window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Toyota Rush yang Kembali Jadi Raja SUV di Indonesia

Prasetyo · 27 Mei, 2024 10:01

toyota rush top 5 autofun

Toyota Rush yang kembali menjadi mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) terlaris di Indonesia setelah sempat dikalahkan oleh Honda HR-V rupanya banyak menyedot perhatian warganet.

Ini terbukti artikel mengenai comeback-nya Rush sebagai jawara SUV di Tanah Air sukses menjadi urutan pertama Top 5 Autofun Indonesia sepanjang sepekan ke belakang.

Berdasarkan data wholesales (pengiriman dari pabrik ke dealer) yang dilaporkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada April 2024, Toyota Rush menjadi mobil SUV terlaris di dalam negeri.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pencapaian itu seakan benar-benar mengukuhkan nama besar Rush yang tak terkalahkan oleh model SUV lain yang main marak hadir di pasar otomotif domestik.

Padahal bulan sebelumnya Honda berhasil mencuri predikat itu ketika penjualan HR-V jauh lebih unggul ketimbang Rush.

Nah selain penjualan Toyota Rush ini, Top 5 Artikel Autofun sepekan juga diisi dengan hitungan kredit jika ada yang mau membeli mobil listrik Seres E1.

Tak cuma itu, kehadiran Hyundai Palisade XRT 2024 sebagai varian baru dari Hyundai Palisade di Tanah Air juga cukup banyak mencuri perhatian pembaca.

Biar lebih jelas, berikut urutan Top 5 Artikel Autofun Indonesia periode 20-26 Mei 2024.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Isu Munculnya Mitsubishi Xpander Facelift 2024 Makin Kuat

1. 20 SUV Terlaris Saat Ini, Toyota Rush Rebut Kembali Singgasana Honda HR-V

toyota rush top 5 autofun

Mobil Sport Utility Vehicle atau SUV terlaris di bulan April 2024 jatuh ke tangan Toyota Rush dengan catatan penjualan mencapai 3.069 unit.

Sementara pada Maret 2024, Honda HR-V sempat menjadi SUV terlaris dengan jumlah distribusi 2.107 unit.

Namun di bulan berikutnya penjualan HR-V merosot tajam hingga ke posisi delapan mobil terlaris, dengan torehan angka 533 unit. 

Memang Honda HR-V dan Toyota Rush tidak bisa disebut apple to apple jika dilihat dari segmentasinya, karena HR-V hanya lima penumpang, namun Rush tujuh penumpang

Adapun penobatan Rush sebagai mobil terlaris sejatinya hal biasa, karena pada Januari dan Februari 2024 juga menjadi mobil terlaris dengan catatan penjualan masing-masing sebesar: 2.711 unit dan 3.928 unit.

Sementara pada awal April 2024, Toyota Rush mengalami penyegaran ringan, meski perubahan yang terjadi tidak terlalu signifikan. 

Kendati demikian, ini menjadi keuntungan bagi Rush, mengingat di bulan April 2024 penjualan otomotif hampir secara keseluruhan mengalami penurunan drastis, namun tidak dengan Toyota Rush. 

Lantas siapa yang jadi urutan ketiga, keempat dan seterusnya dalam daftar SUV terlaris di Indonesia? Baca artikel lengkapnya disini ya!

2. Hitung Cicilan Kredit Mobil Listrik Seres E1 dan DFSK Gelora E

kredit seres e1

Mobil listrik Seres E1

Seperti diketahui, mobil listrik Seres E1 maupun DFSK Gelora E bisa dimiliki oleh konsumen dengan cara kredit.

Lama tenor maupun yang ditawarkan kepada konsumen bisa dipilih sesuai kemampuan, mulai dari 11 bulan hingga 47 bulan.  

Selain itu, besaran Down Payment (DP) atau uang muka yang ditawarkan juga sangat bervariasi mulai dari Rp3 jutaan hingga puluhan juta. 

Jika Anda berniat untuk membeli Seres E1 atau DFSK Gelora EV, maka sebelumnya ketahui dulu varian apa yang diinginkan.

Sebab, untuk Seres E1 ada dua pilihan yaitu E1 B-Type sebesar Rp189.000.000 dan E1 L-Type dengan harga Rp219.000.000.

Sementara untuk DFSK Gelora Blind Van E ditawarkan Rp350.000.000 dan tipe Minibus E Rp399.000.000.

Berikut ini rincan DP dan cicilan DFSK Gelora E dan Seres E1.

3. 5 Mobil Sedan Rp25 Jutaan, Punya Mesin Bandel dan Mudah dalam Perawatan

mobil sedan 25 jutaan

Mesin bandel membuatnya masih layak dimiliki sampai saat ini

Pilihan mobil sedan Rp 25 jutaan ternyata cukup banyak opsi yang bisa kalian dapat, bahkan bukan cuma Toyota Soluna.

Dengan budget Rp25 jutaan, saat ini kalian sudah bisa mempunyai kendaraan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Meskipun anggaran terbatas, Anda tetap bisa menemukan mobil yang memenuhi kebutuhan transportasi sehari-hari dengan fitur yang layak.

Budget seharga motor matic 150 cc kondisi baru ini bisa kita belikan mobil untuk membawa keluarga kecil tercinta berpergian ke suatu tempat tanpa khawatir akan kepanasan maupun kehujanan.

Sebagai catatan, mobil sedan Rp 25 jutaan yang bisa kalian dapat tentunya bukan mobil baru, bahkan usianya cenderung sudah tak lagi muda.

Rata-rata dengan harga seperti itu kalian bisa memilih mobil sedan yang sudah berumur di atas 20 tahun.

Meski begitu, mobil bekas jenis sedan di harga Rp25 jutaan yang kami sampaikan melalui ulasan di bawah ini masih sangat layak untuk dipilih.

Hal tersebut dikarenakan terbukti memiliki tingkat durabilitas tinggi, serta mudah dalam hal perawatan, istilahnya mobil bandel.

Apa saja pilihan sedan bandel yang masih layak dibeli itu? Baca artikel selengkapnya disini ya!

4. Hyundai Luncurkan Palisade XRT 2024, Tampang Jadi Lebih Sangar dan Gagah

hyundai palisade xrt 2024

Tampilan eksterior serba hitam

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi meluncurkan Hyundai Palisade XRT 2024 untuk pasar otomotif nasional. 

Peluncuran Hyundai Palisade varian baru ini bertepatan dengan ajang Aloha Mid Year Event di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024).

Menurut Head of Product and Corporate Strategy PT HMID Wahyu Kusuma Danny, Hyundai Palisade XRT 2024 banyak mengalami perubahan pada bagian eksterior yang serba hitam. 

Dia juga menyebutkan, bahwa ada beberapa bagian dari Palisade tipe sebelumnya yang kemudian dimodifikasi atau mendapatkan berbagai ubahan sehingga varian XRT ini jadi terkesan lebih tangguh dan gagah.

Danny menyatakan, alasan Palisade XRT dibalut dengan warna hitam, dikarenakan banyak konsumen saat ini menyukai kelir gelap. 

Sekilas ubahan ini memang bukan penyegaran ringan alias facelift, apalagi menyeluruh atau all new. 

Namun varian baru yang sudah ada sebelumnya di pasar Amerika Serikat (AS) sejak dua tahun lalu tersebut bisa memberikan pilihan kepada konsumen.

Untuk lebih detil mengenai Hyundai Palisade XRT 2024, baca artikelnya disini sampai habis!

5. Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Karimun Kotak, City Car Boxy Incaran Kawula Muda Saat Ini

suzuki karimun kotak bekas

Masih jadi incaran

Suzuki Karimun Kotak merupakan city car berpenampilan boxy yang masuk dalam daftar wishlist incaran para kawula muda saat ini.

Berbeda dengan generasi setelahnya, Karimun Kotak dengan kode SL410R atau dengan nama lain Suzuki Wagon R-Wide di Jepang, memiliki tampilan yang unik sebagai ciri khasnya.

Menurut sejarahnya, Karimun Kotak memulai perjalanan di Tanah Air pada September 1999 oleh PT Suzuki Indomobil Motor, sebagai anak perusahaannya di Indonesia. 

Saat itu status mobil ini didatangkan secara utuh dari Jepang, atau CBU (Completely Build Up).

Selanjutnya pada 2003-2006, Suzuki Indonesia merubah status Karimun Kotak yang semula CBU menjadi CKD (Completely Knocked Down) yang dirakit di pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi, Jawa Barat.

Nama mobil ini sendiri dilahirkan dari sebuah kata, yaitu "Carry to the Moon" yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, memiliki arti "bawa ke bulan”.

Meski berpenampilan fisik yang mungil, namun Karimun generasi pertama ini punya ruang kabin yang cukup lapang. 

Mengetahui harga bekas Suzuki Karimun Kotak, mobil ini memiliki harga yang bervariatif. Harga termurahnya, mobil ini ditawarkan mulai dari Rp50 jutaan hingga Rp75 jutaan.

Tertarik memiliki Karimun Kotak sebagai mobil hoby atau untuk mobilitas sehari-hari? Sebelum membelinya, ketahui kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun Kotak berikut ini.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Rush 1.5 TRD Sportivo MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil