window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tips Membuka Jendela Saat Berkendara Bersama Orang Lain Pada Masa Pandemi Covid-19

Dhoni · 6 Feb, 2021 10:00

Masa pandemik Covid-19 masih belum reda, walau saat ini pemerintah sedang memulai menyebarkan vaksin. Namun tentunya aktifitas demi menunjang roda perekonomian harus tetap berputar, tetapi bagaimana mengatasi jika harus bepergian dengan orang lain dalam satu mobil? Simak langkah agar kesehatan tetap terjaga.

Tips Membuka Jendela Saat Berkendara Bersama Orang Lain Pada Masa Pandemi Covid-19 01

Selain menaati protokol kesehatan (prokes) yang kini telah meningkat menjadi 4M atau Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Ada cara tambahan dalam menghindari penyebaran virus Covid-19 selama anda melakukan perjalanan bersama orang lain.

Cara ini dapat diterapan ketika menggunakan kendaraan transportasi umum seperti taksi konvensional maupun taksi online yang saat ini lebih dipilih dibanding angkutan umum lainnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Langkah dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 ketika berkendara bersama orang lain merupakan hasil riset yang dilakukan oleh Universitas Brown - Amerika Serikat. Dari hasil riset, dirasakan memiliki hasil yang cukup efektif dalam menahan penyebaran virus tersebut.

Anda hanya cukup membuka dua jendela untuk mengontrol aliran udara di dalam kabin mobil. Dengan dua jendela yang terbuka dapat mengusir virus Covid-19.

Ingat, kabin yang tertutup dengan mengandalkan AC sangat rentan dalam penyebaran hingga penularan virus Covid-19. Langkah yang telah sesuai dari hasil riset Universitas Brown adalah membuka dua jendela mobil. Untuk bagian jendela mobil yang dibuka, yakni jendela depan dan jendela belakang di sisi pengemudi.

Dengan dua jendela yang dibuka pada sisi pengemudi, maka tekanan udara akan masuk dari jendela belakang, kemudian kembali keluar melalui jendela depan. “Dengan aliran udara yang terdapat pada kabin mobil, maka akan menciptakan penghalang atau tirai diantara pengemudi dan penumpang.” Ungkap Dr Varghese Martai, peneliti dari Universitas Brown - Amerika Serikat.

Tips Membuka Jendela Saat Berkendara Bersama Orang Lain Pada Masa Pandemi Covid-19 01

Riset yang dilakukan Universitas Brown menggunakan mobil Toyota Prius dengan 1 orang pengemudi dan 1 orang penumpang yang duduk di bangku belakang. Dari hasil yang dilihat secara komputerisasi, jendela kendaraan yang tertutup dapat membuat penyebaran virus covid-19 meningkat 8 hinga 10 persen. Namun ketika metode kaca dibuka maka dapat mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19 menjadi hanya 0,2 hingga 2 persen.

Tips Membuka Jendela Saat Berkendara Bersama Orang Lain Pada Masa Pandemi Covid-19 02

Test dilakukan dengan mobil setir kiri, tukar posisi pengemudi dan penumpang untuk mobil setir kanan seperti di Indonesia

Tentunya langkah ini merupakan bentuk untuk mengantisipasi hingga meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Namun tentu saja harus tetap mentaati prosedur kesehatan selama beraktifitas di luar rumah.

Ingat, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini telah mencapai 1,12 juta dengan korban meninggal dunia mencapai lebih dari 31 ribu orang. Jadi langkah paling tepat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 adalah mentaati protokol kesehatan.

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil