window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tips: Jangan Salah Pilih, Ini Sepatu Yang Nyaman Untuk Berkendara

Dhoni · 16 Jan, 2021 09:40

Bagi sebagian orang, mengemudi tanpa menggunakan alas kaki dianggap nyaman karena lebih sensitive dalam merasakan seluruh pedal. Baik itu pedal pada mobil matic maupun manual. Namun ada pendapat yang mengatakan sebaliknya, dengan alas kaki lebih nyaman dalam mengemudi. Lalu mana yang paling tepat?

Tips: Jangan Salah Pilih, Ini Sepatu Yang Nyaman Untuk Berkendara 01

Memilih Sepatu Yang Nyaman Untuk Berkendara

Tapi yang pasti, mengemudi mobil tanpa menggunakan alas kaki sangat beresiko tinggi. Kemungkinan kaki terpeleset saat akan menginjak pedal gas, rem maupun kopling. Permukaan pedal yang biasanya terdapat bantalan karet, terkadang cukup licin karena tanpa disadari kaki basah oleh keringat sehingga dapat menyebabkan kecelakaan. Jadi jangan berkendara tanpa menggunakan alas kaki atau nyeker.

Memang di Indonesia belum tersedia peraturan yang menyatakan ‘mengemudi wajib menggunakan alas kaki. Alas kaki yang kami maksud adalah sepatu, bukan sandal jepit. Pasti anda lebih sering tergelincir saat menggunakan sandal jepit, minimal kaki terpeleset melebih permukaan sandal dan hal itu juga berbahaya!

Tips: Jangan Salah Pilih, Ini Sepatu Yang Nyaman Untuk Berkendara 02

Sangat berbahaya mengemudi tanpa alas kaki atau nyeker

Lalu sepatu model apa yang cocok digunakan untuk mengendarai mobil? Sebelumnya kita cari tahu dulu sepatu yang kurang cocok digunakan untuk mengemudi mobil, seperti:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sepatu gunung model bot

Pada umumnya sepatu untuk hiking memiliki bagian atas yang lebih tinggi hingga melindungi pergelangan kaki agar tidak mudak terkilir. Dengan bagian sepatu yang tinggi, rasanya pergerakan kaki untuk menekan pedal atau sebaliknya akan sulit dilakukan. Dan ini pernah saya rasakan sendiri.

Tips: Jangan Salah Pilih, Ini Sepatu Yang Nyaman Untuk Berkendara 01

Sepatu gunung tidak cocok untuk mengemudi mobil

Selain itu, beberapa sepatu dengan sol yang tebal membuat bobot sepatu cukup berat. Disain sepatu yang kokoh dengan sol bawah berbentuk grip agar pendakian tidak licin. Tetapi sol tersebut juga dapat membuat pedal pada mobil tersangkut.

Bahkan  dengan sol sepatu yang tebal, sensitifitas kaki untuk menekan pedal hingga sebaliknya akan sedikit sulit. Jadi sebaiknya berkendara dengan sepatu gunung model bot dihindari.

Sepatu Pantofel

Sepatu pantofel memang sangat bagus untuk acara resmi. Namun kebalikan dari sepatu gunung yang banyak grip pada sol bawahnya, sepatu pantofel justru tidak terdapat grip. Pasti anda sudah dapat membayangkan licinnya sepatu ini untuk berkendara.

Tips: Jangan Salah Pilih, Ini Sepatu Yang Nyaman Untuk Berkendara 02

Sepatu pantofel tak layak untuk mengemudi mobil

Selain sol yang licin, disain sepatu ini cukup kaku sehingga pergerakan kaki akan sulit dilakukan saat mengemudi. Dan sepatu pantofel biasanya memiliki hak lebih tinggi, ini juga berbahaya digunakan untuk mengendarai mobil, seperti penggunaan spatu wanit berhak tinggi.

Daripada sepatu yang telah tersemir mengkilat menjadi kotor atau lecet saat menyetir mobil, lebih baik gunakan sepatu lainnya dan baru mengganti setelah tiba di lokasi acara ‘kondangan’.

Sepatu Basket

Sepatu Basket memang keren dan harganya selangit karena terdapat berbagai keunggulan seperti bantalan udara, kantung udara, dan lainnya. Namun dengan bantalan udara pada sol sepatu, ternyata kurang baik dalam merespon pedal gas, rem maupun kopling mobil.

Tips: Jangan Salah Pilih, Ini Sepatu Yang Nyaman Untuk Berkendara 03

Terdapat bantalan udara membuat sepatu basket kurang nyaman untuk berkendara mobil

Begitu pula dengan disain yang lebar pada basket, kemungkinan anda dapat menginjak dua pedal (rem dan gas) secara bersamaan juga dapat terjadi. Atau malah mungkin sepatu terjebak diantara kedua pedal tersebut. Dan sepatu basket yang bertugas menjaga pergelangan kaki seperti model bot, maka pergerakan pun sedikit terhambat sehingga kurang baik dalam merespon kebutuhan saat menekan pedal.

Sepatu hak tinggi

Sepatu wanita dengan hak tinggi sangat berbahaya digunakan, pedal kopling hingga pedal rem akan sulit ditekan sepenuhnya. Hal ini disebabkan tumit kaki yang sedikit terangkat karena hak sepatu yang tinggi. Resiko besar menanti, jika anda tetap memaksakan menggunakan sepatu jenis ini.

Tips: Jangan Salah Pilih, Ini Sepatu Yang Nyaman Untuk Berkendara 04

Sepatu dengan Hak tinggi sangat berbahaya untuk mengemudi mobil

Dalam suatu percobaan, menggunakan sepatu hak tinggi, membutuhkan effort besar untuk dapat menghentikan laju mobil. Begitu pula dengan penggunaan sepatu jenis pantofel hingga sepatu gunung maupun basket. Sepatu yang paling baik memiliki responnya sepatu dengan sol yang rata.

Sepatu yang cocok untuk mengemudi

Dengan beberapa contoh sepatu yang tidak disarankan untuk digunakan dalam berkendara, maka paling tidak sepatu yang nyaman dan cocok digunakan dalam mengemudi harus memenuhui syarat yaitu

Tips: Jangan Salah Pilih, Ini Sepatu Yang Nyaman Untuk Berkendara 05

Sepatu yang cocok untuk mengemudi mobil

 

Sepatu tidak berat bobotnya

Bobot yang terlalu berat dapat membuat kaki mudah lelah sehingga daya konsentrasi berkuruang. Terlebih penggunaan dalam jangka panjang saat menembus kemacetan hingga perjalalanan panjang.

Ukurannya tidak lebar

Sepatu dengan ukuran lebih lebar memliki resiko besar karena dapat tersangkut diantara pedal pada mobil. Mungkin juga tanpa sengaja menekan pedal gas dan rem secara bersamaan.

Tidak terdapat hak sepatu

Hak sepatu membuat tumit sedikit terangkat sehingga pergerakan kaki tidak nyaman. Penggunaan sepatu dengan hak tinggi juga mudah membuat kaki kelelahan.

Sol sepatu rata tidak licin

Sol sepatu yang licin juga membuat kaki mudah terpeleset saat menekan pedal rem. Pada kejadaian tertentu, pasti sangat berbahaya sehingga hindari penggunaan sepatu jenis ini.

Ukuran wajib pas

Sepatu yang kesempitan atau justru terlalu longgor juga tidak nyaman digunakan. Sepatu yang ps ukurannya dipastikan nyaman digunakan dalam waktu yang cukup panjang. Ingat, kenyamanan paling utama.

Sepatu memiliki sirkulasi udara

Sepatu yang terlalu kedap sehingga kulit kaki seperti tidak bernafas juga tidak baik digunakan. Keringat kaki yang tidak menguap dapat membuat sepatu bash dan menimbulkan bau tidak sedap, bayangkan perjalanan panjang harus dilalui dengan bau yang menyengat.

Kesimpulan Sepatu yang cocok untuk mengemudi

Untuk mendapatkan sepatu yang cocok untuk mengemudi sebenarnya cukup mudah, pastikan solnya rata tapi tidak licin, ukurannya pas, ringan dan pergerakan kaki tidak terhambat. Dan syarat tersebut dapat diperoleh dari sepatu model kanvas maupun sepatu lari.

Tips: Jangan Salah Pilih, Ini Sepatu Yang Nyaman Untuk Berkendara 06

Sepatu lari juga nyaman untuk mengemudi mobil

Dalam memilih sepatu yang terpenting adalah keamanan dan kenyamanan anda, jangan pernah memaksakan menggunakan karena tergiur oleh model hingga warna. Jadi pastikan kembali sepatu anda telah memenuhi persyaratan di atas.

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil