Tips: Lebih Baik Kredit Mobil Baru atau Beli Cash Mobil Bekas?

Dhoni · 6 Jan, 2021 10:31

Memiliki kendaraan bermotor, terutama roda empat atau mobil dapat dikatakan menjadi keinginan siapapun, khususnya mereka yang telah berkeluarga dengan anak lebih dari satu. Dua cara yang dapat dilakukan dalam membeli mobil, yakni secara tunai (cash) atau mengangsur (kredit).

Tips: Lebih Baik Kredit Mobil Baru atau Beli Cash Mobil Bekas? 01

Pilih kredit mobil baru atau mobil bekas secara tunai (media.brstatic)

Khusus pembelian secara kredit, seperti bukan hal yang sulit ditemui. Seluruh dealer telah bekerja sama dengan pihak ketiga atau bank penjamin yang kerap disebut leasing.

Berbagai promo pasti ditawarkan demi menarik minat membeli sebuah mobil, baik itu mobil baru maupun mobil bekas. Mulai dari uang muka yang ringan, bunga yang ringan, hingga nilai angsuran yang rendah. Untuk cicilan rendah, biasanya tergantung dengan nilai uang muka yang disetorkan.

Namun sebelum membeli mobil, pastikan memang anda sangat membutuhkan dibanding kebutuhan lainnya. Jangan sampai mobil yang telah terbeli malah hanya ‘nongkrong’ di depan rumah. Apalagi jika budget Anda cukup terbatas, tidak ada salahnya membeli mobil bekas dengan kondisi cukup bagus.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Untuk mempertimbangkan yang terbaik sebelum memutuskan untuk memboyong mobil, simak keuntungan maupun kerugian membeli mobil baru secara kredit atau membeli mobil bekas secara cash.

Membeli mobil baru secara kredit

Mobil baru merupakan idaman siapapun, terlebih untuk model-model terbaru saat ini yang dihadirkan Agen Pemegang Merek (APM) kerap telah mengadopsi berbagai fitur modern demi menunjang keselamatan hingga kenyamanan berkendara.

Pemilihan mobil baru yang akan dibeli secara kredit terkadang membingungkan, namun berikut keuntungan dan kerugian yang harus Anda pahami agar tidak salah menentukan

Keuntungan kredit mobil baru

Membeli mobil baru dengan cara kredit, tentu Anda akan mendapatkan mobil dalam kondisi sangat prima. Bahkan jika mobil baru yang Anda terima mengalami kerusakan atau cacat pada performa saat pertama kali mendapatkan, Anda sangat berhak untuk mendapatkan perbaikan hingga menuntut penggantian pada dealer tempat Anda membeli mobil.

Tips: Lebih Baik Kredit Mobil Baru atau Beli Cash Mobil Bekas? 01

membeli mobil baru memiliki banyak keuntungan (franksautocredit)

Hal yang paling menguntungkan dalam membeli mobil baru secara kredit adalah jaminan service berkala yang kerap gratis. Banyak penawaran saat ini yang memberikan service gratis yang terdiri dari perawatan gratis, oli gratis, garansi suku cadang dan lain sebagainya.

Bahkan beberapa merek memiliki program dimana Anda hanya cukup menyiapkan budget bahan bakar selama jangka waktu tertentu, sedangkan biaya service dan lainnya telah ditanggung.

Kerugian kredit mobil baru

Jika membeli mobil baru secara kredit, maka Anda harus selalu menyiapkan budget angsuran setiap bulannya. Waktu angsuran tergantung kesepakatan dengan pihak Bank sebagai penjamin. Bayangkan jika anda harus mengangsur selama lima tahun.

Tips: Lebih Baik Kredit Mobil Baru atau Beli Cash Mobil Bekas? 02

Kerugian kredit mobil, anda akan merasa terbelenggu sebelum melunasi (cimg3.ibsrv.net)

Selain itu, mobil baru yang Anda beli secara kredit, dapat dipastikan akan terjadi penurunan harga atau depresiasi saat akan dijual kembali. Dalam mempertimbangkan membeli mobil baru, pastikan tipe hingga mereknya cukup diminati orang banyak, yang setidaknya hal ini dapat cukup mempertahankan depresiasi yang terjadi tidak terlalu tinggi.

Anda juga perlu memperkirakan bahwa mobil tersebut masih dicari banyak orang saat akan menjual kembali mobil tersebut, saat cicilannya telah lunas. Salah satu kunci yang dapat dilakukan untuk mempertahankan nilai jualnya adalah perawatan mobil yang baik.

Membeli mobil bekas secara tunai atau cash

Biasanya membeli mobil bekas kerap dilakukan oleh mereka yang pertama kali akan memiliki mobil. Walau tidak menutup kemungkinan, mobil bekas menjadi mobil kedua sebagai tambahan memenuhi kebutuhan sang pemiliknya.

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam membeli mobil bekas secara cash, paling tidak membutuhkan kesabaran demi mendapatkan mobil bekas dengan kondisi nyaris sama dengan mobil baru. Ya paling tidak dalam kondisi prima, bukan sekedar layak pakai.

Tips: Lebih Baik Kredit Mobil Baru atau Beli Cash Mobil Bekas? 03

Keuntungan kerugian membeli mobil bekas (motorward.com)

Untuk mengetahui keuntungan maupun kerugiannya, berikut penjabarannya

Keuntungan membeli mobil bekas secara cash

Dalam membeli mobil bekas, Anda tentu harus mencari dengan sabar agar mendapatkan mobil bekas dengan keadaan prima. Jika beruntung, sangat mungkin Anda mendapatkan mobil bekas dengan kondisi mirip dengan mobil baru.

Dengan harga yang ditawarkan, tentu mobil bekas lebih rendah dibanding mobil baru. Bahkan perbedaannya bisa mencapai setengahnya dari harga mobil baru.

Harga mobil bekas yang memang telah menurun dari harga mobil baru, tetapi harga tersebut tidak akan terlalu menurun jauh ketika Anda akan menjualnya kembali. Namun yang wajib diperhatikan, mobil tersebut masih banyak peminatnya dan dalam kondisi terawat. Tidak menutup kemungkinan, harga jualnya bahkan dapat lebih tinggi dibanding saat Anda membelinya.

Keuntungan lain dari membeli mobil bekas secara cash adalah, Anda dipastikan terbebas dari beban angsuran bulanan, hingga bunga dan denda yang mungkin ada jika terlambat membayarnya. Tanpa melakukan cicilan, beragam kebutuhan lainnya dapat terpenuhi atau bahkan juga Anda dapat menabung kembali untuk membeli mobil yang lebih tinggi ‘kasta’nya dibanding mobil bekas saat ini.

Kerugian membeli mobil bekas secara cash

Mobil bekas dapat dipastikan akan mengalami penurunan performa, hal ini terkait dengan masa pakai. Bukan hanya performa mesin tetapi kenyamanan di dalam mobil pun dapat berkurang. 

Keadaan ini tentu merugikan anda karena harus mengeluarkan biaya demi mengembalikan performa dan kenyamanan mobil bekas. Butuh biaya yang tidak sedikit dan waktu yang banyak, jika ingin merekondisi mobil bekas menjadi performa dan kenyamanan sama seperti mobil baru.

Dalam memilih mobil bekas, usahakan tidak lebih dari 10 tahun pemakaian. Pastikan juga komponen hingga spare partnya mudah didapatkan dengan harga yang tidak mahal. Bayangkan, mobil bekas yang Anda beli memang murah, tetapi ternyata harga spare partnya melambung tinggi, bahkan sangat sulit dicari. Ini kerugian yang paling besar bagi anda.

Selain perfoma mobil bekas yang menurun, konsumsi bahan bakarnya juga kerap menjadi tidak efisien. Jadi rasanya Anda makin ‘buntung’ bila membeli mobil bekas tanpa memperhatikan banyak hal.

Hal yang wajib diperhatikan sebelum kredit mobil baru atau membeli mobil bekas

Tetapi sebelum anda menentukan membeli mobil baru secara kredit atau mobil bekas dengan membayar tunai, ada hal yang seharusnya diketahui dan dipertimbangkan seperti

Mobil = Kebutuhan utama

Seperti yang sebelumnya kami bahas, pastikan kembali membeli mobil bekas dengan cash maupun kredit mobil baru merupakan kebutuhan utama anda. Jangan sampai membeli mobil tersebut hanya keinginan semata sehingga mengkorbankan kebutuhan utama anda.

Tips: Lebih Baik Kredit Mobil Baru atau Beli Cash Mobil Bekas? 04

Pastikan mobil merupakan kebutuhan utama anda (storage.googleapis)

Cukup banyak yang di tengah jalan menyerah dalam membayarkan angsuran, sehingga harus melakukan over kredit hingga menjual kembali mobilnya karena kebutuhan utama yang tidak terpenuhi.

Tentukan anggaran             

Budget atau anggaran menjadi bagian penting yang harus ditentukan. Pastikan tidak mengkorbankan kebutuhan utama Anda dan keluarga karena hanya ingin memiliki mobil. Jika membeli mobil hanya mengurangi uang jajan, rasanya masih masuk akal kok.

Pilih mobil sesuai kebutuhan

Cari tahu sebelumnya tentang mobil apa yang anda butuhkan. Jangan memaksakan memiliki mobil dengan ground clearance rendah seperti mobil sedan, tetapi kondisi jalan di sekitar rumah banyak genangan hingga lubang besar. Atau apakah Anda memerlukan mobil untuk keluarga besar sehingga diperlukan mobil yang memiliki kapasitas angkut yang juga besar.

Banyak informasi tentang spesifikasi yang telah disediakan oleh produsen mobil melalui website mereka. Atau jika perlu, cari tau kelemahan mobil yang anda inginkan dengan bertanya ke pengguna hingga komunitas mobil. 

Setelah mendapatkan model yang sesuai dengan kebutuhan Anda, selanjutnya cari informasi harga mobil baru hingga mobil bekas agar sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Menguji mobil atau test drive

Saat ini, tidak hanya mobil bekas yang dapat diuji dengan mengendarai secara langsung. Beberapa dealer mobil baru juga telah menyediakan unit khusus untuk test drive. Jadi jangan ragu atau sungkan untuk menguji calon mobil impian Anda agar tidak salah saat menentukan pilihan.

Kesimpulan kredit mobil baru atau membeli mobil bekas secara cash

Keuntungan maupun kerugian dari membeli mobil bekas secara cash hingga kredit mobil baru sudah kami paparkan di atas. Namun keputusan terakhir kembali kepada Anda, sesuai dengan prioritas saat membeli mobil. Salah satu opsi yang juga layak Anda pertimbangkan adalah membeli mobil bekas secara kredit.

Pengalaman penulis yang pernah membeli mobil bekas dengan cara kredit, lebih mudah saat memilih Bank sebagai penjamin atau leasing. Namun memang usia mobil bekas yang dapat dibeli sangat dibatasi, maksimal lima tahun. Tak hanya itu, saat ini ada dealer-dealer mobil yang menyediakan baik mobil bekas maupun mobil baru demi memudahkan Anda dalam membeli mobil.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru