window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tips Mendeteksi Bunyi Berisik di Mobil, Darimana Munculnya?

Dhoni · 1 Feb, 2021 08:00

Pernah merasakan mobil yang dikendarai, tiba-tiba mengeluarkan bunyi yang tidak lazim? Padahal kondisi mobil masih tergolong muda, atau bahkan masih ‘bau toko’. Jangan panik, usahakan untuk langsung mencari tahu sumber bunyi pada mobil.

Tips Mendeteksi Bunyi Berisik di Mobil, Darimana Munculnya? 01

Bukan menganggu, suara tak normal menjadi indikasi masalah pada mobil

Sebenarnya bunyi pada mobil merupakan hal yang cukup lumrah, terlebih lagi mobil terdiri dari berbagai komponen yang dirakit dan memiliki kencederungan terjadi gesekan. Beberapa hal bagian komponen mobil yang sangat mungkin menimbulkan bunyi secara mendadak.

Pada dasarnya bunyi yang menggangu pada mobil terbagi dalam tiga sumber lokasi, yakni ruang mesin, kaki-kaki dan kabin. Dengan pembagian tersebut, Anda dengan mudah dapat memastikan atau melakukan pengecekan bagian yang menimbulkan bunyi mengganggu. Suara yang muncul tiba- tiba merupakan tanda ada kendala pada mobil Anda.

Suara dari bagian mesin mobil

Memang mesin yang terdiri dari berbagai komponen akan menimbulkan suara ketika dinyalakan. Namun suara yang tidak wajar atau muncul tiba- tiba dapat berakibat fatal pada mobil anda. Berikut suara yang muncul di bagian mesin mobil:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tips Mendeteksi Bunyi Berisik di Mobil, Darimana Munculnya? 01

Mengacuhkan suara tak normal pada mesin dapat memperparah keadaan mesin mobil (cashcarsbuyer)

Suara mendecit

Suara yang cukup menggangu dengan frekwensi tinggi pada mesin mobil, biasanya disebabkan fan belt terlalu kendur. Ukuran kekencangan atau tegangan felt belt sangat penting, terlalu kendur dapat membuatnya terlepas. Fan belt memiliki tugas untuk dapat memutar alternator dan water pump. Jika tidak ada fanbelt maka mesin mudah panas dan pengisian aki juga tidak berfungsi normal.

Suara mendengung

Berbeda dengan suara mendecit dari ruang mesin, jika suara terlalu mendengung maka dapat dipastikan fan belt terpasang dengan kencang. Fan belt terlalu kencang pemasangannya dapat membuatnya mudah putus atau lekas aus.

Suara kasar dari mesin saat AC menyala

Jika mesin dihidupkan, suara masih normal tetapi ketika AC diaktifkan suara kasar terdengar dari ruang mesin. Hal ini penyebabnya karena ada permasalahan pada sistem AC. Bisa jadi bearing atau oli kompresor mengalami kebocoran.

Bunyi ‘Ngelitik’

Jika terdengar suara mesin seperti ‘ngelitik’, rasanya akan menjadi masalah cukup serius. Terlebih jika tidak ditangani secara langsung. Ngelitik atau istilah kerennya ‘knocking’ merupakan getaran pada piston yang membentur dinding silinder.

Tips Mendeteksi Bunyi Berisik di Mobil, Darimana Munculnya? 02

Knocking sebabkan bunyi pada mobil (carsenthusiastspakistan)

Biasanya hal diawali karena menggunakan bahan bakar dengan oktan atau RON yang dibawah dari rekomendasi mobil. Seharusnya menggunakan RON 92 tetapi demi berhemat menggunakan RON 88. Pada intinya timbulnya suara ngelitik karena proses pembakaran yang tidak sesuai, mungkin dapat mengakali dengan mengatur pengapian tetapi kandungan timbal dari oktan yang lebih rendah akan menjadi masalah di kemudian hari.

Suara mengganggu dari kaki-kaki mobil

Tips Mendeteksi Bunyi Berisik di Mobil, Darimana Munculnya? 03

Suara dan getaran pada kemudi menjadi indikasi masalah pada kaki-kaki mobil

Bagian kaki-kaki mobil yang langsung bertemu dengan permukaan jalan, tentunya kerap mengalami kendala. Terlalu memaksakan mobil untuk melalui jalan rusak dengan kecepatan tinggi dapat membuat berbagai komponen di kaki-kaki mobil mudah rusak. Masih ingat tentang artikel penyebab masalah pada kemudi mobil? Tentu diawali dengan bagian kaki-kaki mobil yang rusak.

Suara berdenting

Suaranya seperti dua besi diadu, biasanya muncul pada mobil dengan gerak roda belakang. Bunyi yang muncul pada umumnya terjadi dibagian kopel karena kopel dan cross joint mengalami kerusakan atau pecah.

Suara gesekan

Jika pada kaki-kaki pada mobil, termasuk di bagian ban terdengar ada suara gesekan yang tidak wajar. Tidak ada salahnya anda menggantung mobil menggunakan dongkrak. Putar ban secara perlahan, jika terdengar bunyi gesekan maka kemungkinan besar bearing pada roda tersebut mengalami masalah.

Tips Mendeteksi Bunyi Berisik di Mobil, Darimana Munculnya? 04

Bagian kaki-kaki paling kerap bermasalah (autoguide)

Kemudi mobil ada ‘kosong’

Jika merasakan kemudi sulit dikontrol atau ada area kosong dan menimbulkan bunyi tidak lazim. Dapat dipastikan mobil tie rod mengalami kendala karena tugasnya untuk mendistribusikan pergerakan kemudi ke ban depan. Pastikan kembali agar tidak bermasalah ketika sedang berkendara.

Berbunyi saat mobil berbelok

Saat anda berbelok terdengar suara yang tidak wajar. Biasanya bunyi tersebut disebabkan ball joint atau as roda mengalami kendala. Selain bunyi yang tidak wajar, kemudi bergetar ketika berbelok maupun melalui jalan tidak rata. Untuk memastikan ball joint telah rusak, caranya hanya dengan mendongkrak dan mengerakan bagian atau maupun bawah ban. Jika oblak, maka ball joint harus diganti dengan yang baru.

Suara di ruang kabin mobil

Mobil yang nyaman saat di dalam kabin tidak terdengar suara menganggu. Memang terkadang peredam suara menjadi solusi agar kabin mobil terdengar senyap. Namun jika tiba-tiba terdengar bunyi yang menggangu maka anda harus segera mencari tahunya.

Tips Mendeteksi Bunyi Berisik di Mobil, Darimana Munculnya? 05

Minim suara berisik dalam kabin mobil dapat meningkatkan kenyamanan berkendara

Dashboard bergetar

Beberapa hal yang dapat menimbulkan bunyi menggangu di dalam kabin mobil seperti bunyi getaran pada dashboard. Hal ini sangat jarang terjadi bila dashboard tidak pernah dibongkar. Bila memang pernah, tidak ada salahnya kembali ke bengkel yang telah membongkar untuk dapat diperbaiki.

Barang Bawaan

Tanpa disadari barang bawaan termasuk dongkrak dan kunci-kunci dapat menimbulkan bunyi yang bising di dalam kabin. Meletakan sesuai tempatnya atau justru mengganjal dengan karet atau busa dapat menjadi solusinya. Uang receh yang kerap digunakan untuk membayar parkir pun dapat menimbulkan bunyi mengganggu.

Cara mengatasi bunyi yang mengganggu pada mobil

Ingat untuk mencegah suara masuk ke dalam kabin bukan dengan meengganti atau menambah tebal peredam suara pada mobil. Bunyi yang keluar merupakan gejala atau indikasi ada kendala pada mobil anda. Ingat pastikan selalu komponen yang menimbulkan bunyi telah diperbaiki atau justru harus diganti dengan yang baru.

Service rutin tidak selalu menjadi penyelesain dalam menghindari suara berisik bermunculan. Anda yang harus peka dengan konsidi mobil, tidak ada salahnya untuk sesekali tidak mendengarkan music saat berkendara. Suara mesin juga bisa menemani perjalanan anda kok.

Yang terakhir, jangan pernah menunda untuk mengatasi permasalahan dari sumber suara pada mobil. Paling tidak anda dapat meminimalisir kerusakan pada mobil. Menggantik komponen dengan barang original juga dapat memperpanjang usia pemakaian mobil.

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil