Tips: Bukan Cuma di Toyota Innova, Ini Ciri-ciri Fuel Pump Mobil Rusak dan Pencegahannya

Enda · 22 Mar, 2021 17:00

Tips: Bukan Cuma di Toyota Innova, Ini Ciri-ciri Fuel Pump Mobil Rusak dan Pencegahannya 01

Toyota Kijang Innova 2021

Pada beberapa negara di dunia, termasuk Kijang Innova di Indonesia, Toyota kembali melakukan recall atau penarikan kembali terhadap produknya atas kasus fuel pump yang bermasalah. Tentunya cara ini dilakukan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjamin kualitas produk dan menjaga keselamatan bagi penggunannya.

Untuk kasus Kijang Innova, Toyota melakukan recall terhadap fuel pump yang bermasalah untuk produksi 2018-2019. Pada pembahasan kali ini, kami akan mengulas mengenai ciri-ciri fuel pump mobil rusak dan pencegahannya.

Sebelum bicara lebih jauh, ada baiknya mengenal apa itu fuel pump. Fuel pump atau yang kita kenal dengan pompa bahan bakar, bertugas untuk menyalurkan bahan bakar bertekanan tinggi ke pipa distribusi bahan bakar untuk memastikan pasokan bahan bakar terus menerus ke nosel injeksi bahan bakar.

Pompa bahan bakar yang diatur secara eletrik seperti pada Toyota Innova, umumnya terpasang pada tangki bahan bakar. Pompa bensin jenis ini dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi suplai berlebih, yang akan mematikan kerja pompa karena umumnya tidak ada saluran untuk aliran balik ke tangki bahan bakar.

Tips: Bukan Cuma di Toyota Innova, Ini Ciri-ciri Fuel Pump Mobil Rusak dan Pencegahannya 02

Fuel pump atau pompa bahan bakar

Pompa bahan bakar yang ada di mobil saat ini menggunakan motor listrik yang digerakkan oleh aliran listrik menuju motor penggerak. Untuk jenis ini, dibagi lagi menjadi beberapa tipe, diantaranya adalah model yang menggunakan diafragma dengan platina dan model biasa yang ditemukan pada mesin-mesin mobil injeksi bahan bakar.

Bicara soal fuel pump, bagian vital pada mobil ini sangat mempengaruhi kinerja pada mesin jika bermasalah. Untuk itu, kami ingin menyampaikan beberapa informasi mengenai ciri-ciri fuel pump mobil rusak serta pencegahannya.

Mengetahui Ciri Dari Fuel Pump Mobil Bermasalah

Tips: Bukan Cuma di Toyota Innova, Ini Ciri-ciri Fuel Pump Mobil Rusak dan Pencegahannya 03

“Biasanya fuel pump atau pompa bensin di mobil berteknologi injeksi punya kelemahan di membran yang bermasalah, sehingga lemah untuk mendorong bensin ke injektor. Ini bisa disebabkan kualitas bahan bakar” ujar Sudarnanto, mantan kepala bengkel di salah satu perusahaan taksi ternama di Jakarta.

Tanda-tanda kerusakan pada fuel pump mobil bisa diketahui tanpa harus membongkar fisik pada fuel pump. Melalui sinyal serta perasaan ‘filling’, bisa dengan mudah mengetahui gejala awal kerusakan pada pompa bensin.

"Kalau bicara Innova sebenarnya nggak ada masalah mau diisi Premium, Pertalite, Pertamax atau Pertamax Turbo. Asalkan, di kandungan minyak nggak ada kotoran, air atau endapan yang bisa memperlambat cara kerja di fuel pump," tambah pria dengan sapaan Nanto itu.

Baca juga: Bakal Dapat Diskon PPnBM Rp70 Juta dan Cicilan Mulai Rp4.5 Juta, Ini Saatnya Berburu Toyota Innova 2021!

1. Indikator Check Engine Menyala

Tips: Bukan Cuma di Toyota Innova, Ini Ciri-ciri Fuel Pump Mobil Rusak dan Pencegahannya 04

Masalah check engine menyala

Jangan anggap sepele apabila lampu check engine pada indikator speedometer terus-menerus menyala. Umumnya lampu ini akan mati dengan hitungan detik setelah anak memutar anak kunci pada posisi on. Apabila lampu indikator tersebut terus menyala dan menunjukan gejala aneh yakni; mobil sulit dinyalakan, idle gas tidak stabil, mobil mudah mati, kemungkinan permasalahan datang dari fuel pump.  

2. Hilangnya atau Melemahnya Suara Pompa Bensin Pada Posisi ON

Tips: Bukan Cuma di Toyota Innova, Ini Ciri-ciri Fuel Pump Mobil Rusak dan Pencegahannya 05

Untuk mobil dengan distribusi injeksi, saat pertama kali memutar anak kunci ke posisi ON, umumnya akan terdengar suara seperti dengungan beberapa detik. Ini merupakan kerja utama fuel pump menghisap bensin dari tangki ke injektor untuk bersiap melakukan pembakaran pada ruang bakar. Apabila suara dengungan tadi lemah ataupun tidak menimbulkan suara, bisa dipastikan pompa bensin sudah mulai lemah dan tidak bisa bekerja secara maksimal untuk menyuplai bensin ke mesin. Jika sudah begitu, mobil akan mudah mati dan putaran mesin tidak stabil.

3. Susah Menghidupkan Mesin Mobil

Tips: Bukan Cuma di Toyota Innova, Ini Ciri-ciri Fuel Pump Mobil Rusak dan Pencegahannya 06

Susah menghidupkan mesin mobil

Fuel pump adalah bagian dari mesin yang bertanggung jawab dalam memasok bahan bakar ke injektor saat mobil dinyalakan. Ketika komponen tersebut rusak, ciri utamanya adalah mobil susah dinyalakan dan putaran mesin tidak stabil ketika pedal gas diinjak. Seperti yang diinformasikan di atas, gejala ini umumnya diakibatkan oleh fuel pump yang kotor dan lemah.

4. Sisa Pembakaran Bercampur Bau Bensin

Tips: Bukan Cuma di Toyota Innova, Ini Ciri-ciri Fuel Pump Mobil Rusak dan Pencegahannya 07

Apabila kalian mencium bau bensin yang menyengat dari asap knalpot, bisa jadi hal itu muncul akibat dari fuel pump mobil bermasalah. Munculnya bau bensin tersebut merupakan efek dari proses pembakaran yang tidak sempurna pada mesin.

Penyebab utamanya ialah tidak sesuainya jumlah bahan bakar yang disalurkan ketika proses pembakaran. Ketika proses pembakaran tidak bekerja dengan sempurna, uap gas yang dihasilkan bahan bakar akan ikut terbuang lewat exhaust manifold atau pipa ruang bakar.

Baca juga: Cara Memperbaiki Fuel Pump yang Rusak

Pencegahan Mudah Agar Fuel Pump Tidak Bermasalah

Sebelum permasalah pada pompa bensin terjadi, sebaiknya lakukan pencegahannya dari sekarang. Berikut kami informasikan mengenai cara mencegah kerusakan pada fuel pump.

1. kuras Tangki Bahan Bakar Secara Teratur

Tips: Bukan Cuma di Toyota Innova, Ini Ciri-ciri Fuel Pump Mobil Rusak dan Pencegahannya 08

Kurang tangki BBM

Menguras tangki merupakan cara mudah menccegah terjadinya kerusakan pada fuel pump. Untuk mobil yang seringkali melintasi medan yang berlumpur, baiknya selalu menguras tangki bahan bakar minimal enam bulan sekali untuk menghindari endapan lumpur yang masuk ke dalam pompa bensin.

Apabila mobil jarang digunakan, baiknya juga melakukan cara yang sama setiap dua tahun sekali.

2. Jangan Pernah Kehabisan Bahan Bakar

Tips: Bukan Cuma di Toyota Innova, Ini Ciri-ciri Fuel Pump Mobil Rusak dan Pencegahannya 09

Kehabisan bahan bakar tentunya menjadi penyebab utama kerusakan pada fuel pump. Pada tangki mobil sendiri dibuat sedikit mencekung untuk dimana kotoran atau endapan berdiam. Jika sampai bahan bakar habis, maka kotoran atau endapan tersebut ikut tersedot fuel pump yang bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem ini. Alangkah baiknya jika jarum pada indikator bensin menunjukan angka seperempat, segera melakukan pengisian bahan bakar.

3. Hindari Waktu Pengisian Berbarengan Truk Tangki Mengisi Bunker Bahan Bakar

Tips: Bukan Cuma di Toyota Innova, Ini Ciri-ciri Fuel Pump Mobil Rusak dan Pencegahannya 10

Truk tangki yang sedang mengisi bunker stasiun pengisian bahan bakar juga bisa menjadi penyebab utama kerusakan pada pompa bensin. Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan endapan kotoran pada bunker naik dan masuk ke dalam mesin nozel yang diarahkan ke tangki mobil.

Baca juga: Aki Basah vs Aki Kering, Mana Aki yang Paling Awet Dipakai?

Recall Toyota, Masalah Pada Fuel Pump di Beberapa Model

Selain melakukan recall terkait fuel pump yang bermasalah pada Toyota Innova lansiran 2018-2019, PT Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek Toyota pada tahun ini juga melakukan penggantian fuel pump terhadap beberapa produknya. Diantaranya; Alphard tahun produksi 2017-2019, C-HR tahun produksi 2018-2019, Corolla tahun produksi 2019, Camry tahun produksi 2019, Voxy tahun produksi 2018-2019, Fortuner tahun produksi 2018-2019, Hilux tahun produksi 2019, Avanza tahun produksi 2017-2019, dan Rush tahun produksi 2017-2019.

Sebagai pengingat, para pemilik beberapa model kendaraan Toyota dengan produksi tahun yang dimaksudkan di atas untuk segera melakukan pengecekan dan jika diperlukan maka melakukan penggantian fuel pump kendaraannya. Pengerjaan pengecekan dan penggantian fuel pump ini berlangsung sekitar 2 sampai 4 jam.

Komentar