Alphard Harga Murah, Perhatikan Beberapa Poin Ini 04

Keuntungan lainnya, untuk menjamin pembeli memperoleh mobil bekas taksi dengan kualitas yang memuaskan, maka perusahaan taksi mengizinkan calon pembeli memeriksa kondisi mobil secara keseluruhan.

Dijual Lebih Murah, Ini Kelemahan Toyota Alphard Bekas Taksi

Tips Beli Toyota Alphard Harga Murah, Perhatikan Beberapa Poin Ini 05

Bagi sebagian orang, uang Rp 200 juta lebih menarik untuk membeli Toyota Alphard bekas taksi daripada MPV seperti Avanza atau Xpander. Melihat harga pasaran, Alphard X bekas taksi keluaran 2012 dijual Rp 225 juta dan keluaran 2014 dijual Rp 255 juta.

Biasanya, mobil bekas taksi telah mencatatkan jarak tempuh sangat tinggi. Banyak hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli mobil bekas taksi. Kita harus memeriksa mulai dari mesin, kaki-kaki, interior hingga ke bodinya.

Dengan jarak tempuh tinggi, kondisinya jelas tidak 100 persen normal. bisa saja muncul kemungkinan masalah di banyak bagian. Karena itu disarankan sebelum membeli, calon pemilik harus pintar memilah dan memilih unit yang sehat.

Hal yang paling sering dikeluhkan, pengguna bekas taksi premium Toyota Alphard yaitu di bagian kaki-kaki. Menurutnya, di bagian kaki-kaki seringkali sudah tidak enak dan muncul bunyi karena tidak hati-hati melewati permukaan jalan yang jelek.

Bila Anda ingin membeli Toyota Alphard bekas, perhatikan bagian mesin dan kaki-kakinya yang harus diperhatikan. Sebagai mobil CBU harga sparepart Toyota Alphard juga dikenal mahal.

Perhatikan bagian suspensinya, karena bantingan Toyota Alphard sangat lembut, terutama saat melibas lubang dan polisi tidur. Apabila suspensi mulai melemah lantaran usia pakai, tentu bantingan menjadi tidak normal. 

Gejala yang bisa kita rasakan yaitu seperti mengayun dan mobil kurang stabil. Penyebabnya berasal dari shockbreaker yang telah melemah dan beberapa karet bushing di kaki-kaki juga perlu mendapatkan perbaikan. 

Tips Beli Toyota Alphard Harga Murah, Perhatikan Beberapa Poin Ini 06

Selanjutnya yang menjadi perhatian ketika membeli Toyota Alphard yaitu di bagian motor sliding door. Dinamo ini berfungsi untuk menggerakkan pintu tengah secara otomatis saat terbuka atau tertutup. 

Pintu geser ini perlu diperiksa kinerjanya, apakah masih lancar gerak otomatisnya atau malah sudah ngadat dan mati akibat motor elektrik penggerak sliding door ini telah melemah.

Pastikan gerak pintu otomatisnya berjalan normal dan halus, tidak macet atau bergerak lambat. Sebab bila motor sudah rusak, maka ongkos memperbaiki sliding door otomatis dan motor elektriknya jelas mahal untuk model Toyota Alphard.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru