window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tips Menghadapi Lubang di Jalan Raya, Cara Aman Hindari Pecah Velg dan Kerusakan Kaki-kaki

Enda · 8 Mar, 2023 13:30

Tips menghidari jalan berlubang

Jalan yang rusak dan berlubang bisa disebebkan beberapa hal, seperti diguyur hujan secara terus menerus dan sering dilewati kendaraan besar bertonase berat. Lubang pada jalan dapat menimbulkan kerusakan di bagian kaki-kaki mobil bahkan terparahnya bisa menyebabkan pecah velg.

Agar tidak terkena lubang, biasanya pengemudi akan menghindar dengan cara berpindah lajur. Berpindah lajur secara mendadak tentu dapat membahayakan pengendara lain.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ada 3 Jenis Ban SUV Yang Umum Beredar di Pasaran

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

“Salah satu tantangan mengemudi saat musim hujan adalah melalui jalan yang rusak dan berlubang. Pemilik diwajibkan meningkatkan kewaspadaan dan hati-hati saat menemui jalan berlubang. Pastikan mobil dalam keadaan sehat sehingga dapat mengantisipasi segala kemungkinan ketika menghadapi masalah di jalan,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

Guna menghindari kerusakan kaki-kaki dan pecah velg, berikut langkah yang harus dilakukan ketika melewati jalan berlubang.  

Baca juga: Berpergian dengan Anak-anak Harus Pakai Car Seat, Ini Manfaat, Jenis dan Cara Memilihnya

Jaga Kecepatan dan Fokuskan Pandangan

Tips menghidari jalan berlubang

Fokus mengemudi dan jangan panik ketika menginjak lubang

Ketika melewati jalan yang berlubang, sebaiknya untuk menjaga kecepatan berkendara. Selain itu juga kalian diharuskan untuk memfokuskan pandangan mengemudi.

Saat menghadapi lubang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan tanpa harus khawatir merusak mobil. Hal pertama yakni melihat kondisi belakang melalui spion dibarengi dengan mengangkat kaki dari pedal gas. Kemudian lakukan pengereman secara perlahan dan lakukan manuver dengan cara menghindari lubang ketika situasi dirasa aman.

Apabila tidak sempat menghindari lubang di jalan, kalian bisa melakukan pengereman secara halus apabila posisi lubang masih cukup jauh atau tidak dalam. Berikutnya angkat kaki dari semua pedal dan biarkan mobil melewati lubang dengan aman.

Tips menghidari jalan berlubang

Jangan menginjak rem secara dalam ketika menginjak lubang

Selanjutnya tidak perlu melakukan pengereman meski menginjak lubang besar atau dalam untuk mengurangi dampak benturan dari belakang atau memperparah kerusakan. Karenanya dengan menginjak pedal rem, berat mobil akan pindah ke depan dan disaat bersamaan titik berat akan bertumpu ke ban depan yang bisa menyebabkan velg pecah dan atau kerusakan pada bagian kaki-kaki.

Setelah itu pastikan tidak panik dan lanjutkan dengan menjaga arah mobil supaya tetap lurus ke depan tidak keluar lajur. Sebagai perhatian, jangan membelokkan arah kemudi saat menabrak lubang karena berisiko merusak kaki-kaki mobil dan membuat mobil kehilangan keseimbangan sehingga mengakibatkan kecelakaan.

Baca juga: 5 Komponen Mobil yang Bisa Rusak Akibat Jalan Berlubang Pasca Musim Hujan

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil