window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tips: Ketahui Tanda baterai remote kunci mobil harus diganti

Dhoni · 8 Jan, 2021 09:59

Kemampuan  key remote control atau kunci pengendali jarak jauh mobil tidak sepertti smatrhphone yang dapat discharge (isi ulang daya baterainya). Tentu saja seperti baterai jam dinding konvensional yang membutuhkan penggantian jika daya di dalam baterai telah habis. Namun menjelang daya pada baterai habis, ketahui trik dalam memastikan kondisi daya pada baterai remote kunci mobil.

Tips: Ketahui Tanda baterai remote kunci mobil harus diganti 01

Ketahui tanda baterai remote kunci mobil harus diganti

Dalam penggunaanya, remote kunci mobil selalu berdasarkan pada jarak pancar dari frekwensi. Bila terlalu jauh, biasanya sedikit membutuhkan daya lebih besar agar dapat mengeluarkan frekwensi hingga dapat menjalankan tugas dalam membuka maupun menutup kunci mobil. Terkadang, baterai remote kunci mobil yang tiba – tiba habis dapat merepotkan penggunanya ketika berada di tengah jalan. Berikut trik dalam mendeteksi gejala baterai remote kunci mobil yang akan habis.

Jarak jangkauan remote kunci mobil berkurang

Seperti yang kami katakana sebelumnya, remote kunci mobil bertugas memancarkan sinyal melalui frekwensi tertetntu. Bila daya pada baterai masih dalam kondisi masih bagus atau besar, maka kemampuannya dapat melebihi dari 20 meter. Namun jika daya baterai pada remote kunci mobil telah berkurang, dapat dipastikan membutuhkan jarak di bawah 10 meter.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tips: Ketahui Tanda baterai remote kunci mobil harus diganti 01

Deteksi baterai remote mobil dengan jarak tertentu

Cara ini sangat tidak disadari karena telah terbiasa membuka kunci mobil dalam jarak di bawah 5 meter sehingga daya baterai selalu dianggap masih bagus. Bahkan teknologi pada fitur keyless entry yang tidak membutuhkan pengaktifan saat akan membuka pintu, juga dapat menguras daya baterai karena selalu dalam kondisi aktif.

Terkadang, fitur menyalakan mesin mobil melalui remote juga jarang dilakukan atau justru terlalu sering digunakan. Daya baterai pada remote kunci mobil juga dipastikan akan lebih terkuras karena harus mengirimkan sinyal dalam durasi lebih panjang dibanding hanya menekan remote untuk mematikan maupun mengaktifkan alarm pintu mobil.

Jadi tidak ada salahnya mendeteksi kemampuan baterai remote kunci mobil agar tidak merepotkan dikemudian hari.

Respon remote kunci mobil berkurang

Kemampuan remote kunci mobil dalam me-non aktifkan alarm hingga membuka kunci mobil dapat dilakukan dengan mudah, tanpa membutuhkan tenaga besar. Cukup menekan tombol pada remote mobil. Namun jika sangat suit dibanding biasanya, kemungkinan daya baterai pada remote kunci mobil telah berkurang.

Sebelum mengatakan bahwa remote kunci mobil rusak, tidak ada salahnya untuk memastikan kondisi daya pada baterainya. Menekan tombol pada remote dengan keras bukan solusi terbaik, terkadang malah membuat kerusakan pada sirkuit elektrik didalamnya. Gunakan cara mendeteksi dari jarak dekat, kemungkinan daya baterai yang tersisa masih dapat membuka kunci mobil.

Lampu indikator tidak merespon dengan baik

Pada umumnya, setiap remote kunci mobil terdapat lampu kecil berwarna merah yang akan menyala ketika tombol ditekan. Namun jika lampu tersebut menyala redup atau justru tidak menyala, hal tersebut dapat dipastikan daya baterai pada remote mobil telah habis.

Tips: Ketahui Tanda baterai remote kunci mobil harus diganti 02

Lampu indikator bisa menjadi penanda baterai mulai habis

Solusi paling tepat harus segera melakukan penggantian baterai remote kunci mobil. Jika anda menunda penggantian baterai, sangat mungkin terjadi remote kunci mobil tidak dapat digunakan sebelum mendapatkan baterai baru.

Indikator pada instrument mobil

Pada model yang termutakhir, remote kunci mobil telah tersedia indikator untuk mengingatkan bahwa daya baterai harus segera diganti. Fitur tersebut biasanya dapat dilihat pada instrument di balik kemudi yang akan menyala ketika mendeteksi sinyal pada remote kunci mobil melemah. Lampu indikator atau peringatan dipastikan akan segera menyala untuk memberitahui pengemudi.

Ingat jangan abaikan peringatan tersebut, langsung lakukan penggantian agar lebih nyaman berkendara.

Namun selain masalah baterai, ternyata remote kunci mobil juga dapat terganggu. Beberapa hal yang dapat mengurangi kemampuan dari remote kunci mobil seperti

Berada di bawah saluran listrik bertegangan tinggi

Memarkir mobil di bawah saluran listrik bertegangan tinggi sangat berbahaya, medan elektromagnetik dapat mengurangi respon pada sistem elektrikal di dalam mobil. Bahkan biasanya terdapat tanda peringatan untuk menghindari berada di bawah saluran tersebut.

Tips: Ketahui Tanda baterai remote kunci mobil harus diganti 03

Tegangan listrik dapat mengurangi respon pada remote kunci mobil

Jika remote kunci mobil tidak merespon dengan baik ketika berada di bawahan saluran listrik bertegangan tinggi, maka dapat dipastikan bukan remote anda yang rusak atau habis baterai. Namun kemampuan remote dalam mengirimkan sinyal frekwensi yang terganggu.

Menara pemancar sinyal Televisi

Tidak berbeda jauh dengan berada di bawah saluran listrik bertegangan tinggi, berada di bawah menara pemancar gelombang frekwensi televisi pun dapat menggagalkan kinerja remote kunci mobil. Medan elektromagnetik yang menjadi penyebab utamanya. Dalam jarak tertentu, sinyal dari remote kunci mobil dipastikan akan terganggu.

Pengacau Sinyal

Ternyata pengacau sinyal tidak hanya digunakan untuk merusak gelombang frekwensi pada saluran komunikasi saja. Terkadang pada frekwensi tertentu juga dapat mengacau sinyal sehingga dapat berpengaruh pada kemampuan remote kunci mobil

Jika anda mengalami gangguan pada saat membuka mobil, untuk menghindari terjadinya tindak kejahatan. Pastikan mobil masih terkunci dan segera hindari tempat tersebut. sangat mungkin yang melakukan pengacakan sinyal sedang berusaha mengincar mobil anda.

Hal yang dilakukan ketika baterai remote kunci mobil habis

Bila telah dipastikan baterai pada remote kunci mobil habis, maka segera lakukan penggantian baterai tersebut. Jika terlalu lama anda akan merasakan kerepotan pada kemudian hari. Namun bila untuk sementara, anda dapat menggunakan kunci manual yang tersedia untuk membuka pintu mobil. Termasuk pada mobil berfitur keyless, anda hanya butuh menggeser penutup di samping handle pintu untuk mendapatkan lubang kunci.

Tips: Ketahui Tanda baterai remote kunci mobil harus diganti 04

Cara mengatasi baterai remote kunci mobil yang habis

Ingat hindari penundaan dalam melakukan penggantian baterai remote kunci mobil.

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil