window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tips:Bolehkah, Saat Mesin Dinyalakan AC Mobil Langsung Hidup

Dhoni · 9 Des, 2020 16:25

Pastinya beberapa orang pernah mengalami AC atau air conditioner langsung menyala saat kontak berada dalam posisi ‘ON’ dan mesin mobil belum dihidupkan. AC mobil pasti akan langsung menyala karena lupa mematikan menjelang mesin dimatikan.

Tips:Bolehkah, Saat Mesin Dinyalakan AC Mobil Langsung Hidup 01

Resiko AC Mobil yang langsung menyala saat mesin pertama kali dihidupkan

Memang hal ini kerap dirasakan oleh beberapa pengguna mobil. Mungkin mereka lupa atau bahkan sengaja melakukan hal tersebut karena beranggapan ‘lebih praktis’ dan kabin mobil cepat dingin.

Jadi apakah aman untuk mesin mobil, jika AC langsung menyala padahal kontak baru pada posisi ‘On’ dan belum ‘start’. Tentunya hal ini sangat memliki resiko tinggi, bukan hanya mengurangi usia pemakaian perangkat AC mobil tetapi juga berimbas pada mesin mobil. Hingga komponen lainnya

Sebelumnya membahas lebih jauh tentang lebih baik AC mobil dalam kondisi On atau Off ketika menyalakan mobil pertama kali, mari kita ketahui komponen dan sistem kerja dari AC mobil secara singkat,  

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

AC mobil terdiri dari beberapa komponen yang bertugas mengubah gas Freon menjadi cair dan diubah dengan menurunkan temperaturnya sehingga kembali berubah menjadi udara dingin. Komponen AC mobil terdiri dari:

Tips:Bolehkah, Saat Mesin Dinyalakan AC Mobil Langsung Hidup 01

Komponen AC Mobil

Kompresor, yang bekerja setelah mendapat putaran dari mesin mobil dengan fungsi mengalirkan Freon ke dalam sistem AC mobil.

Kondensor, bertugas mengubah Freon yang berupa gas menjadi bentuk cair. Sistem kerjanya melalui pelepasan panas ke udara melalui sisi kondensor.

Dryer AC, bertugas menyaing kotoran agar udara bersih yang masuk ke dalam mobil.

Extra Fan, kipas tambahan ini akan mengalirkan udara melewati kondenser sehingga pemindahan panas bisa terjadi

Expansion Valve, bertugas sebagai sprayer agar suhu refrigerant menjadi lebih dingin saat mencapai evaporator.

Evaporator, bertugas untuk mendinginkan udara yang akan masuk ke dalam kabin.

Dari komponen AC mobil tersebut, maka udara di dalam kabin mobil dapat menjadi dingin, untuk sistem kerjanya dari AC Mobil sebagai berikut, Kompresor yang telah digerakan oleh mesin mobil akan memompa dan mensirkulasikan freon yang berbentuk gas ke Kondesor yang kemudian didinginkan melalui pelepasan udara panas sehingga berubah menjadi cair.

Setelah Freon berbentuk cair kemudian dilairkan ke Dryer untuk disaring agar kotorannya tidak terbawa. Freon yang telah disaring kemudian dialirkan ke Expansion Valve untuk menurunkan tekanannya sehingga temperature ikut menurun.  Penurunan temperature pun membuat Freon menjadi kabut.

Setelah Freon menjadi kabut kembali dialirkan ke evaporator sehingga bersuhu dingin. Udara yang masuk dalam mobil pun menjadi lebih sejuk dan tingkat suhu nya dapat diatur sesuai kebutuhan.

Tips:Bolehkah, Saat Mesin Dinyalakan AC Mobil Langsung Hidup 02

Setelah mengetahui sistem kerja AC mobil yang mengharuskan kompresor menyala agar AC dapat berfungsi. Maka dipastikan sangat tidak baik AC mobil langusng menyala sebelum mesin dihidupkan. Selain dapat menimbulkan masalah pada komponen AC mobil, baterai atau accu (aki) mobil beresiko.

Lalu seperti apa yang harus dilakukan saat akan mematikan mesin mobil atau menjelang menyalakannya. Pastikan selalu mematikan AC mobil menjelang mematikan mobil atau bila lupa, usahakan ketika akan menyalakan mobil elruh perangkat elektronik dn AC mobil dalam posisi mati.

Dan bila mematikan mesin mobil, namun kondisi AC masih menyala sangat berpengaruh pada kompresor AC. Saat kompresor masih berputar, namun mesin mobil telah dimatikan maka aka nada hentakan di dalam AC dan jika hal ini terus menerus dilakukan maka dapat membuat kompresor AC lebih cepat rusak.

Kembali kami ulangi, sebaiknya matikan AC terlebih dahulu sebelum mematikan mesin. Pastikan juga AC dalam kondisi mati sebelum menyalakan mesin mobil. Hal ini untuk menjaga usia pemakaian dari AC mobil.

Dan jika tidak pernah mematikan AC mobil dan beranggapan aman untuk kinerja mesin mobil hingga baterai (aki). Lalu apa fungsi dari tombol atau knob On/Off pada AC mobil hingga perangkat lainnya pada mobil? Apakah hanya sebagai pelengkap saja? Pastinya pihak R&D telah melakukan berbagai riset dalam menjelang mobil di produksi.

Kesimpulan

Pastinya tombol atau knob On/Off pada peralatan selalu memiliki fungsi untuk mengaktifkan atau sebaliknya. Jadi bukan hanya sekedar pemanis tampilan saja. Jadi jika telah dilengkapi dengan bagian tersebut maka komponen AC mobil wajib dimatikan sebelum mesin mobil mati.

Tips:Bolehkah, Saat Mesin Dinyalakan AC Mobil Langsung Hidup 03

Tombol On/Off AC Mobil memiliki fungsi bukan sekedar pajangan

Jadi, jika ingin memperpanjang usia pemakaian dari komponen di dalam mobil, termasuk AC mobil, pastikan selalu sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan oleh produsen mobil. Jangan nanti mengeluh, AC mobil cepat rusak tetapi pemakaiannya karena tidak sesuai ketentuan. Bagaimana, masih ingin praktis tapi buang – buang uang? Pasti anda sultan yaa

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil