Tol Gedebage-Cilacap Dibangun Tahun Ini, Calon Tol Terpanjang Selanjutnya di Indonesia

Adit · 9 Jan, 2022 08:09

Tol Gedebage-Cilacap Dibangun Tahun Ini, Calon Tol Terpanjang Selanjutnya di Indonesia 01

Jalan tol di Indonesia punya panorama yang indah.
  • Tol Gedebage-Cilacap, the next jalan tol terpanjang di Indonesia
  • Panjangnya 206,6 km, lebih panjang dari Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung
  • Pembangunannya dilakukan tahun ini, target rampung di 2029

Tol Gedebage-Cilacap bakal menjadi calon jalan tol terpanjang di Indonesia selanjutnya. Jalan bebas hambatan ini akan membentang dari pusat Jawa Barat hingga Jawa Tengah sepanjang 206,6 Km, mengalahkan tol Terbanggi Besar-Kayu Agung sejauh 189 Km di Sumatera. 

Kabar baiknya pembangunan jalan tol yang bernilai investasi sebesar Rp56 triliun tersebut, akan dimulai pada 2022 ini. Dalam keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), telah ditetapkan pemenang pelelangan pengusahaan jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap. 

Tol Gedebage-Cilacap Dibangun Tahun Ini, Calon Tol Terpanjang Selanjutnya di Indonesia 02

Jalan tol terpanjang selanjutnya ada di Pulau Jawa

Baca Juga: Hati-Hati Bahaya Aquaplaning di Jalan Tol Saat Hujan, Ini Cara Menghindarinya!

Beberapa hari lalu telah dilakukan serah terima surat penetapan pemenang lelang dari BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) kepada konsorsium pemenang lelang yang terdiri dari PT Jasa Marga, PT Daya Mulia Turangga-PT Sarana-PT Gama Group, PT Pembangunan Perumahan, PT Waskita Karya, dan PT Wijaya Karya. 

Kepala BPJT, Danang Parikesit menerangkan, proyek ini merupakan proyek prioritas di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Sehingga setelah ditetapkan pemenang pelelangan pengusahaan jalan tol ini, maka pelaksanaan konstruksi dapat memiliki hasil yang berkualitas. 

"Sesuai pesan bapak Presiden Jokowi, serta Menteri Basuki pada 2022 ini, adalah tahun kualitas, kita semua mengharapkan pekerjaan proyek tol ini memiliki hasil dengan kualitas yang semakin lebih baik dengan standar internasional," katanya. 

Tol Gedebage-Cilacap Dibangun Tahun Ini, Calon Tol Terpanjang Selanjutnya di Indonesia 01

Serah terima surat penetapan konsorsium pengelolaan Tol Gedebage-Cilacap

Pembangunannya Dibagi 2 Tahap, Semuanya Rampung di 2029

Adapun proses pembangunannya dibagi atas dua tahapan. Pertama konstruksinya membangun jalan tol ruas Gedebage hingga Tasikmalaya pada 2022 dan diperkirakan rampung pada 2024. Lanjut tahap dua, Tasikmalaya-Cilacap dilakukan pada 2027 dan selesai di 2029. Ada jeda pengerjaan selama tiga tahun. 

Baca Juga: Catat Nih Daftar Tarif Tol Jakarta ke Semarang Terbaru

"Dengan adanya jeda jadwal tersebut, sehingga financial close untuk investasi ruas tol ini dapat dilakukan dua kali, yakni kebutuhan ruas Gedebage-Tasikmalaya terlebih dahulu, kemudian Tasikmalaya-Cilacap," ujar Anggota BPJT Unsur Profesi Koentjahjo Pamboedi. 

Tol Gedebage-Cilacap Dibangun Tahun Ini, Calon Tol Terpanjang Selanjutnya di Indonesia 02

Jalan Tol Solo-Ngawi.

Rencana Ada 10 Gerbang Tol 

Jalan tol baru ini tentunya bakal memudahkan mobilitas masyarakat yang terbiasa melintas dari Jawa Barat ke Jawa Tengah atau sebaliknya. Singkatnya, akan mengurangi waktu tempuh perjalanan ketika melintasi jalur selatan, setelah keluar gerbang Tol Cileunyi menuju daerah di Jawa Tengah. 

Selama ini perjalanan darat melalui jalur selatan, katakanlah dari Jakarta menuju Majenang atau Cilacap bagian barat, memakan waktu sedikitnya sepuluh jam. Oleh karena itu dengan adanya Tol Gedebage-Cilacap, waktu tempuh perjalanan bisa lebih singkat. 

Tol Gedebage-Cilacap Dibangun Tahun Ini, Calon Tol Terpanjang Selanjutnya di Indonesia 03

Jalan tol Gedebage-Cilacap bakal punya 10 simpang susun

Sebab tidak perlu lagi melewati titik kepadatan lalu lintas di wilayah Rancaekek, Nagreg, Malangbong, Ciamis hingga perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah. Jam tempuh dari Bandung ke Purwokerto juga jadinya bisa makin singkat. Hanya saja harus tunggu sekitar tujuh tahun lagi ya. 

Terakhir, berikut ini rencana pembangunan sepuluh Simpang Susun (SS) atau area yang akan dijadikan akses gerbang tol Gedebage-Cilacap:

  1. SS Majalaya
  2. SS Nagrek
  3. SS Garut Utara
  4. SS Garut Selatan
  5. SS Singaparna
  6. SS Tasikmalaya
  7. SS Ciamis
  8. SS Banjar
  9. SS Patimuan
  10. SS Cilacap. 

Baca Juga: Jalan Tol Makin Panjang, Peminat Bus Tronton Makin Banyak Di Indonesia

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru